Cara Daftar dan Verifikasi Blog ke Yandex Webmaster Tools Terbaru 2021

Cara Daftar dan Verifikasi Blog ke Yandex Webmaster Tools Terbaru 2021
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Salah satu tujuan dari blogging adalah membuat artikel yang dapat dijangkau orang banyak. Namun, untuk mencapainya, kamu harus submit blog di search console. Bukan hanya Google saja, kamu juga harus daftar blog ke Yandex Webmaster.

Bicara soal search engine, Yandex mungkin sangat jarang digunakan untuk mencari sesuatu, khususnya masyarakat Indonesia. Namun, dalam dunia blogging, apapun search engine-nya sangat penting guna menggaet audiens dari mancanegara.

Mengingat dunia internet sangat luas, agar mendapatkan traffic yang lebih optimal kamu harus paham cara daftar dan verifikasi blog ke Yandex Webmaster Tools. Seperti yang akan diulas pada ulasan di bawah ini.

Pentingnya Mendaftarkan Blog ke Yandex Webmaster

Sebagian besar pemain blog pemula mungkin hanya peduli dengan konten, tanpa memperhatikan faktor teknis. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa didapat bila kita mendaftarkan blog ke Webmaster, khususnya Yandex.

  1. Mengetahui apakah kata kunci pada artikel berhasil mendatangkan pengunjung atau belum
  2. Membuat semua komponen blog terindeks atau tampil di search engine
  3. Mengetahui halaman error
  4. Melihat queries yang dapat menjadi ide dalam membuat artikel
  5. Mengetahui link masuk dan keluar
Sama seperti Webmaster Google dan Bing, Yandex mengharuskan pengguna untuk mendaftar dan verifikasi situs sebelum bisa tampil di pencarian. Ketika hal tersebut sudah dilakukan, proses pengindeksan akan lebih mudah.

Cara Daftar Blog ke Yandex Webmaster

Bicara soal blogging, entah itu Blogger maupun Wordpress, semua orang pasti menginginkan artikelnya muncul di mesin pencari. Selain Google dan Bing, Yandex Webmaster juga termasuk rangkaian yang tak boleh terlewatkan.

Berikut cara mendaftar blog ke Yandex Webmaster yang bisa kamu ikuti.

  • Langkah pertama silahkan buka situs Yandex Webmaster melalui browser
  • Kemudian klik Login
  • Ada beberapa metode pendaftaran dan login, agar lebih ringkas sebaiknya pilih Google saja
  • Masukkan email dan password akun Google kamu, setelah itu klik Go
  • Lalu tambahkan URL blog dengan cara klik Add Site
  • Selesai, kamu sudah berhasil mendaftarkan blog ke Yandex Webmaster Tools

Namun setelah pendaftaran selesai, masih ada tahapan lain yang harus kamu lakukan, yakni verifikasi. Ini berguna agar blog yang sudah terdaftar bisa terkait dengan Webmaster Tools.

Cara Verifikasi Blog ke Yandex Webmaster

Sebenarnya cara verifikasi Yandex Webmaster sama dengan Bing maupun Google. Ada tiga metode verifikasi yang disediakan, yakni HTML File, Meta Tag, dan DNS Records.

Kalau sebelum ini kamu sudah pernah mendaftarkan blog ke Bing dan GSC, maka seharusnya langkah-langkah berikut bisa dilakukan tanpa kesulitan berarti.

 1. Verifikasi dengan HTML File

Metode pertama untuk verifikasi Yandex Webmaster bisa dengan HTML File atau mengupload file ke directory root website. Namun, sejauh yang kami tahu, cara ini hanya berlaku untuk pengguna Wordpress. Berikut langkah-langkahnya.

  • Di laman HTML File, klik tulisan berwarna biru (contoh:yandex_720edf0032d7a82a.html) untuk mengunduh file
  • Setelah itu masuk ke cPanel hosting, buka menu File Manager
  • Selanjutnya cari folder public_html (instalasi Wordpress)
  • Kemudian klik Upload untuk menamkan file tersebut ke root website atau blog
  • Terakhir klik Check di halaman Yandex Webmaster

Jika sudah selesai, untuk mengetahui apakah file tersebut sudah benar-benar tertanam, coba browsing URL https://domainblogkamu.com/yandex_720edf0032d7a82a.html (gunakan kode verifikasi milik kamu sendiri).

2. Verifikasi dengan Meta Tag

Selanjutnya kamu bisa menggunakan Meta Tag untuk verifikasi Yandex. Dibanding yang lain, metode ini paling mudah karena hanya perlu menyalin dan menempelkan kode ke HTML tema blog.

Berikut cara verifikasi blog ke Yandex Webmaster dengan Meta Tag.

  • Salin dulu kode yang diberikan Yandex
  • Buka menu Tema di Blogger, kemudian pilih Edit HTML
  • Selanjutnya paste kode tadi di bawah <head>
  • Lalu simpan tema
  • Terakhir klik tombol Check di dashboard Yandex

Kalau kamu pengguna Wordpress, verifikasi blog ke Yandex Webmaster tak jauh berbeda dari langkah di atas. Setelah kode disalin, masuk ke menu Tampilan lalu pilih Editor. Selanjutnya cari file header.php dan tempelkan kode verifikasinya tepat di bawah <head>, terakhir klik Save.

Kalau kode tadi sudah terbaca oleh robot Yandex, seharunya ada tulisan Verified/Checked. Tapi kalau belum, akan muncul notifikasi “Rights haven't been verified”. Solusinya coba buka lagi mode HTML tema blog. Kemungkinan ada kesalahan dalam penempatan kode.

3. Verifikasi dengan DNS Records

Opsi terakhir yang disediakan Yandex adalah DNS Records. Metodenya dengan menambahkan kode TXT ke CNAME di DNS Zone domain. Namun, biasanya cara ini jarang digunakan karena cukup ribet. Terlebih, kamu harus punya hosting sendiri. Pilih saja opsi pertama atau kedua. 

Cara Submit Sitemap Blog ke Yandex

Nah, jika blog sudah terdaftar dan terverifikasi ke Yandex Webmaster. Langkah terakhir tinggal submit sitemap agar proses indexing artikel dapat segera dilakukan. Tapi, sebelum itu pastikan blog kamu sudah memiliki halaman Sitemap.

  • Masih di dashboard Yandex Webmaster, klik Indexing di bagian menu sebelah kiri
  • Kemudian pilih Sitemap Files
  • Ketik atau paste link sitemap.xml di kolom yang tersedia
  • Klik Add

Sekarang tinggal tunggu robot Yandex mengindeks atau merayapi. Biasanya hanya butuh waktu beberapa jam, paling lama 1 hari. Setelah itu jangan lupa untuk rutin membuat artikel agar blog disukai mesin pencari dan mudah masuk halaman pertama.

Kesimpulan

Waktu crawling atau perayapan situs dan sitemap di Yandex berbeda-beda tiap pengguna. Kalau sebelumnya semua artikel yang ada di blog sudah muncul di Google, maka prosesnya bisa sangat cepat, paling lama sekitar 2 hari.

Meskipun bukan pilihan utama, namun secara global Yandex termasuk salah satu search engine terbaik. Jadi, dengan memahami cara daftar dan verifikasi blog ke Yandex Webmaster Tools, blog kamu berpeluang mendapatkan pengunjung dari luar negeri.