10 Aplikasi untuk Edit Video TikTok, Keren Banget!

10 Aplikasi untuk Edit Video TikTok, Keren Banget!
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Demam TikTok kini tengah melanda orang-orang di berbagai belahan dunia. Tak peduli ras maupun latar belakang mereka, berkreasi lewat aplikasi video TikTok nampaknya tengah menjadi kegemaran baru banyak orang.

Kaum millenial menggunakan aplikasi berbagi video singkat tersebut dengan berbagai keperluannya masing-masing. Ada yang sengaja menjadikan TikTok untuk berbagi kreativitas dan bakat mereka, ada pula yang menggunakannya untuk seru-seruan, berbagi pengalaman, pengetahuan, dan sebagainya.
Untuk menghasilkan video yang bagus, pengguna membutuhkan beberapa hal seperti ide hingga aplikasi untuk edit video TikTok sebagai penunjangnya. Sebelum membuat video, kreasi seseorang akan diawali oleh munculnya sebuah ide atau konsep yang ingin mereka buat. 

Dan untuk menyempurnakan video yang telah dibuat, seseorang akan menggunakan aplikasi edit video untuk mulai menyunting dan menambahkan fitur-fitur lain dalam aplikasinya untuk penyempurnaan.

10 Aplikasi Edit Video TikTok Viral yang Banyak Digunakan

Sebagai pengguna TikTok, kita pasti telah melihat banyak video hasil kreasi orang-orang. Banyak dari mereka yang membuat video menarik hingga akhirnya berhasil FYP atau viral di berbagai media sosial. Jangan penasaran lagi! Berikut ini aplikasi editing video viral yang banyak digunakan TikTokers.

1. VIZMATO

Rekomendasi pertama adalah aplikasi video editor dan slideshow maker bernama Vizmato. Aplikasi tersebut tersedia dan dapat diunduh secara gratis serta mudah. Untuk mendukung kreasi tanpa batasmu, Vizmato dilengkapi dengan keunggulan fitur-fitur menarik untuk menambahkan sentuhan-sentuhan kreatif di dalamnya.

Setelah kamu menyiapkan rekaman video TikTok, file tersebut dapat ditambahkan pada beranda penyuntingan Vizmato untuk proses editing. Pengguna juga akan menemukan berbagai fitur seperti tambahkan teks bergaya, 20 macam pilihan filter, backsound, hingga 40 jenis efek visual yang menarik. 
Menggunakan aplikasi ini, dijamin video TikTok yang akan kamu unggah menjadi semakin keren dan mungkin viral dengan cepat.

2. POWER DIRECTOR

Jika kamu berniat membuat video TikTok dengan kualitas oke ketika diunggah, maka Power Director dapat diandalkan. Setelah mentahan rekamannya disiapkan, maka drag saja video yang ingin diedit tersebut pada aplikasi video editor & video maker ini.

Melalui Power Director, kamu bisa menhasilkan video yang kaya akan kreativitas. Jelas, saja karena aplikasi ini didukung dengan adanya 30 lebih efek dan transisi. Bahkan memungkinkan bagi pengguna yang ingin mengedit dengan green screen.

Jadi, video yang kamu buat bukanlah sekadar rekaman main-main semata. Lebih dari itu, pengguna dapat mengasilkan video layaknya editan film. Kamu juga dapat menemukan fitur kolase video dari beberapa foto, hingga menambahkan efek suara sesuai yang diinginkan.

3. FUNIMATE

Sesuai dengan namanya, melalui aplikasi Funimate kamu dapat berkreasi dan edit video dengan sangat menyenangkan. Hal itu karena dukungan fitur editing yang lengkap, sehingga dapat menghasilkan kualitas video TikTok seperti yang orang-orang lakukan. Bahkan aplikasi ini terpilih sebagai salah satu video editing app pilihan tertas, lho! Maka memilih Funimate sebagai sarana menyunting video, sangatlah tepat bagi para TikTokers.

Tak usah heran mengapa aplikasi ini begitu direkomendasikan, hal ini karena ia mendukung setting dengan adanya 100 lebih efek video canggih, dapat menambahkan teks bergaya, emoji, hingga stiker menarik. Bahkan terdapat efek slowmotion andalan, hingga fitur lip-sync yang menyenangkan.

4. KINEMASTER PRO

Lalu ada KINEMASTER yang sudah banyak direkomendasikan dan digunakan, bahkan oleh editor profesional. Kamu dapat menemukan berbagai fitur lengkap dan tak terbatas untuk edit video. Semua kebutuhan tersedia, mulai dari efek ducking, pengatur speed, preset EQ, mengganti latar belakang, menambahkan teks, gambar, audio, dan lainnya.

Bagi kamu yang mencari aplikasi edit video TikTok tanpa watermark, kini dapat menggunakan aplikasi KINEMASTER versi berbayar. Melalui aplikasi edit berbayar, pengguna dapat menemukan fitur tambahan lain yang lebih pro.

5. GLITCHY

Jika kamu sedang mencari efek yang keren untuk video TikTok, dapat mencoba filter glitch atau distorsi yang bagus melalui aplikasu GLITCHY. Dengan menggunakannya, dijamin hasil editan video semakin keren dan mengikuti tren yang ada.

Bukan hanya itu, filter bagus lainnya seperti illusion, blur, hingga twist juga disediakan. Secara keseluruhan, aplikasi ini mendukung tema klasik atau retro yang lebih berkualitas. Jadi, meskipun menggunakan filter klasik, hasil editanmu bisa tetap bagus.

6. VIDEO SHOW

Software mobile VIDEO SHOW adalah aplikasi edit video yang terbaik dalam menyediakan fitur duplicate, merge, split, zoom, blur, fast atau slow motion, hingga dubbing. Semua fitur tersebut disediakan untuk menunjang kebutuhan editing yang lebih lengkap. Bagusnya, kamu dapat menikmati video ini dengan terbebas dari masalah watermark.

7. CapCut

Software mobile untuk editing video selanjutnya adalah CapCut. Aplikasi tersebut nampaknya banyak digunakan dan tengah populer di kalangan pengguna TikTok khususnya. Bahkan untuk mengikuti challenge love story, CapCut sangat bisa diandalkan. Maka inilah salah satu aplikasi edit video TikTok love story yang serba ada dan lengkap fiturnya.

Selain cara mengunduhnya yang gartis dan mudah, cara menggunakannya pun amat sederhana. Kamu dapat menambahkan video challenge yang disiapkan untuk diedit dengan memilih fitur ‘New Project’ atau tugas baru. Di halaman editor, kamu akan menemukan banyak fitur editing. Contohnya untuk menambahkan lagu love story sebagai backsound pada video, tinggal memilih opsi ‘Sound’ dan menjelajah pilihan musik melalui menu ‘Your Sound’.

8. InShot

InShot bukan hanya sekedar aplikasi video editing yang lengkap. Kebanyakan pengguna memilih dan merekomendasikannya, juga karena cocok untuk pemula dengan kelebihan user interface yang dimilikinya, sehingga mudah dipahami dan digunakan. Aplikasi ini juga sangat cocok untuk membuat video TikTok dengan fitur ‘Video Merger & Joiner’ untuk menyambungkan atau menyatukan beberapa potongan video menjadi satu bagian.

9. Cute Cut Pro (CCP)

Aplikasi CCP bahkan hadir sebagai sarana video editing yang memiliki fitur untuk mengatur kualitas atau resolusi video sesuai yang diinginkan. Dan soal fitur edit, tak usah diragukan lagi. Dengan kelengkapannya, video dapat dikreasikan semaksimal mungkin. Serta kelebihannya yang dapat dioperasikan dengan mudah, menjadikan proses editing dapat diselesaikan dengan cepat.

10. VN Video Editor

Di TikTok kini banyak berbagai tren challenge seru, salah satunya kini video dance play date. Untuk mengikuti tren tersebut, VN Video Editor sangat direkomendasikan. Melalui aplikasi edit video tiktok play date ini, kamu dapat mengkreasikan video dance challenge dengan berbagai fitur yang ada.

Dengan memulai new project dan memilih video yang akan diedit, kamu dapat menambahkan efek slow motion pada fitur speed, hingga menambahkan lagu playdate dari Melanie Martinez yang saat ini sedang tren digunakan TikTokers. Setelah selesai, editing dapat diselesaikan dengan mengekspor tugas agar tersimpan pada galeri dan siap untuk diunggah di TikTok.

Itulah rekomendasi lengkap nama-nama aplikasi untuk edit video TikTok yang banyak digunakan, dengan fitur unggulan masing-masing dan hasil atau kualitas video terdepan.

Penulis: Ratih Pratiwi