Cara Mencari Keyword Viral dan Trending di Google

Cara Mencari Keyword Viral dan Trending di Google
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Ketika bicara soal menulis artikel, mencari keyword viral di Google merupakan bagian yang tak boleh terlewatkan. Selain persaingan yang sedikit, kata kunci viral juga berpotensi menggaet banyak traffic dalam waktu singkat.

Meskipun bukan tipe Evergreen Content dan tidak bertahan lama, namun kalau fokus pada keyword viral, ratusan bahkan jutaan traffic bisa didapat tanpa perlu mengandalkan full SEO.

Terlebih, di search engine kita harus bersaing dengan Tribunnews yang punya autorithy tinggi. Untuk itu, penting mengetahui cara mencari keyword viral dan trending di Google agar tidak bersaing dengan situs “raksasa” tersebut.

Cara Mencari Keyword Viral dan Trending

Google sendiri sebenarnya sudah menyediakan Google Trends yang merangkum daftar topik paling banyak dicari. Jadi, kamu tinggal menentukan kapan (harian, mingguan, bulanan) dan istilah penelusuran yang diinginkan.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak cara mengetahui kata kunci yang sering dicari di Google dengan Google Trends dan beberapa metode lain berikut ini.

1. Menggunakan Google Trends

Google Trends adalah metode yang sering digunakan oleh Blogger maupun Youtuber. Sampai sekarang cara ini masih ampuh untuk mencari kata kunci viral yang berpotensi mendatangkan banyak pengunjung.

Nah, bagi yang belum tahu cara menggunakan Google Trends, berikut panduannya:

  1. Kunjungi situs https://trends.google.co.id/trends/?geo=ID
  2. Kemudian ketik istilah penelusuran, seperti “bagaimana cara” “apa itu”
  3. Lalu ganti waktu penelusuran jadi 7 hari terakhir
  4. Selanjutnya scroll layar ke bawah sampai pada kolom “Kueri Terkait”
  5. Di sana terlihat ada banyak keyword yang paling sering dicari di Google
  6. Terakhir tinggal klik untuk melihat grafik minat dari waktu ke waktu

Pada kolom Kueri Terkait terlihat frekuensi penelusuran: Pesat, 1900%, 1200%, 700%, dsb. Kalau keterangannya “Pesat”, berarti ada peningkatan masif pada topik tersebut. Intinya semakin tinggi persentase, semakin hangat pula keyword-nya. Waktu penelusuran maksimal 7 hari terakhir, lebih dari itu keyword-nya sudah basi. Tapi, kalau topik tersebut dirasa punya potensi viral kembali, silahkan digunakan dengan catatan harus menambahkan keyword turunan.

Apa itu keyword turunan? Singkatnya seperti ini, kw utama “cara mencari keyword trending”, maka kw turunannya “ cara mencari kata kunci yang viral” atau “cara mengetahui keyword viral di Google”.

Kembali ke poin sebelumnya, menentukan istilah penelusuran mungkin sangat sulit bagi pemula. Berdasarkan rangkuman Year in Search 2020 dari Google, di sana tertera beberapa istilah, yakni:

  1. Apa itu
  2. Bagaimana cara
  3. Cara daftar
  4. Resep
  5. Siapa
  6. Lirik lagu
  7. Lirik terjemahan
  8. Cara memperbaiki
  9. Cara mengatasi
  10. Spesifikasi hp
  11. Cara membuat

Istilah di atas tinggal diketik pada kolom Google Trends. Kalau mau lebih spesifik, kamu bisa mengetik kata tambahan, misal “resep donat”, “apa itu wfh”, “siapa pencipta”, dan lain sebagainya.

Selain di wilayah Indonesia, dengan Google Trends kamu juga bisa mencari keyword viral dari seluruh dunia. Tinggal ganti negaranya dan ketik istilah penelusuran “how to”, “best”, “when”, dan “who”.

2. Manfaatkan Trending Media Sosial

Teknologi itu saling berkaitan, tidak ada batasan yang jadi penghalang. Salah satu contohnya topik atau konten. Apa yang ramai dibicarakan di medsos A, pasti masuk ke medsos B dan akan jadi topik paling hangat.

Contoh, ada Selebgram atau Selebtwit membuat thread soal investasi Komet. Biasanya, orang-orang yang tidak tahu dengan topik tersebut akan membuka Google dan mencari kata kunci “apa itu investasi Komet” “cara daftar Komet”.

Mudah, kan? Untuk itu, memanfaatkan media sosial juga termasuk salah satu cara mencari keyword viral dan trending di GoogleTapi, sejauh ini Twitter adalah media sosial paling bagus untuk mencari kata kunci. Sebab, di Twitter ada fitur Trending yang menampilkan pembahasan paling populer dalam beberapa jam terakhir.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan Facebook sebagai alternatif. Karena media sosial buatan Mark Zuckerberg ini punya pengguna yang paling unik dan ahli pembuat meme. Bicara soal meme, beberapa waktu lalu heboh meme Abang Soleh di Upin Ipin dan PP Mickey. Sehingga kedua meme ini digabungkan jadi “lari ada PP Mickey”.

Bagi orang yang tidak tahu konteks dan maksud dari kalimat “lari ada PP Mickey”, pasti langsung mencarinya di search engine. Terbukti dalam beberapa hari terakhir kata kunci tersebut viral di pencarian Google.

3. Kasus yang Sedang Viral

Selanjutnya metode untuk mencari keyword viral dan trending di Google bisa dengan mengamati kasus yang sedang banyak dibicarakan dan jadi headline di media nasional. Kata kuncinya bisa dibuat dari poin-poin penting pada berita tersebut.

Misalnya, Chelsea juara Champions League setelah mengalahkan Manchester City. Dari berita ini kita bisa mendapatkan beberapa keyword yang berpotensi banyak dicari netizen.

  1. Berapa kali Chelsea juara UCL
  2. Siapa itu Thomas Thucel
  3. Profil N’Golo Kante

Ada lagi kasus pemotor yang mengacungkan jari tengah ke arah pesepeda. Kalau cermat, kamu bisa mendapatkan keyword yang sering dicari di Google dari kasus ini.

  1. Harga sepeda
  2. Harga perlengkapan sepeda
  3. Manfaat bersepeda untuk kesehatan
  4. Sepeda paling mahal merek apa
  5. Profil orang yang viral karena kasus ini

Indonesia termasuk negara dengan rakyat paling kepo sedunia. Setiap ada kasus, pasti dalam hitungan jam langsung viral. Bagi orang awam mungkin ini hal biasa, namun seorang Blogger bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan traffic.

Kesimpulan

Dalam mengelola blog ataupun website, menentukan keyword yang tepat bisa jadi jembatan untuk mendatangkan pengunjung. Sebaliknya, jika asal-asalan memilih keyword, artikel yang dibuat hanya jadi pajangan di SERP Google.

Jadi itulah ulasan tentang cara mencari keyword viral dan trending di Google dengan Google Trends dan beberapa metode paling powerful. Supaya hasilnya lebih maksimal, sebaiknya pahami kompetitor dan tingkat kesulitan dari keyword tersebut.


Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>