Cara Mengganti Tanda Air (Watermark) di Android

Cara Mengganti Tanda Air (Watermark) di Android
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Menghadapi perkembangan teknologi berupa gadget kadang membuat kita gelagapan. Hal ini tentunya tidak terlepas dari cepatnya perkembangan sistem teknologi yang perlu dipelajari. Terlebih jika sebelumnya Kamu cenderung abai dengan teknologi, tentunya akan sangat kewalahan karena cepatnya perubahan teknologi yang ada. 

Hal ini didukung dengan hadirnya fitur-fitur tambahan yang akan semakin memudahkan manusia dalam memanfaatkannya. Semakin tinggi spesifikasi smartphone atau gadget Kamu, maka akan semakin tinggi pula fitur-fitur tambahan yang ditawarkan. Alih alih tidak semua memudahkan akan tetapi juga bisa sekedar untuk bergaya jika dibandingkan dengan spesifikasi gadget di bawahnya.

Salah satu tren yang cukup menarik perhatian para pecinta gadget adalah adanya watermark atau tanda air pada hasil jepretan beberapa merk handpgone tertentu yang tergolong keluaran terbaru. Hal ini ternyata banyak menarik perhatian para pengguna untuk bisa membagikan hasil jepretan serta memberi label pada hasil gambar tersebut. 

Selain mengganti watermark di android tersebut Kamu juga bisa mengetahui cara menampilkan merk hp di kamera Oppo, Cara menampilkan merk hp di kamera xiaomi dan merk hp terkemuka lainnya. Pengubahan ponsel Kamu tersebut dapat Kamu lakukan secara mandiri, akan tetapi Kamu perlu mempelajarinya terlebih dahulu agar berhasil. 

Panduan Mengganti Watermark di Android

Selain mengaktifkan keberadaan tanda air atau watermark pada hasil gambar kamu, kamu juga bisa menampilkan waktu pengambilan agar foto atau gambar kamu lebih mudah diingat kapan pengambilannya. Hal tersebut tergolong opsional, jadi jika berkenan bisa kamu aktifkan dan jika tidak kamu juga tetap bisa memilih untuk tidak mengaktifkannya. Hal ini biasa dilakukan oleh mereka yang lebih menyukai privasi jadi tidak diaktifkan.

Adapun cara mengaktifkan tanda air waktu sama halnya dengan mengaktifkan tanda air atau watermark. Yakni kamu perlu membuka bagian pengaturan lalu selanjutnya pilih tulisan 'time watermark' atau 'tanda air waktu' di pengaturan camera kamu.

Langkah selanjutnya ketuk atau tekan pada tulisan tersebut. Jika sudah berubah warna berarti tandanya sudah aktif tanda air waktu tersebut. Kemudian kamu bisa mencoba mengambil gambar dan melihat hasil gambar tersebut. Maka kamu akan menemukan watermark beserta waktu pengambilan gambar kamu. Jadi lebih spesifik bukan?

Cara Setting Kamera ada Tulisan Merk HP

Sebelum mengganti watermark, kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara mengatur setting camera ada tulisan merk hp sehingga kamu bisa memasang watermark terlebih dahulu apabila belum terpasang sebelumnya atau kamu juga bisa membantu saudara atau rekan kamu untuk memasang watermark agar tampilan foto nantinya lebih menarik perhatian bagi yang melihatnya.

Sebelum mencobanya, pastikan dulu bahwa handphone yang kamu gunakan tergolong keluaran terbaru sehingga bisa mengikuti langkah selanjutnya. Adapun handphone yang bisa dipasang watermark hanya berlaku pada banyak merk handphone namun sama-sama keluaran terbaru. Adapun merk tersebut seperti Oppo, vivo, samsung, poco dan masih banyak lagi.

Pengaturan watermark tersebut pada dasarnya terbagi menjadi dua, yakni pada handphone yang sudah difasilitasi watermark bawaan dan handphone tanpa watermark bawaan. Hal ini menjadi catatan tambahan bagi kamu yang ingin mengetahui terkait watermark pada hasil foto. Biasanya terdpaat tulisan shot on (merk hp) atau bisa diganti dengan nama yang diinginkan.

Bukan berarti setiap ponsel dengan merk tersebut selalu bisa, akan tetapi dibutuhkan program ios terbaru yang mendukung penggunaan watermark tersebut. Bagi kamu yang penasaran untuk mencobanya, kamu bisa mengikuti langkah berikut:
  • Langkah pertama untuk menampilkan watermark vivo y15 yakni dengan membuka aplikasi kamera bawaan vivo. 
  • Pada bagian tersebut kamu diminta untuk mencari tombol pengaturan yang biasanya ditampilkan dengan ikon gear atau gerigi. 
  • Tekan ikon tersebut untuk masuk ke bagian menu kamera vivo kamu. Letaknya pengaturan camera tersebut biasanya di bagian sudut kanan atas. 
  • Pastikan kamu benar dalam pencarian ikon gerigi tersebut agar mudah untuk menuju langkah berikutnya.
  • Langkah selanjutnya adalah jika kamu sudah masuk ke bagian menu, maka kamu akan menjumpai banyak opsi dari mulai skala pengambilan foto, timer atau pengaturan waktu, cara pengambilan, penyimpanan dan sebagainya. 
  • Baca dengan seksama agar tidak salah pilih nantinya. 
  • Temukan opsi model watermark atau tanda air model. 
  • Jika sudah ketemu dengan warna yang terdapat pada tulisan tersebut berubah tandanya sudah aktif. 
  • Untuk selanjutnya kamu bisa mencoba mengambil gambar dan mengecek watermark yang terpampang di bawahnya.

Cara Mengganti Tanda Air (Watermark) di Android

Jika sudah diaktifkan maka kamu bisa dengan mudah menggantinya. Tidak ada ketentuan nama khusus atau penulisan dengan gaya tertentu yang ditetapkan untuk pergantian tanda air atau watermark ini. 
Kamu bisa dengan mudah mengganti tanda air dengan merk handphone atau engan nama anda sendiri. Berikut langkah mudah yang perlu anda lakukan untuk menggantinya:
  1. Pertama kamu perlu mendownload terlebih dahulu aplikasi dengan nama "shot on vivo camera & shot on stamp". Jika sudah terdownload lakukan penginstalan untuk melanjutkan langkah selanjutnya.
  2. Kemudian setelah selesai silahkan buka aplikasi tersebut dan pahami
  3. Lalu kamu bisa mengubah watermark atau tulisan ataupun nama yang ingin kamu tampilkan pada hasil camera vivo kamu. Tidak ada kriteria khusus untuk pergantian tanda air ini sehingga bebas bagi kamu untuk mengganti sesuai keinginan kamu.
  4. Pada tahap ini kamu juga bisa dengan bebas mengubah font text, ukuran, warna text, serta ukuran watermark nantinya yang akan ditampilkan. kamu bisa memadukan nama dengan angka atau kata menarik lainnya. 
  5. Setelah menentukan kata atau nama yang kamu inginkan langkah selanjutnya yakni menyimpannya. Jangan lupa untuk menyimpannya agar bisa mendapatkan hasil sesuai yang kamu harapkan,jika tidak disimpan maka secara otomatis kamu harus mengulang dari langkah awal pergantian tanda air ini.
  6. Untuk langkah terakhir adalah pengecekan. Kamu bisa membuka camera vivo kamu lalu mencoba mengambil gambar. Selanjutnya lihatlah hasil watermark yang ada pada hasil gambar kamu. Jika ditemukan maka proses pergantian kamu berhasil, namun jika tidak maka kamu bisa mengulanginya dari langkah awal untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. 
Beberapa cara diatas bisa anda lakukan di segala jenis android yang mendukung adanya watermark bawaan pabrik. Baik merk hp vivo dengan seri tertentu, oppo, realme, xiaomi, samsung dan sebagainya. Yang jelas handphone anda tergolong dengan android. Jika bukan android anda mungkin belum bisa menggunakan langkah diatas untuk mengubah tanda air yang ada. 

Untuk penggunaan aplikasi ini bisa anda gunakan ujuga untuk ponsel atu smartphone jenis android yang tidak dibekali watermark atau tanda air tersebut. Sehingga anda tidak perlu membeli handphone atau smartphone jenis baru jika ingin menampilkan watermark pada hasil foto saja. Karena tentunya akan membutuhkan dana tambahan bagi anda untuk melakukan pembelin handphone baru bukan?