Inilah Hardware Yang Digunakan Untuk Bermain Game

Inilah Hardware Yang Digunakan Untuk Bermain Game
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Sejak adanya pandemi Covid 19, semakin banyak pemain game. Bahkan beberapa riset membuktikan bahwa penjualan hardware yang digunakan untuk bermain game semakin meningkat.

Apalagi setiap tahun, selalu bermunculan game baru yang bisa menampilkan visual yang menakjubkan sehingga seolah-olah gambarnya hidup. Tentu saja, game tersebut memerlukan hardware yang memiliki kemampuam tinggi untuk memainkannya. Nah, sebelum mengulas berbagai macam hardware yang digunakan untuk bermain game, ada baiknya apa saja yang termasuk dalam hardware.

Beberapa Hardware Yang Digunakan Untuk Bermain Game

Ada 2 perangkat di dalam PC atau komputer. Yaitu Software dan Hardware. Hardware merupakan komponen komputer yang bisa dilihat dan diraba secara langsung. Ada beberapa bagian Hardware yang berdasarkan fungsinya. Hardware tersebut juga akan mempengaruhi penggunanya ketika bermain game. Ketahui beberapa fungsinya supaya tahu, bagian mana saja yang akan meningkatkatkan performa saat bermain game. Berikut ulasannya.

1. Unit Masukan (input device)

Bermanfaat sebagai media yang memasukkan sebuah data dari luar ke dalam. Kemudian diolah untuk menghasilkan informasi yang digunakan. Umumnya yang sering dipakai untuk PC adalah keyboard dan mouse. 

Selain hardware yang digunakan untuk bermain game adalah keyboard dan mouse, ada beberapa yang diperlukan. Seperti scanner joystick sound card printer, dan lain sebagainya. Selain digunakan untuk input sebuah data, input device juga bisa digunakan memasukkan sebuah program.

Ada dua macam peralatan input berdasarkan sifatnya, yaitu: 
  • A. Secara langsung : Penginputan dimasukkan secara langsung tanpa alat pemroses. Seperti mouse, keyboard, light pen, touch screen, scanner, dan digitizer graphics tablet.
  • B. Tidak langsung : Untuk tidak langsung, melalui media tertentu sebelum diproses oleh  alat ketika dalam pemprosesan. Seperi disket, harddisk, dan punched card.
Ada beberapa alat hardware yang termasuk piranti input device. Di antaranya :
  • A. Keyboard : Merupakan unit yang paling penting untuk pengolahan data dengan PC. Apalagi untuk bermain game. Fungsi keyboard adalah untuk memasukkan huruf, angka, karakter khusus untuk melaksanakan perintah lainnya. Ada beberapa jenis keyboar, yaitu QWERTY, DVORAK, KLOCKENBERG. Namun yang dipakai sekarang adalah jenis QWERTY. Ada 4 bagian dari keyboard QWERTY, seperti typewriter key, numeric key, function key, dan spesial function key.
  • B. Mouse : Merupakan salah satu unit masukan yang berfungsi sebagai kursor atau perpindahan pointer secara cepat. Alat ini bisa digunakan ketika sistem operasi yang digunakan PC berbasis GUI. Perangkat mouse memiliki tiga macam tombol. Selain tombol kiri dan kanan, mouse juga dilengkapi dengan tombol scroll. Letak dari scroll berada di tengah-tengah. Tombol kiri digunakan untuk penekanan menunjuk sebuah objek. Sedangkan tombol yang kanan memiliki beberapa port. Seperti mouse serial, usb, wireless, dan mouse PS 2.
  • C. Touchpad : Unit ini bisa ditemukan pada laptop dan notebook. Cara menggunakan hanya dengan sentuhan jari. Biasanya dipakai sebagai pengganti mouse. 
  • D. Light pen : Merupakan alat elektronik berbentuk seperti bolpoin yang digunakan untuk mendesain dan modifikasi gambar dengan monitor. Di dalamnya terdapat sensor yang bisa mengirimkan sinyal ke komputer, sehingga bisa terekam. 
  • E. Joystick dan Games Paddle : Merupakan sebuah alat yang sering dipakai untuk bermain game. Biasanya joystick berbentuk seperti tongkat. Sedangkan games paddle berbentuk kotak yang sudah dilengkapi dengan tombol.
  • F. Scanner : Scanner joystick sound card printer merupakan hardware yang sering digunakan dalam permainan game. Sedangkan scanner sendiri memiliki fungsi menyalin gambar atau teks yang sudah disimpan dalam memori PC. Teknologi yang sedang berkembang untuk scanner adalah teknologi DMR. Sistem kerjanya hampir sama dengan scanner yang memeriksa lembar jawaban. Perbedaannya adalah, scanner teknologi DMR bisa menggunakan selain pensil. Seperti bolpoin dan spidol. 

2. Unit pemrosesan (process device)

Merupakan alat atau power suplay yang digunakan sebagai penyedia alur listrik untuk sebuah komputer. Semakin bagus alatnya, maka kinerjanya juga semakin baik. Ada beberapa power suplay yang mendukung process device. 

Yang pertama adalah RAM. Salah satu hardware komputer sebagai tempat untuk menyimpan data untuk sementara. Di dalam game, semakin besar RAM yang digunakan, maka jalan permainannya semakin lancar.

Selanjutnya adalah prosesor. Sering juga disebut dengan otak komputer. Salah satu hardware yang paling penting. Semakin baik hardware yang digunakan untuk bermain game, maka banyak game baru yang bisa dimainkan. Yang ketiga adalah kartu grafis. Terletak pada papan.

3. Unit keluaran (output device)

Hardware yang termasuk di dalam output device adalah monitor, printer, dan speaker. Monitor mempunyai berbagai macam ukuran dan tipe seperti televisi. Tentu saja tingkat resolusinya juga berbeda tipe merk dan ukuran.

Semakin canggih monitornya, maka gambar di dalam hardware yang digunakan untuk bermain game juga semakin bagus. Pilih monitor sesuai dengan kemampuan jika digunakan untuk bermain game. 
Printer merupakan harware yang dihubungkan ke komputer. Berfungsi sebagai penghasil cetakan baik berupa gambar atau tulisan. Ada tiga macam jenis printer. Yaitu Dot Metrix, ink jet, dan laser jet
Yang terakhir adalah speaker. Merupakan alat transduser yang mengubah sinyal listrik menjadi suara. Adapun caranya dengan menggetarkan komponen yang berbentuk selaput.

4. Unit penyimpanan (backing storage)

Ada beberapa macam yang termasuk dalam backing storage. Yaitu HDD dan unit tambahan lainnya. Seperti modem dan kartu suara. HDD atau harddisk dipakai untuk data yang berbentuk piringan. 
Data yang sudah tersimpan di dalam harddisk tidak akan hilang meskipun komputernya tidak menyala. Bukan hanya diletakkan di dalam perangkat, tapi juga bisa diletakkan di luar. 

5. Unit tambahan (periferal)

Berfungsi sebagai bantuan untuk menjalankan perintah penggunanya. Contoh perangkat unit tambahannya adalah sebuah modem. 

Itulah penjelasan dari beberapa hardware yang digunakan untuk bermain game. Bagi pemain game, memerlukan berbagai peralatan yang akan membuat nyaman ketika memainkan game. 

Scanner joystick sound card printer merupakan beberapa hardware yang harus dimiliki oleh pemain game profesional. Jangan salah, menjadi pemain game bisa juga dijadikan kerja yang bisa mendapatkan penghasilan yang luar biasa.

Tidak bisa dipungkiri bahwa hardware yang digunakan untuk bermain game adalah hardware yang memiliki performa yang berkualitas. Seperti PC yang khusus untuk bermain game. Memang hardware yang khusus seperti itu terbilang memiliki harga yang mahal. Perlu budget yang lebih untuk memutuskan meng upgrade hardware yang sudah dimiliki.

Namun semua hardware mahal tersebut tidak akan membuat pemainnya menjadi jago. Tapi akan meningkatkan performa dan memaksimalkan kemampuan yang dimiliki. Tidak perlu mempermasalahkan para pemain eSport memiliki hardware yang terbilang harganya lumayan dan canggih. Karena semua itu merupakan kebutuhan akan profesi mereka sebagai pemain profesional.

Jadi, lebih disarankan untuk banyak berlatih meskipun memakai hardware yang digunakan untuk bermain game merupakan yang biasa. Jika bisa menjadi jago dengan hanya memakai yang biasa, maka ketika memakai yang mahal akan lebih jago lagi. Semoga bermanfaat.

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>