10 Cara Cepat Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Android/iPhone

10 Cara Cepat Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Android/iPhone
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.comCara mengubah ukuran foto menjadi 100kb. Smartphone saat ini seperti iPhone atau Android  telah banyak dilengkapi dengan kemampuan canggih teknologi, Jadi foto yang akan dihasilkan menjadi lebih tajam dan jernih. Tetapi disayangkan, hasil foto itu sendiri malah membuat hasil ukuran menjadi lebih besar ukuran KB-nya.

Sehingga waktu kita ada keperluan dengan ukuran foto yang tak terlalu besar menjadi kesulitan untuk mengecilkannya, Ukuran foto kecil memang tidak memakan banyak kuota saat kita membukanya. Jadi, mau ngga mau kita harus melakukan resizing untuk memperkecil ukuran foto itu. 

Terdapat berbagai cara yang dapat kita gunakan, bisa dengan menggunakan software atau aplikasi khusus. Biasanya jika ingin mengecilkan ukuran foto oleh orang yang sedang melakukan pencari kerja. Di mana saat ini situs pencarian pekerjaan seringkali membatasi ukuran file foto yang dilampirkan. Tak usah risau, Kami akan berbagi cara mengecilkan foto dengan HP baik untuk iPhone atau Android dan beberapa aplikasi pendukung untuk Mengecilkan Ukuran Foto berikut ulasannya, Simak artikel ini sampai habis ya!

Cara Mengecilkan Foto di Android dan iPhone

Berbicara tips untuk cara mengecilkan foto, terdapat banyak metode yang dapat kamu lakukan. Yaitu menyerahkannya foto kamu ke jasa photo editing online, memakai situs secara online, aplikasi pendukung atau software Adobe Photoshop jika kamu sudah ahli mengedit foto.

Cara Mengecilkan Foto dengan iPhone

1. Memanfaatkan Fitur Resize di Aplikasi Mail : Dibagian Mail untuk iOS sudah dilengkapi dengan fitur resize foto. Kamu dapat memilih macam-macam ukuran seperti small, medium, large atau actual size. Caranya pun cukup mudah untuk memakai fitur resize (Mail for iOS). Kamu cuma pilih foto yang ukurannya mau diperkecil dan pilih ukuran resize sesuai keinginan kamu, Selesai.

2. Memakai Aplikasi Image Size: Cara mengecilkan foto di iPhone juga bisa kamu terapkan dengan aplikasi Image Size. Dengan aplikasi ini sudah mendukung mode resize hanya memasukkan ukuran yang sesuai. Tetapi ada juga ukuran standar contohnya ukuran kertas legal, letter, dan lain-lain. Caranya bisa dengan mengikuti langkah berikut:
  1. Download terlebih dahulu pada App Store aplikasi Image Size.
  2. Install aplikasi tersebut dan buka app.
  3. Pilih foto yang mau diubah ukurannya, klik bagian kiri atas aplikasi. Bila muncul popup konfirmasi untuk menyetujui akses privasi foto.
  4. Sesuaikan ukuran foto yang kamu inginkan
  5. Jika sudah selesai, tap icon download
  6. Hasil yang sudah didownload file tersebut ada di galeri iPhone.

Cara Mengecilkan Foto dengan Android

1. Pakai Aplikasi Photo Compress & Resize: Cara mengecilkan ukuran foto di Android bisa memakai Photo Compress & Resize. Aplikasi ini dapat merubah ukuran foto sampai 100KB. Cara mengecilkan ukuran foto dengan aplikasi ini caranya sangat mudah.
  1. Download aplikasi  Photo Compress & Resize melalui Play Store
  2. Lalu install seperti biasa.
  3. Kemudian kamu akan dapat notifikasi akses ke media & file Klik Izinkan.
  4. Selanjutnya pilih foto yang mau di-resize jangan lupa tentukan kualitas foto.
  5. Klik Start Compress dan tunggu sampai selesai
  6. Terkahir kamu tinggal mendownloadnya.
2. Resize Foto dengan Aplikasi QReduce Lite: Aplikasi dapat digunakan untuk mengecilkan ukuran foto dengan cepat dan mendukung berbagai macam format seperti foto PNG, JPG, atau JPEG. Caranya sebagai berikut.
  1. Unduh aplikasi QReduce di Play Store
  2. Kemudian install lalu buka aplikasi
  3. Klik "Select Photo"
  4. Pilih foto yang mau kamu kecilkan ukurannya Lalu kamu dapat mengatur ukuran yang diinginkan.
  5. Selanjutnya menentukan ukuran dengan pilih menu "Start"
  6. Tunggu proses selesai
  7. Hasil fotonya dapat kamu temukan pada galeri Android folder QReduce Lite

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Secara Online

Seperti yang sudah dijelaskan diatas untuk mengecilkan ukuran foto 1MB bisa memakai aplikasi atau secara online, cuma tinggal memilih foto yang mau di resize ukurannya lalu download hasilnya. Inilah kumpulan website yang bisa digunakan:

1. Photopea.com : Jika kamu tidak menginstall perangkat lunak Adobe Photoshop pada laptop atau komputer. Kamu dapat mengakses link photopea.com tampilan website ini sama persis dengan software photoshop. Cara penggunaannya juga sangat mudah.
  1. Buka situs https://www.photopea.com
  2. Pilih "Buka dari komputer"
  3. Kemudian pilih foto yang ingin dikecilkan ukurannya.
  4. Selanjutnya pilih "berkas" pada di pojok kanan 
  5. Pilih "Ekspor Sebagai" dan pilih format yang kamu inginkan seperti JPG atau PNG
  6. Lalu pilih kualitas jika ingin kecil pilih 10 - 25%
  7. Terakhir klik "Simpan"
2. Compressjpeg.com : Website compressjpeg merupakan situs gratis yang dapat kamu pakai untuk mengecilkan size gambar. Situs ini sangat mudah untuk pemula dan memudahkan kamu mengubah gambar sampai 20 file. Inilah langkah untuk merubah ukuran gambar dengan compressjpeg:
  1. Pergi ke situs https://compressjpeg.com
  2. Lalu upload foto yang mau di-resize klik tombol "Upload Files"
  3. Nantinya foto akan otomatis dikompres, tunggu sampai prosesnya selesai. jika sudah langsung download file tersebut.
  4. Jika ukuran Foto masih besar, klik tombol Setting > scroll ke bawah untuk mengatur quality dan unduh kembali.
3. Resizeimage.net : Jika mau merubah ukuran plus memotong foto tanpa mengurangi kualitasnya cobalah untuk mengunjungi website ini. Kamu dapat menyesuaikan ukuran gambar sesuai dengan kebutuhan. Berikut cara menggunakannya:
  1. Upload gambar yang ingin di kecilkan.
  2. Pilih menu resize foto> atur ukurannya dalam pixel atau persentase.
  3. Jika sudah mengukur canvas atau rasio gambar, kamu dapat pilih format file untuk Foto.
  4. Kemudian atur kualitas gambar.
  5. Setelah sesuai dengan keinginan, klik "button resize image" dan download.
4. Picresize.com : Terdapat banyak situs online gratis yang dapat kamu gunakan untuk mengecilkan ukuran gambar. Website yang tak kalah bagus dengan yang sudah kami tulis diatas adalah Picresize.com. Cara menggunakannya sangat mudah seperti dibawah ini:
  1. Pilih gambar atau Foto bisa dengan drag file.
  2. Klik tombol "continue to edit picture."
  3. Pilih size gambar yang diinginkan.
  4. Lalu Pilih format file yang akan save.
  5. Kemudian Pilih kualitas file.
  6. Terakhir Klik button "I’m done, resize my picture!" dan klik "Save to Disk."
5. Tools ArtikelSeo1337 : Ini adalah website yang paling mudah untuk Mengecilkan Ukuran Foto dengan Android ataupun iPhone karena kamu tinggal mengunjungi website ini https://artikelseo1337.blogspot.com/p/optimasi-gambar-seo-100-speed-perkecil.html kemudian upload file > otomatis foto atau gambar di resize. Sangat simple dan cepat prosesnya.

Kumpulan aplikasi untuk Kompress Foto 200KB

Jika kamu tidak mau repot untuk mengecilkan ukuran foto melalui PC/Laptop kamu bisa mendownload aplikasi kompres foto berikut ini. Aplikasi yang tersedia tidak kalah baik dengan software atau situs kompress foto karena hasilnya tetap terlihat jelas dan jernih.
  • QReduce Lite | Compress image
  • Photo Compress & Resize - Aplikasi Kompres Foto
  • PicTools Batch
  • TinyPhoto - Aplikasi Resize Foto
  • Reduce Photo Size
  • Puma Image Compressor
  • Photo & Picture Resizer
  • Photo Compress 2.0 - Ads Free
Semua aplikasi diatas kamu bisa mengunduhnya melalui toko aplikasi yaitu playstore. Bagaimana sekarang merubah ukuran foto menjadi semakin mudah bukan? Jika kamu ada tambahan aplikasi bisa tambahkan melalui komentar dibawah ya! Terima kasih.