Cara Menggunakan Creator Studio Facebook untuk Fanspage

Cara Menggunakan Creator Studio Facebook untuk Fanspage
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Sekarang sosial media mempunyai peran penting dalam membantu ekosistem bisnis digital. Sebagai mana salah satu platform terbesar yakni Facebook dan Instagram menanggapi hal ini dengan membuat layanan Creator Studio Facebook untuk alat manajemen konten yang terhubung dengan berbagai macam fitur. Jadi, apa itu manfaat dan fungsi dari Facebook Creator Studio? Mari kita membahas lebih detail tentang tools keren ini yang dibuat oleh facebook.

Penjelasan Creator Studio Facebook

Creator Studio Facebook beda dengan Facebook business manager. Kalau Facebook business manager memiliki fungsi untuk mengelola halaman yang kamu punya dan akun iklan tanpa membagikan kredensial login pada akun pribadi, Jadi creator studio memliki fugsi mengatur dan mengelola konten dihalaman kamu dan nantinya dapat melakukan monetisasi.

Salah satu fitur tambahan adalah terhubungnya data dari Facebook dan Instagram dalam satu dashboard. Jadi akan lebih mudah untuk pebisnis dan juga content creator untuk mengelola segala konten. Facebook Creator Studio sendiri dapat kamu manfaatkan untuk mengelola berbagai kebutuhan. Contohnya untuk mengatur postingan, tracking performa campaign, melihat konten melalui gallery, sampai mengaktifkan opsi monetisasi pada akun Facebook dan Instagram. Wah keren ya?

8 Fitur Creator Studio di Facebook

Facebook creator studio adalah sebagai pusat konten untuk megupload, menjadwalkan, menerbitkan, mengelola dan melacak konten kamu dengan format video. Jika kamu seorang video content creator atau pebisnis yang lagi mengembangkan proses promosi memakai digital video production. Dan berikut ini adalah beberapa fitur Creator Studio Facebook.

1. Membuat konten/Posting di Facebook

Sama dengan namanya, Creator Studio Facebook dapat melakukan banyak hal. Mulai dari Mengupload video sekaligus, Crossposting konten sekaligus ke halaman, mengelola konten kamu menjadi playlist, lalu mengatur jadwal untuk posting konten dan menyimpan postingan sebagai draf.

2. Insight

Fitur selanjutnya dari layanan Creator Studio Facebook yakni insight. Untuk content creator, fitur ini sangat bermanfaat fungsinya kamu akan mengetahui performa konten yang sebelumnya telah diterbitkan. Melalui fitur insight, kamu dapat melihat statistik marketing dari pertumbuhan audience, engagement, total impression dan beberapa metrik dalam waktu 1 minggu. Data itu dapat kamu kumpulkan dari Halaman Facebook dan akun Instagram jadi tidak usah memakai dua tools social media monitoring.

3. Beranda 

Pada tampilan beranda di Facebook creator studio terdapat postingan dari halaman tertentu serta beberapa informasi dasar dari konten halaman. Tak hanya itu, ada juga komposer yang bisa dipakai untuk membuat konten dan memudahan kamu menerbitkannya ke semua halaman.

4. Creator Studio Facebook Monetisasi

Fitur monetisasi akan memberikan manfaat informasi dari penghasilan dan persyaratan apa saja yang harus dipenuhi agar bisa mendapatkan penghasilan. FB menawarkan opsi monetisasi atau facebook creator studio monetization kepada para konten creator yang sudah layak atau mempunyai banyak fans. Cara mendapatkan penghasilan, kamu harus mendaftar layanan monetize ini, Lalu tunggu sampai di approve oleh Facebook.

5. Mengelola Hak Cipta

Pada halaman rights manager, Kamu bisa melindungi hak cipta (intelektual) dari konten video Facebook dan Instagram punya Kamu. Rights manager dapat mendeteksi konten dan audio/video hak ciptanya punya kamu sendiri. Kamupun bisa mengupload file referensi yang akan dianalisis dan dipakai untuk membandingkan dengan konten lain untuk mendeteksi plagiat.

6. Koleksi Sound

Sebenarnya tak banyak yang tahu informasi ini ternyata Facebook telah menyematkan database sound yang bebas untuk kamu pakai secara gratis dan tidak perlu membayar royalti. Fasilitas ini sangat berguna untuk memperkaya konten Facebook dan Instagram supaya tidak membosankan. Facebook menyediakan berbagai macam daftar musik dari musisi terkenal serta efek suara yang menarik.

7. Kotak Masuk (Pesan)

Kotak masuk berfungsi dalam memberikan informasi pengguna tentang pesan, komentar, dan like dari orang lain untuk unggahan kamu saat berinteraksi dengan audiens Facebook dan Instagram. Cara kerja dari fitur inbox di halaman Facebook. Creator Studio Facebook sama seperti perpesanan di akun medsos pada umumnya. Cuma Bedanya, kamu dapat langsung melihat Inbox dari Facebook dan Instagram sekaligus. Jadi tak usah bolak-balik pindah akun.

8. Konten Galeri Halaman

Fitur dari Galeri Konten beda dengan fitur beranda Facebook, karena memberikan ringkasan lengkap tentang video, foto, tautan, dan postingan di halaman yang kamu kelola. Kamu juga bisa melihat insight dan melakukan editing, bahkan untuk mempromosikan, atau hapus postingan.

Bagaimana Cara Daftar Creator Studio Facebook? Sebenarnya Kamu tidak perlu mendaftar. Jika kamu sudah memiliki halaman facebook kamu bisa langsung mengaksesnya melalui link berikut https://business.facebook.com/latest/home

Facebook Creator untuk Android

Facebook juga telah membuat aplikasi creator ini untuk android. Beberapa fitur yang bisa kamu gunakan seperti mengelola postingan mulai dari foto, video dan cerita (story). Lalu menghubungkan Facebook dengan instagram, Aplikasi FB creator ini juga dapat mempromosikan postingan (FB ads).
Jika kamu belum bisa untuk mengisi saldo di facebook menggunakan transfer ATM silahkan baca artikel Cara Mengisi Saldo Facebook Dengan Mbanking

Aplikasi creator studio facebook bisa kamu download melalui playstore secara gratis. Atau bisa dengan download creator studio facebook apk melalui link dibawah ini:

Creator Studio FB APK 

Demikianlah pembahasan singkat ini tentang Creator Studio Facebook. Pada dasarnya Tools ini bisa dimanfaatkan untuk content creator supaya dapat memaksimalkan produk maupun layanan saat mengelola akun media sosial.