7 Cara Membuat Website Sendiri di Google (Google Sites)

7 Cara Membuat Website Sendiri di Google (Google Sites)
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.comCara Membuat Website Sendiri di Google dengan menggunakan Google Sites. Membuat website sendiri dengan menggunakan Google Site tentu bukanlah suatu hal yang baru meskipun demikian, masih terdapat banyak orang yang kurang paham mengenai cara untuk membuat website dengan menggunakan Google site. Google Site menjadi diminati karena memiliki hal yang menarik salah satunya adalah dapat berkolaborasi dalam menyusun lama konten secara bersama-sama di waktu yang bersamaan.

Dalam Google Site pula Kamu dapat menentukan siapa saja yang dapat menjadi pemilik situs serta siapa saja yang dapat melakukan pengeditan ataupun melihat isi dari sebuah situs bagi pemula, mungkin cara membuat website sendiri di Google akan terlihat lebih sulit. Untuk dapat membuat website sendiri dengan Google Site, Kamu tidak memerlukan server web ataupun hosting service dikarenakan Google Site ini merupakan aplikasi cloud yang mana software dan server sudah disediakan termasuk dengan alamat url.

Akan tetapi, apabila Kamu tetap menginginkan alamat surel yang sesuai dengan kepentingan atau kebutuhan, maka Kamu dapat membeli nama domain yang sesuai yang mana kemudian dapat melakukan mapping atau pemetaan nama domain sehingga situs web tersebut dapat diakses dengan menggunakan nama domain yang telah Kamu miliki. Sebelum mengetahui cara membuatnya, perlu diketahui bahwa Google Site merupakan suatu tool yang digunakan untuk dapat menciptakan custom website. Banyak yang beranggapan bahwa Google saat ini mirip dengan Wiki dikarenakan dapat mengembangkan situs Kamu sendiri di dalam membuat website dan isinya. 

Kelebihan dalam cara membuat website di Google gratis ini adalah dapat menentukan siapa pemiliknya, siapa yang diizinkan kan untuk melakukan pengeditan, serta siapa yang diizinkan untuk memperbaiki situs atau melihat situs. Di Dalam penggunaannya, Google saat ini akan secara otomatis dapat menggunakan format editor WYSIWYG sehingga dapat mengakomodasi pengguna tingkat lanjut di dalam mengedit HTML yang dilakukan secara manual.

Panduan Membuat Website Sendiri di Google Sites


Adapun yang membuat orang lebih memilih Google Site adalah dapat membantu pengguna dalam membuat situs web yang mudah, gratis dan bebas hanya dengan melakukan beberapa klik saja. Disamping itu, pengguna pun dapat membuat situs web yang lebih dinamis serta interaktif tanpa perlu berbekal pemahaman HTML.

tentu saja dengan segala kemudahan yang dimiliki, membuat orang lebih tertarik untuk memilih Google slide dalam pembuatan website sendiri. memilih untuk menggunakan Google Site pun dapat memudahkan dalam proses pengelolaannya. Lalu bagaimana cara membuat website gratis melalui Google Site? Berikut adalah cara mudah untuk membuat website dengan Google Site.

1. Memiliki Akun Google

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun Google atau memiliki akun Google. bagi yang ingin membuat Google website gratis dengan menggunakan Google site, maka perlu dipastikan bahwa pengguna memiliki akun Google terlebih dahulu. Apabila belum, maka pengguna dapat langsung mendaftar karena prosesnya yang mudah dan gratis.

Apabila setelah memiliki akun Google maka selanjutnya adalah memasukkan username dan password untuk dapat melakukan Google Site login.

2. Buat Website Baru Pada Halaman Google Sites

Setelah berhasil melakukan login ke akun Google, langkah selanjutnya adalah langsung menuju ke halaman utama dari Google Site. Terdapat icon tombol plus (+) yang berada pada bagian bawah kemudian Klik tombol tersebut.

3. Memulai Desain Web

Selanjutnya adalah Kamu dapat membuat desain tampilan website yang diinginkan pada halaman Google Site. Untuk dapat lebih mempermudah, Kamu dapat menggunakan tool yang telah tersedia pada web builder Google Site. di dalamnya Kamu dapat lebih mudah untuk melakukan desain dikarenakan tidak terlalu banyak mengetahui tentang HTML. Hal ini dikarenakan di dalamnya pun sudah dilengkapi dengan format editor WYSIWYG. Kamu dapat mencari tutorial lain untuk cara membuat website Google di HP.

4. Memberi Nama Untuk Website

Selanjutnya Kamu perlu untuk membuat nama website yang hendak dikelola. cobalah untuk membuat nama yang unik dan lebih mudah untuk diingat. Pada poin ini, Kamu perlu untuk memberi nama yang berbeda dari situs yang meliputi : 
  • Site dokumen name, Kamu dapat memasukkan nama yang unik untuk dapat melacak situs, yang mana nama dokumen situs hanya dapat dilihat oleh Kamu.
  • Site name, untuk dapat memunculkan site name ini Kamu harus memiliki dua atau lebih halaman di situs web site.google.com gratis. Hal ini dapat ditempatkan pada bagian tajuk dan bila dari judul jendela web.
  • Page title, seluruh web tentu saja memiliki title atau halaman judul hal ini nantinya akan menjadi bagian yang muncul di bagian atas halaman ataupun pada bagian menu navigasi

5. Memilih Tata Letak Untuk Website

setelah tutorial Google Site di atas, selanjutnya adalah pemilih tata letak untuk Website. setiap orang tentu saja menginginkan tampilan yang bagus untuk website yang dimiliki. dari sini Kamu dapat memilih tata letak atau layout yang sesuai dengan keinginan Kamu titik untuk dapat lebih mempermudah dalam pemilihan layout design Kamu dapat melakukan drag desain layout secara langsung ke halaman website.

6. Memilih Gambar Background, Jenis Header dan Tema

Dalam melakukan pemilihan gambar background, jenis header, dan tema sekilas akan seperti sedang melakukan setting blog. yang mana setiap tema dilengkapi dengan latar belakang yang telah ditetapkan. mulai dari skema warna, serta pemilihan font semuanya telah ditetapkan. Kamu pun bisa langsung menyesuaikan font, warna serta latar belakang yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Kamu . yang disukai dari Google saat ini adalah dapat dengan mudah mengubah tema setelah situs selesai dibuat.

7. Publish Website

Apabila seluruh step telah dilakukan, pembuatan website sendiri dapat melakukan langkah terakhir yaitu dengan menerbitkan website. Hal ini pun dilakukan agar website tersebut dapat dilihat oleh orang lain. Untuk dapat menerbitkannya secara langsung, Kamu dapat langsung melakukan klik publish pada bagian atas dari halaman Google Site.

Setelah itu, Kamu akan diarahkan ke halaman yang mana Kamu dapat menambahkan url website Kamu kemudian website dapat diakses dengan URL. Contoh website dari Google Site akan memberikan hasil seperti https://sites.google.com/view/URL. Apabila telah demikian, maka halaman selanjutnya yang ditampilkan oleh Google Site merupakan halaman pertama dari situs Kamu.

Halaman pertama yang muncul tersebutlah yang nantinya akan dikenal dengan homepage. Di dalam pembuatan website Kamu dapat memilih yang maksimal atau yang biasa saja. Apabila website yang dibuat hendak digunakan sebagai bisnis jangka panjang, maka Kamu dapat membuat website dengan bantuan jasa pembuatan website profesional untuk lebih maksimal.

Kamupun dapat lebih mempelajari cara membuat landing page di Google Site untuk memberikan tampilan yang lebih baik terhadap website yang dibuat. Tentu saja hal tersebut untuk lebih memaksimalkan hasil dari pembuatan website. Dan demikianlah pembahasan mengenai Cara Membuat Website Sendiri di Google. Semoga bermanfaat!

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>