Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Untuk Pemula

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Untuk Pemula
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.comCara Menggunakan Aplikasi Zoom 2021 Untuk Pemula. Tak bisa dipungkiri Bahwa saat ini aplikasi Zoom merupakan salah satu aplikasi yang memang wajib dimiliki oleh para pelajar. Hal ini dikarenakan, saat ini Indonesia masih berada dalam masa pandemi yang mengharuskan kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah atau secara online.

Perubahan sistem pembelajaran ini memang cukup menyita perhatian masyarakat. Karena tidak semua pelajar mengetahui atau paham dalam menggunakan aplikasi Zoom 2021. Mungkin Kamupun juga sedang kebingungan untuk mengetahui cara untuk bisa menggunakan aplikasi Zoom 2021.

Namun tenang saja, sebab di bawah ini akan dijelaskan secara detail tentang aplikasi Zoom tersebut. Adapun penjelasan lebih lengkap mengenai aplikasi zoom ini adalah sebagai berikut.

Apa Yang Dimaksud Dengan Aplikasi Zoom?

 Zoom Cloud meeting atau aplikasi Zoom adalah sebuah aplikasi yang dibuat oleh miliarder yang bernama Eric Yuan aplikasi ini pertama kali dirilis pada tahun 2013 tepatnya pada bulan Januari aplikasi ini juga bisa diakses melalui website baik untuk OS Mac, Linux, Windows, iOS, ataupun Android.

Perlu Kamu ketahui bahwa aplikasi ini bisa Kamu gunakan sebagai tempat meeting online dengan maksimal 1000 peserta atau partisipan dengan waktu rapat sekitar 40 menit. Jika Kamu menginginkan ruang rapat yang lebih dari 40 menit dengan partisipan lebih dari 1000 orang, maka Kamu bisa menggunakan akun yang versi Pro, bisnis atau enterprise dengan harga dimulai dari US$14,99 atau sekitar Rp200 ribuan per bulan.

Cara Tepat Dalam Membuat Akun Di Aplikasi Zoom

Sebelum Kamu bisa menggunakan aplikasi video call sekaligus chatting ini, tentunya Kamu diwajibkan untuk membuat akunnya terlebih dahulu. Maka dari itu, di bawah ini akan dijelaskan cara membuat akun zoom yang baik dan benar.

  1. Langkah pertama yaitu Kamu harus mendownload aplikasi zoom di Play Store maupun app store.
  2. Jika sudah, selanjutnya Kamu harus membuka aplikasinya dan memilih opsi sign up atau daftar.
  3. Cara membuat akun zoom selanjutnya yaitu Kamu harus mengisi kolom tanggal, bulan dan tahun lahir. Kemudian masukkan alamat email
  4. Kamu juga harus mengisi kalau nama depan dan nama belakang yang akan tampil di bagian tampilan pengguna Zoom lainnya. Kamu juga jangan sampai lupa untuk mencentang persetujuan term of service. Kemudian pilih opsi sign up.
  5. Lalu Kamu juga harus mengecek email verifikasi yang masuk ke kotak email Kamu dan pilih aktif account
  6. Kemudian Kamu harus memasukkan password untuk aplikasi Zoom tersebut dan setelah proses pendaftaran selesai, maka aplikasi Zoom ini sudah bisa digunakan.

Cara Agar Bisa Menggunakan Aplikasi Zoom Sebagai Peserta

Sebenarnya, cara menggunakan aplikasi Zoom 2021 sebagai peserta dalam room, baik untuk kegiatan meeting, kegiatana belajar mengajar, kegiatan semiar, atau bahakn untuk kegiatan interview dan rapat sekalipun memiliki cara yang sama. Tak hanya itu, cara untuk bisa menjadi peserta dalam berbagai kegiatan yang dilakukan baik di HP, Laptop ataupun MacBook itu sama saja caranya. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan sebutkan informasi lebih detailnya.

1. Masuk Sebagai Peserta Melalui Link
  • Langkah pertama yang harus Kamu lakukan yaitu Kamu harus membuka link atau URL yang sudah dikirimkan oleh orang yang membuat room atau link tersebut.
  • Nantinya, Kamu akan mendapatkan notifikasi yang muncul pada browser Kamu dengan tulisan Open Zoom meeting. Kamu harus mengklik tulisan Open Zoom meeting tersebut.
  • Kemudian pilih launch zoom setelah login
  • Tunggulah beberapa saat hingga host atau pembuat room tersebut bisa menyetujui permintaan Kamu untuk bergabung dalam meeting.
  • Cara menggunakan aplikasi Zoom untuk belajar sebagai peserta yang selanjutnya  yaitu setelah Kamu mendapatkan persetujuan dari host, maka secara otomatis Kamu akan masuk ke dalam ruang meeting tersebut.
  • Lalu Kamu harus menekan opsi Join with computer audio apabila muncul pertanyaan pada tampilan layar.
2. Masuk Dengan Memanfaatkan ID dan Passcode
  • Langkah pertama yaitu host akan mengirimkan undangan melalui ID, maka bukalah aplikasi Zoom.
  • Kemudian pada menu utama, Kamu harus memilih opsi join.
  • Kamu pun juga harus memasukkan ID dan nama Kamu serta dilanjutkan dengan mengklik opsi join.
  • Langkah selanjutnya dari cara menggunakan  Zoom di HP sebagai peserta yaitu Kamu harus memasukkan passcode atau sandi atau password yang dikirimkan pada undangan. Jika sudah, maka Kamu pun bisa masuk ke dalam ruangan meeting tersebut.
3. Cara Supaya Bisa Menggunakan Zoom di Laptop Tanpa Aplikasi

Jika Kamu tidak mau meng-install aplikasi zoom di laptop, maka Kamu bisa langsung membuka https://zoom.us/signin. Kemudian Kamu harus login menggunakan metode yang Kamu inginkan, seperti menggunakan akun Google. Adapun cara menggunakan zoom di laptop agar bisa menjadi peserta meeting tanpa aplikasi adalah sebagai berikut.
  • Langkah pertama yaitu Kamu harus mengcopy link https://zoom.us/wc/join/MeetingIDHost
  • Maka langkah selanjutnya, Kamu akan diharuskan untuk mengubah tulisan MeetingIDHost yang ada pada link di atas dengan tulisan meeting ID yang diberikan oleh host.
  • Kemudian langkah selanjutnya dari cara menggunakan aplikasi zoom di laptop sebagai peserta dengan tanpa menggunakan aplikasi yaitu Kamu bisa langsung membuka Link yang sudah diedit ke browser seperti Chrome.
  • Lalu masukkan nama Kamu dan pilih opsi join
  • Masukkan juga password yang diberikan oleh host dan pilih opsi join 
  • Tunggulah beberapa saat hingga host memberikan persetujuan 
  • Agar bisa masuk atau tergabung dalam obrolan suara, maka arahkan kursor mouse tersebut ke bawah dan memilih opsi join audio. Kemudian klik join audio by komputer.
  • Jika sudah, maka Kamu sudah tergabung dalam meeting tersebut.

Cara Menjadi Host Di Zoom Dengan MacBook

Setelah Kamu mengetahui cara menggunakan zoom di laptop sebagai peserta di atas, tentunya Kamu juga harus mengetahui cara untuk bisa membuat link zoom atau menjadi Host di zoom. Untuk itu, maka di bawah ini akan disebutkan caranya.
  1. Langkah pertama yang harus Kamu  lakukan yaitu membuka situs resmi atau aplikasi Zoom 
  2. Kemudian Kamu harus memilih opsi sign in
  3. Seperti biasa, Kamu harus masuk menggunakan email dan kata sandi yang sudah Kamu buat sebelumnya atau bisa juga dengan menggunakan akun Google seperti Gmail  Facebook atau bahkan masih menggunakan SSO.
  4. Lalu Kamu bisa mengklik opsi panah ke bawah dan memilih Start With Video, cari lanjutkan dengan memilih new meeting untuk melakukan pertemuan instan. Dengan begitu maka Kamu pun bisa menjadi Host meeting di Zoom dengan menggunakan MacBook.
Itulah tadi berbagai informasi mengenai zoom, seperti cara menggunakan aplikasi zoom di MacBook yang sudah disebutkan diatas dan berbagai informasi lainnya seputar aplikasi Zoom. Sebagai kaum milenial, Kamu tentunya harus bisa mengoperasikan atau menggunakan aplikasi Zoom ini karena berbagai kegiatan saat ini sudah dilakukan dengan menggunakan video call seperti Zoom.

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>