✔ Begini Cara Mengganti Nama Wifi IndiHome Lewat HP Android

✔ Begini Cara Mengganti Nama Wifi IndiHome Lewat HP Android
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Banyak hal bisa kamu kerjakan dengan HP. Termasuk mengganti nama atau sandi wifi IndiHome. Namun, apakah kamu sudah mengetahui caranya? Kalau belum, ini dia bocoran cara mengganti nama wifi IndiHome lewat HP android

Siapa sih yang tidak tahu IndiHome ? Rasaya sebagian besar orang Indonesia sudah menggunakan layanan internet yang satu ini. Baik sekolah, perkantoran, maupun rumah tangga. Pemilik layanan ini adalah Telkomsel. Salah satu BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi. Saat ini, Telkomsel merupakan perusahaan telekomunikasi terkemuka di tingkat nasional. Jaringan Telekomsel adalah yang terbaik di Indonesia. Masuk sampai ke pelosok negeri. Begitu juga dengan layanan IndiHome. Beberapa desa sudah bisa mengaksesnya.   

Layanan utama dari IndiHome ada tiga. Berupa jaringan internet, telepon rumah, serta layanan TV interaktif berbayar. Pelanggan bisa memilih layanan yang ada di IndiHome dengan bebas. Apakah mau mengambil layanan single? Yakni hanya internet saja. Bisa juga memilih dua layanan, misal phone dan internet. Atau bisa mengambil 3 layanan sekaligus. Phone, internet, dan TV berbayar. Tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan. 

Perawatan Penting Wifi Indihome

Untuk mendapatkan layanan IndiHome. Kamu perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke kantor Telkomsel. Nantinya akan ada petugas yang memasang router atau modem di tempatmu. Nah, modem ini perlu sekali kamu jaga. Berikut tips untuk menjaga dan merawat modem IndiHome. 

  1. Letakkan modem IndiHome di tempat yang aman agar tidak mudah terjatuh.  
  2. Modem IndiHome tidak boleh terlalu dekat dengan perangkat elektronik yang lain. Supaya tak cepat panas.
  3. Restrat atau hidupkan ulang modem secara berkala selama 5 menit.
  4. Bersihkan moden secara rutin dari debu agar modem selalu bersih dan  dapat menangkap sinyal internet dengan lebih baik. 
  5. Ubah nama dan sandi setiap sebulan sekali untuk mencegah kebocoran internet.

Cara Mengganti Nama Wifi Indihome Lewat HP Android


Mengganti nama wifi IndiHome lebih mudah kamu lakukan lewat HP. Kenapa? Karena HP adalah perangkat mobile yang simpel. Hp juga selalu berada dalam kondisi menyala. Jarang bukan orang mematikan HP? Berbeda dengan laptop. Kamu pasti menggunakan laptop di saat tertentu saja. Makanya, kalau mengganti nama WiFi IndiHome lewat laptop akan jadi lebih rumit.

Kamu masih harus mengambil dan membukanya terlebih dulu. Lalu menghidupkannya dan menyambungkannya ke wifi. Waktunya jadi lebih lama kan?  Karena itu, ubahlah nama wifi IndiHome-mu dengan HP. Berikut langkah-langkahnya!
  • Sambungkan terlebih dahulu HP-mu ke wifi IndiHome. 
  • Klik aplikasi browser. Kamu juga bisa menggunakan chrome.
  • Ketikkan link berupa angka berikut, 192.168.1.1. di adress bar.
  • Setelah menekan enter, kamu akan diarahkan ke halaman nama pengguna (user name) dan sandi (password). 
  • Silahkan masukkan nama pengguna dan sandimu! Jika sebelumnya kamu belum pernah mengubah keduanya. Cukup isi nama dan sandi dengan kata "user". Lalu 
  • Tekan log in  supaya kamu dapat menuju ke halaman berikutnya.
  • Langkah selanjutnya. Cari kata "network" di bagian kolom sebelah kiri. (Tips supaya kamu dapat bekerja dengan mudah. Perbesar layar Hp-mu!)
  • Kemudian klik sub menu "WLAN > Multi SSID Setting".
  • Masukkan nama dari wifi barumu pada kolom "SSID Name". Kamu boleh loh memakai nama wifi yang lucu. Misal, "senangnya gratisan"  atau "kamu siapa sih?"
  • Proses terakhir. Tekan tombol submit. Selamat, nama wifi IndiHome barumu sudah tersimpan. 

Cara Mengganti Sandi Wifi Indihome

Tak cuma nama nama wifi. Kamu juga perlu mengubah password atau sandi wifi IndiHomemu secara berkala. Caranya juga mudah, sama-sama bisa menggunakan HP. Berikut cara mengubah sandi wifi IndiHome dan wifi Huawei menggunakan HP Android. 

1. Cara Mengganti Password Wifi IndiHome Lewat HP

Bagaimana cara  mengganti password atau sandi IndiHome? Hampir sama kok dengan cara mengubah nama wifi IndiHome .
  1. Pertama, HP androidmu  harus tersambung ke wifi IndiHome . Selanjutnya kamu perlu mengetikkan link angka berikut, 192.168.1.1 di browser-mu.
  2. Ingat aturan log in ya. Kalau kamu belum pernah mengganti sandi sama sekali sebelumnya. Masukkan kata ‘user’ di kolom pengisian sandi dan nama pengguna.  
  3. Jika sudah berhasil masuk. Langsung pilih menu network . Lanjutkan dengan klik sub menu "WLAN >security"
  4. Di kolom kolom/kotak WPA Passphrase. Tuliskan sandi barumu. Minimal 6 karakter berupa gabungan huruf dan angka. Supaya sandimu lebih kuat dan tak mudah tertebak.   
  5. Langkah terakhir, simpan sandi baru dengan klik submit. Proses penggantian sandi wifi IndiHome selesai.

2. Cara Mengganti Password Wifi Huawei Lewat HP

Huawei merupakan perusahaan teknologi besar dari Cina. Produk utamanya berupa peralatan telekomunikasi serta elektronik untuk penggunaan sehari-hari. Seperti TV dan DVD.  Di pasar smartphone, Huawei berhasil menyalip Samsung dan Apple pada tahun 2020. Tercatat, penjualan ponsel cerdas mereka melampaui ke dua perusahaan raksasa tersebut. 

Selain produk telekomunikasi dan elektronik. Huawei juga menyediakan layanan jaringan internet berupa modem Huawei. Kamu juga dapat mengubah sandi wifi Huawei dengan HP android.  Link untuk mengubah sandi wifi Huawei sebenarnya sama dengan link untuk mengubah sandi wifi IndiHome. Tapi yuk coba link yang berbeda. Biar referensimu semakin banyak.
  1. Buka aplikasi browser atau aplikasi chrome yang lebih banyak dipakai oleh banyak orang. Sambungkan android ke wifi Huawei ya!
  2. Masukkan angka berikut, 192.168.100.1 di adress bar. Tekan enter. Angka ini sebenarnya merupakan sebuah link ya. Kamu juga bisa mengetikkannya dalam bentuk link seperti berikut, http://192.168.100.1/.  
  3. Log in dengan memasukkan password  dan nama pengguna. Kali ini, ketikkan kata admin pada keduanya. Untuk nama pengguna menggunakan A besar ya. 
  4. 4Sudah berhasil log in? Lanjutkan dengan memilih menu ‘Advanced’. Terletak di kolom kiri. Gambarnya berupa simbol roda. 
  5. Pada bagian sub menu. Klik "WLAN > WLAN basic".
  6. Scroll down sampai kamu menemukan kolom dengan tulisan "WPA PreShared key". Langsung saja, ketikkan sandi baru yang sudah kamu persiapkan. 
  7. Tekan tombol aply untuk mengakhiri proses perubahan sandi.
Informasi tambahan untuk kamu. Link untuk menguba nama atau sandi wifi itu banyak. Selain dua link yang sudah ada di atas. Kamu juga bisa menggunakan link lainnya, "http://192.168.0.1/" dan "http://192.168.1.254/"

Kesimpulan

IndiHome merupakan layanan jaringan internet untuk skala rumahan, sekolah, dan perkantoran. Banyak pengguna internet di Indonesia yang menggunakan layanan ini. Salah satu perawatan penting modem IndiHome adalah mengubah nama dan password wifi secara berkala. Agar jaringan internet tak mudah bocor. Saat ini mengganti nama dan password wifi IndiHome bisa kamu lakukan lewat HP. Jadi tak perlu repot-repot menggunakan laptop atau PC. Caranya? Kamu ikuti semua petunjuk yang ada di artikel ini ya!

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>