Tips dan Trik Cara Mengatasi Teamviewer Tidak Bisa Remote

Tips dan Trik Cara Mengatasi Teamviewer Tidak Bisa Remote
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Teamviewer sudah menjadi andalan banyak orang saat bekerja dengan banyak perangkat. Software ini begitu mudah untuk digunakan. Namun tak menutup kemungkinan akan adanya beberapa kendala teknis ketika menggunakannya.

Seperti software lain pada umumnya. Kendala teknis pada Teamviewer merupakan hal yang bisa kamu atasi. Apa saja sih kendala atau masalah saat menggunakan Teamviewer? Lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan berikut! 

4 Masalah Pada TeamViewer dan Cara Mengatasinya

Berbicara masalah pada Teamviewer tentu banyak. Sebab Teamviewer punya banyak fungsi atau kegunaan. Artikel ini akan membahas 4 diantaranya.

1. Teamviewer Tidak Dapat Terkoneksi ke Mitra

Fungsi utama dari Teamviewer adalah sebagai remote control. Melalui Teamviewer kamu jadi bisa mengontrol komputer atau laptop lain dari PC-mu. Masalah yang sering muncul kemudian adalah teamviewer tidak dapat terkoneksi ke mitra atau ke komputer partner. Kira-kira apa penyebabnya?

Kamu bisa mengetahui penyebabnya dari pesan yang oleh Teamviewer sampaikan. Biasanya akan muncul pada pop up saat kamu membuka software atau aplikasi Teamviewer. Terkait masalah Teamviewer tidak dapat terkoneksi ke mitra. Penyebab utamanya biasanya adalah versi Teamviewermu tidak sama dengan Teamviewer partner.  Karena itu, kamu perlu melakukan install ulang atau update Teamviewer ke versi yang sama. Perlu kamu ketahui, Teamviewer bisa saling terkoneksi jika versinya sama atau di bawahnya. Jadi versi 13 tidak bisa mengakses versi 14. Tapi versi 14 bisa mengakses versi 13. Bagaimana kalau versinya sudah sama tapi tetap tidak bisa terkoneksi? Berarti terjadi crash pada file Teamviewer.

Cobalah untuk mengakses Teamviewer mitra dari laptop lain (bukan dari laptopmu). Kalau ternyata bisa, maka masalahnya ada pada laptopmu. Lakukan beberapa hal berikut untuk menyelesaikannya.
  • Pertama, tutup semua proses  Teamviewer di Windows Task Manager. Restart laptopmu dan gunakan kembali Teamviewer. 
  • Jika masih tidak bisa, lakukan percobaan kedua. Unisntall Teamviewer dari laptopmu dengan pilihan Remove All Settings
  • Setelah proses uninstall selesai, bersihkan chance serta registry. Kamu bisa menggunakan Ccleaner. Lalu restart laptopmu.
  • Selanjutnya lakukan install ulang Teamviewer. Jangan lupa, gunakan versi yang sema dengan mitra. Serta pilih mode basic installation  dan free personal use. 
  • Apabila proses instalasi selesai, silahkan log in dengan akunmu sebelumnya.  

2. Cara Mengatasi Teamviewer Reason Unknown

Masalah lain dari Teamviewer adalah tidak bisa terkoneksi dengan alasan yang tak bisa diketahui. Saat membuka Teamviewer biasanya akan muncul pop up dengan tulisan Unable to connect – Reason unknown. Secara umum Teamviewer menyarankan semua pengguna untuk menggunakan versi terbaru pada semua operating system. 

Baik pada Windows, Linux, Android, dan iOS. Oleh karena itu, kamu harus memastikan bahwa perangkatmu telah meng-install Teamviewer versi terbaru. Saat ini, versi terbaru dari Teamviewer adalah versi 15. Untuk mengetahui versi Teamviewer yang kamu gunakan, cek dengan cara berikut.

Windows: Teamviewer .> Help > About Teamviewer > Version
Android: Teamviewer > Settings > Version
iOS: Teamviewer > Settings > Advanced Settings > Version Information

3. Teamviewer Tidak Bisa Remote Android

Saat ini Teamviewer tak hanya tersedia dalam bentuk software untuk dekstop saja. Tapi juga sudah ada versi aplikasinya. Sehingga penggunaan Teamviewer jadi meluas. Bisa untuk kontrol antar PC dan HP atau sebaliknya. Masalah yang sering timbul juga sama. Teamviewer versi PC dan Teamvier versi HP tak bisa saling terkoneksi. Penyebabnya dimungkinkan juga sama. 

Yakni karena versi  Teamviewer di keduanya bukan versi yang sama atau terjadi crash pada file Teamviewer. Cara mengatasinya pun sama. Install ulang Teamviewer pada versi yang sama atau lakukan restart laptop. 

4. ID Teamviewer Tidak Muncul

Gunanya ID pada Teamviewer itu penting. Tanpa mengetahui ID kamu tak bisa mengakses laptop atau pun android lain. Lalu bagaimana jika ada masalah ID tak muncul pada tampilan Teamviewer?
Sarannya, lakukan restsart pada layanan Teamviewer. Ikuti langkah-langkah berikut. 
  • Jalankan aplikasi run di laptopmu. Ketikkan service.msc dan tekan ok. 
  • Temukan Teamviewer, klik kanan lalu pilih restart. 
  • Buka kembali Teamviewer, maka ID akan terlihat kembali.
Bagaimana dengan android? Apakah juga mungkin ada masalah ID tak muncul? Jawabannya tidak ada.
Berbeda dengan dekstop. Letak ID Teamviewer pada android bukan di interface. Tapi berada di pengaturan. Sehingga tidak akan terjadi masalah ID Teamviewer tidak muncul.

Cara Mengetahui ID Teamviewer di Android

Kalau begitu? Bagaimana cara mengetahui ID Teamviewer di adroid?, silahkan menuju ke pengaturan. Klik tanda titik 3 pada pojok kanan atas. Scroll  down, informasi tentang ID Teamviewer berada paling bawah. Di pengaturan ini kamu juga bisa melihat informasi tentang versi Teamviewer yang kamu pakai. 

Aplikasi Teamviewer untuk Android

Ada 2 jenis aplikasi Teamviewer untuk android. Satu Aplikasi Teamviewer For Remote Control dan satu lagi Aplikasi Teamviewer Quicksupport.Aplikasi Teamviewer For Remote Control kegunaannya untuk remote PC dari android. Sementara Aplikasi Teamviewer Quicksupport untuk remote android dari PC. So, jangan sampai tertukar ya penggunaannya. Kedua aplikasi ini juga punya persamaan. Yakni tak bisa kamu gunakan untuk remote android dengan android. Jadi hanya bisa remote PC dari android atau sebaliknya.

1. Aplikasi Teamviewer For Remote Control

Sudah disinggung sebelumnya. Aplikasi Teamviewer For Remote Control fungsinya untuk remote PC dari android. Fiturnya ada dua, remote control dan trasnfer file dua arah (PC ke android atau dari android ke PC).Cara menggunakannya, buka Teamviewer For For Remote Control. Masukkan ID PC yang akan kamu akses di kolom yang tersedia. Pilih fitur yang akan kamu gunakan. Apakah ingin me-remote PC atau mau memindahkan file saja? Lalu tekan connect.

2. Teamviewer Quicksupport di Android

Kalau kamu mau remote android dari PC, maka yang harus kamu gunakan adalah Aplikasi Teamviewer Quicksupport.  Agar bisa mengakses android dari PC secara maksimal. Kamu harus menginstal  Aplikasi  Teamviewer AddOn. (Note, aplikasi ini hanya pelengkap. Jadi tidak akan muncul di androidmu meski sudah kamu install)

3. Cara Menggunakan Teamviewer Quicksupport di Android

Lantas bagaimana cara penggunaan Aplikasi Teamviewer Quicksupport? Berikut step by step-nya.
  • Buka Aplikasi Teamviewer Quicksupport di android. Jika kamu belum menginstall Teamviewer AddOn. Segera install dengan klik unduh pada pop up yang muncul.
  • Setelah kamu meng-install  Teamviewer AddOn. Kembalilah ke Aplikasi Teamviewer Quicksupport.
  • Pada tampilan antar muka akan muncul ID Teamviewer berupa deretan angka.
  • Buka Teamviewer di PC-mu. Lalu masukkan ID Teamviewer dari androidmu dan klik connect. 
  • Kembali ke Aplikasi Teamviewer Quicksupport. Tekan allow  supaya PC-mu mendapatkan izin untuk mengakses androidmu. 
  • Selesai, kamu sudah bisa me-remote androidmu dengan PC. 

Kesimpulan

Ada beberapa permasalahan teknis yang bisa muncul saat menjalankan software atau aplikasi Teamviewer. Seperti ID tidak muncul, tidak bisa remote dan connect.Semua permasalahan ini mudah kok untuk kamu atasi. Salah satunya dengan melakukan install ulang atau restart perangkat atau Teamviewer sendiri. Cara Mengatasi Teamviewer Tidak Bisa Remote terbukti work. Jadi kamu bisa mencobanya! 

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>