Cara Menggunakan TeamViewer HP ke HP, Mudah Banget!

Cara Menggunakan TeamViewer HP ke HP, Mudah Banget!
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Di zamannya para milenials kini, Kamu pasti sudah tak asing ketika mendengar TeamViewer. Ini adalah semacam aplikasi yang dikembangkan khusus memiliki kegunaan bisa mengontrol, mengendalikan, memantau, atau remote suatu perangkat dari perangkat lain. Baik antara PC dengan PC, HP dengan HP, ataupun HP dengan PC.

Jadi konsepnya, Kamu bisa melakukan remote perangkat lain ke perangkat yang Kamu gunakan. Cara menggunakan TeamViewer sendiri cukup mudah dipelajari, akan tetapi sebelumnya Kamu perlu menentukan terlebih dahulu sistem atau perangkat yang ingin dijalankan, misalnya antara HP ke HP. 
Maka hal selanjutnya yang perlu dipelajari cukup mengenai cara menggunakan TeamViewer HP ke HP, yang tentunya dapat dipahami melalui pembahasan berikut.

Cara Penggunaan TeamViewer di HP atau Android

Kita dapat mengetahui semua cara penggunaan aplikasi TeamViewer sehingga bisa melakukan remote suatu perangkat. Akan tetapi sebelumnya Kamu pun perlu memahami konsep penggunaan aplikasi pengontrol ini.

1. Mengunduh dan Menggunakan TeamViewer di Android

Konsep mengenai cara menggunakan TeamViewer di Android bisa dimulai sejak Kamu pertama kali mengunduh aplikasinya. Yaitu langkahnya, pengguna cukup download aplikasi TeamViewer secara mudah. Bagi pengguna android, Kamu bisa mengunduhnya melalui App Market PlayStore.
Karena TeamViewer akan digunakan pada kedua perangkat yang nantinya ingin dijalankan, maka unduh aplikasi di masing-masing HP tersebut. Jadi, tujuan pengunduhan kedua arah tersebut bertujuan agar masing-masing perangkat terkait dapat saling terhubung. Dengan begitu pengoperasiannya menjadi mudah.

Setelah proses download selesai, maka pastikan aplikasi ter-install atau terpasang di masing-masing android. Selanjutnya agar aplikasi berfungsi atau berjalan dengan semestinya, masukkan ID HP ke HP yang digunakan satunya lagi untuk terhubung, lalu masukkan password sesuai dengan perangkat yang ingin di remote dengan HP Kamu.

2. Cara Mengendalikasi HP ke HP dari Jarak Jauh

Siapa bilang mengontrol suatu perangkat hanya bisa dijalankan dari jarak dekat saja. kini Kamu juga bisa melakukan remote meskipun dari jarak jauh dengan perangkat yang dihubungkan. Cara remote HP ke HP jarak jauh sebetulnya cukup mudah.Namun untuk bisa menjalankannya Kamu memerlukan versi aplikasi yang mendukung. Terkait dengan ini, ada aplikasi TeamViewer Quicksupport yang secara khusus dapat membantu remote perangkat dari jarak jauh.

Dan seperti biasa, Kamu perlu mengunduh aplikasi tersebut agar terpasang di kedua perangkat. Setelah di-install, pengguna harus melakukan aktivasi agar cara menggunakan TeamViewer Quicksupport berjalan dengan sesuai. 

Caranya tinggal membuka aplikasi lalu akan muncul menu ‘Aktifkan’, setelah Kamu klik maka akan muncul kolom persetujuan lalu tekan saja pada tombol ‘Konfirmasi’. Selanjutnya pengguna akan memastikan munculnya 9 digit angka sebagai ID, yang mana angka tersebut harus disalin agar bisa ditempel atau dimasukkan pada kolom ID. Setelahnya klik ‘Kirim ID Saya’. Belum tuntas sampai di situ, kemudian aplikasi TeamViewer Quicksupport tersebut harus dibuka di HP pengendali dan masukkan ID atau 9 digit angka yang muncul di awal tadi pada HP target. Setelah angka diketikkan dan dipastikan sesuai, selanjutnya klik saja ‘Kontrol Jarak Jauh’

Lalu kembali lagi ke HP target, karena nantinya akan muncul pesan pop up untuk meminta persetujuan dukungan jarak jauh, maka klik tombol ’Izinkan’. Untuk memastikan perangkat sudah terhubung, Kamu dapat memeriksa apakah layar HP sudah sesuai dengan HP target. Jika sudah sesuai maka pengendalian jarak jauh pun sudah bisa berjalan.

3. Cara Menyembunyikan TeamViewer di Perangkat Target

Seseorang menggunakan aplikasi untuk mengendalikan perangkat dengan tujuan bermacam-macam. Jika salah satu tujuannya mengharuskan remote secara rahasia untuk tidak diketahui oleh target, maka Kamu pun pasti bertanya-tanya bagaimana cara menggunakan TeamViewer tanpa diketahui.Untuk beberapa keperluan ini mungkin mengharuskan Kamu bertindak sembunyi-sembunyi. Maka dari itu penting mengetahui cara menyembunyikan TeamViewer di HP target dengan aman, agar target tidak menyadari bahwa perangkatnya sedang diremote.

Singkat saja, menyembunyikan aplikasi TeamViewer sebetulnya hanya bisa dilakukan pada versi dekstop atau laptop saja. Itupun diketahui tidak dapat disembunyikan sepenuhnya. Menyembunyikan TeamViewer versi HP secara langsung melalui aplikasinya tersebut memang tidak bisa. Akan tetapi cara remote HP android ke android masih bisa dilakukan dengan opsi atau alternatif lainnya, yaitu menggunakan perangkat bawaan android atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Namun kali ini kita membahas cara menyembunyikan TeamViewer dan notifikasinya melalui android yang mendukung. Caranya inipun mudah serta bekerja sesuai keinginan.

Langkah pertama Kamu perlu masuk ke menu aplikasi pada android, lalu klik menu titik tiga yang tertera di pojok kanan atas. Setelah itu akan muncul menu ‘Sembunyikan Aplikasi’. Selanjutnya ketika Kamu melihat menu aplikasi di layar HP, maka akan muncul kolom-kolom untuk membuat tanda centang ketika memilih aplikasi yang ingin di-hide. 

Klik saja pada aplikasi TeamViewer hingga muncul tanda ceklis, setelah itu baru klik ‘Selesai’ yang biasanya tertera di pojok kanan atas. Dan pastikan aplikasinya sudah tersembunyi dan tidak ada di layar atau menu utama. Lalu selanjutnya Kamu tinggal menyembunyikan notifikasi TeamViewer agar tidak muncul saat digunakan.Langkahnya, masuk ke pengaturan dan pilih fitur ‘Aplikasi’, lalu pilih TeamViewer sebagai aplikasi yang ingin disembunyikan ketika ada notifikasi atau pesan. Setelah dipilih, hilangkan saja tanda centang pada pilihan ‘Tampilkan Pemberitahuan’.

4. Cara Mengendalikan HP Jarak Jauh Tanpa Aplikasi

Mengendalikan HP dari jarak jauh tanpa menggunakan aplikasi sebetulnya bisa dilakukan. bagi pengguna android, pengendalian ini biasanya berguna untuk melakukan penghapusan data, menghidupkan alarm, serta mengendalikan kunci layar dari jarak jauh. Caranya Kamu hanya perlu login ke Devicemanager Android menggunakan email yang digunakan saat aktivasi android. Dengan begitu selanjutnya pengoperasian bisa dilakukan meskipun tanpa aplikasi remote HP ke HP. 

Hal ini penting dipelajari, terutama bermanfaat ketika perangkat tiba-tiba hilang. Maka pengendalian tanpa rumit bisa dilakukan meskipun tidak menggunakan aplikasi.Setelah terhubung ke Devicemanager, jika Kamu ingin melakukan penghapusan data jarak jauh baik data internal maupun eskternal maka dapat dilakukan dan hasilnya data remove permanen. 

Itupun jika HP target terhubung dengan internet. Namun jika terdapat data yang ingin dikembalikan, maka hanya data yang sebelumnya dicadangkan dan hilang melalui email. Lalu, remote HP juga berguna untuk menghidupkan dering atau bunyi alarm dari jarak jauh. Ketika HP target dipastikan aktif serta terkoneksi internet dan Kamu aktifkan deringnya, maka akan berbunyi 5 menit setelahnya. Terakhir, remote HP juga bisa dilakukan untuk menunci atau membuka lock screen layar.

Dari sebagian besar cara menggunakan TeamViewer HP ke HP di atas, Kamu sekarang bisa memahami bahwa remote perangkat ternyata mudah dan bisa dilakukan dari berbagai segi sekalipun jaraknya jauh atau dekat. Mengetahui cara pengendalian perangkat juga berguna untuk berbagai keperluan.

Penulis: Ratih Pratiwi

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>