✓ Cara Mudah Mengatasi WiFi Indihome Tidak Terdeteksi

✓ Cara Mudah Mengatasi WiFi Indihome Tidak Terdeteksi
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Saat ini kebutuhan akan data internat sangatlah besar, ada yang memilih untuk tetap menggunakan data seluler biasa, ada juga yang memilih untuk memasang wifi. Dan kebanyakan masyarakaat Indonesia memilih untuk memasang wifi indihome, hal ini karena jaringan Indihome tercover di berbagai tempat di Indonesia. Pelanggan Indihome saat ini tercatat mencapai lebih dari 8 juta, hal ini tentu menunjukan bahwa Indihome sudah dipercaya masyarakat dalam melayani kebutuhan paket intenet. Bahkan Indihome diklaim sebagai salah satu ISP (Internet Service Provider) Terbaik di Indonesia.

Walaupun dengan berbagai keunggulannya, Indihome juga ternyata tidak akan jauh dari berbagai masalah, ini dirasakan langsung oleh para pengguna, tidak sedikit dari mereka yang melaprorkan berbagai masalah yang dialaminya atas pemasangan Indihome mereka.Masalah yang sering dihadapi oleh pelanggan rata-rata seputar koneksi internet, yang sering diajukan mereka baik melalui Call Center Indihome, maupun melalui akun Media Sosial Indihome. Selain masalah koneksi internet yang kerap lemot, tidak sedikit juga yang mengeluhkan permasalahan seputar wifi Indihome tidak terdeteksi.

Penyebab WiFi Indihome Tidak Terditeksi

Wifi Indihome yang kerap kali tidak terdeteksi, bisa saja dikarenakan modemnya error, yang membuat wifi Indihome tidak terdeteksi. Selain itu terkadang modemnya mati dengan sendirinya, ketika dihidupkan kembali wifi Indihome tidak terdeteksi. Kasus wifi Indihome yang tidak terdeteksi sebenarnya bisa dikarenakan berbagi macam, berikut di bawah ini penyebab wifi Indihome tidak terdeteksi.
  • Modem Indihome Rusak: Salah satu penyebab wifi Indihome tidak terdeteksi yakni modem Indihome yang rusak, ketika kamu sudah lama menggunakan modem Indhome, fungsi dari modemnya sendiri bisa semakin berkurang, bisa menyebabkan error hingga mati todal. Modem yang kamu gunakan dari awal menjadi pelanggan Indihome pun semakin usang.
  • Cuaca di sekitar sedang buruk: Penyebab lain dari tidak terdeksinya wifi Indihome selain permasalah modem, bisa jadi dikarenakan cuaca buruk di tempat kamu. Ini sudah hal wajar dan sangat sering terjadi pada semua layanan Internet, baik data seluler maupun layanan Internet rumah seperti MyRepublic dan Biznet.
  • Settingan Hide SSID aktif: Selain dua penyebab di atas, penyebab pasti tida terdeteksinya wifi Indihome yang kamu gunakan adalah fitur Hide SSID yang aktif. Hal ini bisa jadi dikarenakan kamu tidak sengaja mengatifkannya setelah ganti password. Mengaktifkan fitur Hide SSID menyebabkan tersembunyinya koneksi wifi Indihome. Dengan begitu agar terhubung kembali dengan wifi Indihome, kamu harus melakukan input manual.
  • Kerusakan pada perangkat yang digunakan: Kerusakan pada perangkat HP, TV atau laptop yang kamu gunakan, bisa menyebabkan tidak terdeteksinya wifi Indihome pada perangkat yang digunakan. Untuk memastikan bahwa penyebabnya adalah perangkat, bisa kamu cek wifi Indihome kamu di perangkat lain, jika di perangkat lain terdeteksi, sudah dipastikan bahwa perangkat yang kamu gunakanlah yang rusak, yang tidak bisa mendeteksi wifi Indihome.

Cara Mengatasi Wifi Indihome yang Tidak Terdeteksi

Seteah kamu mengetahui dan memahami berbagai penyebab wifi Indihome tidak terdeteksi oleh perangkat yang kamu gunakan, berikut di bawah ini cara mengatasi wifi Indihome yang tidak terdeteksi.

1. Mengatasi wifi tidak terdeteksi akibat modem rusak

Penggunaan modem, semakin hari fungsinya akan berkurang, jika modem yang kamu gunakan sudah bertahun-tahun kamu gunakan, kerusakan pada modem sangatlah wajar.Sebelum kamu membeli modem baru, sebaiknya diperiksa terlebih dahulu, kerusakan pada modemnya apakah bisa di atasai atau tidak. Apabila tidak bisa di atasi, tidak ada cara lain selain menggantinya dengan yang baru.

2. Akibat cuaca buruk

Mengatasi masalah tidak terkoneksinya wifi akibat cuaca buruk. Masalah ini sangatlah wajar, penggunaan internet ketika cuaca buruk sangatlah tidak dianjurkan, ini selain bisa menyebabkan koneksi lemot dan tidak terdeteksi, juga bisa menyebabkan kerusakan pada perankat yang kamu gunakan.Tidak ada cara lain untuk mengatasi tidak terdeteksinya wifi Indihome akibat cuaca buruk, selain mematikan atau memberhentikan penggunaan internet sementara waktu.

3. Akibat kerusakan pada perangkat yang digunakan

Perangkat smartphone, laptop dan TV yang rusak, yang kamu gunakan bisa menyebabkan tidak terdeteksinya wifi pada perangkat tersebut. Agar terhubung kembali dengan wifi Indihome, sebaiknya kamu harus memperbaiki perangkat yang kamu gunakan terlebih dahulu. 

Misalnya di laptop, tidak terdeteksinya wifi pada perangkat laptop, bisa jadi dikarenakan kabel wifi di dalamnya tidak terhubung, untuk memperbaikinya kamu harus membuka bagian mesinnya, daripada diperbaiki sendiri yang bisa menyebabkan kerusakan baru pada perangkat laptop yang kamu gunakan, ada baiknya kamu memperbaikinya melalui service laptop.

4. Akibat Settingan Hide SSID aktif

Setelah mengetahui bahwa settingan Hide SSID yang aktif bisa menyebabkan tidak terdeteksin wifi, berikuti di bawah ini cara mengatasi wifi Indihome akibat Hide SSID yang aktif. Sebelum mematikan Hide SSID, fahami fitur Hide SSID terlebih dahulu. Sebelum ke cara bagaimana mengatasi wifi Indihome yang tidak terdeteksi akibat fitur Hide SSID yang aktif, kamu harus memahami terlebih dahulu mengenai fitur tersebut.
  1. Setelah memahami fitur hide SSID, silakan masuk ke panel router
  2. Lalu masuk ke SSID Setting
  3. Kemudian pilih Enable SSID.
Tiga langkah di atas mampu mengatasi masalah wifi yang tidak terdeteksi. Apabila setelah melakukan langkah di atas modem kamu mati, tunggu beberapa menit dan tunggu sampai modem nyala kembali.

5. Restart STB Indihome milikmu

Cara selanjutnya agar wifi yang terdeteksi di TV kamu adalah dengan melakukan restart STB Indihome. Cara ini sangatlah mudah, cukup dengan mencabut kaabe power STB Indihome. kemudian tunggu sekitar 5 hingga 10 detik lalu pasang kembali kabel power tadi seperti semula.

6. Scan Ulang Wifi Indihome di Perangkat PC/ Laptop

  • Buka Device Manager. Langkah pertama untuk melakukan scan ulang wifi Indihome di perangkat PC/ Laptop, kamu harus masuk dulu ke Device Manager di perangkat PC/ laptop. untuk ke fitur Device Manager, silakan klim menu Start, lalu pilih Device Manager.
  • Setelah muncul fitur Device Manager, Pilih Network Adapter, lalu pada Wifi yang digunakan klik kanan dan pilih Uninstall.
  • Jika sudah di Uninstall, langkaah selanjutnya adalah klik kanan pada menu Network Adapater, kemudian pilih Scan For Hardware Changes.
  • Setelah itu, tinggal menghubungkan perangkat PC atau Laptop yang digunakan ke wifi Indihome. Nah, sekarang kamu sudah bisa berselancar dengan menggunakan wifi Indihomenya.

7. Lupakan jaringan di Perangkat Hpmu

Sebelum service hp yang tidak dapat mendeteksi wifi Indihome, sebaiknya kamu lakukan langkah di bawah ini, semoga dengan langkah di bawah ini, wifi Indihome bisa terdeteksi di perangkat hp milikmu.
  • Tarik kebawah layar smartphonemu, kemudian akan muncul berbagai menu, seperti wifi, hotspot, senter, pencahayaan dan lainnya. Kemudian silakan tap lama pada menu wifi. Kemudian tunggu hingga muncul tampilan pengaturan wifi.
  • Setelah muncul tampilan baru, tap lama pada wifi Indihome yang akan dihubungkan. Setelah itu pilih lupakan jaringan, kemudian tap OK. 
  • Setelah melakukan langkah di atas, untuk mengatasi wifi Indihome yang tidak terdeteksi di smartphone yakni dengan menyambungkan kembali perangkat tersebut ke wifi Indihome.
Tidak terdeteksinya wifi di perangkat smartphone milikmu, bisa dikarenakan sebelumnya kamu telah menggani nama atau password pada wifi Indihome tersebut. Ini bisa menyebabkan putusnya perangkat smartphone dengan wifi yang tersedia.

Akhir Kata

Di atas merupakan informasi seputar penyebab dan cara mengatasi WiFi Indihome tidak terdeteksi di perangkat yang kamu gunakan, semoga informasi di atas bermanfaat buat kamu yang sedang mencari informasi seputar wifi yang tidak terdeteksi di perangkat.

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>