Cara Membuat Pengingat Reminder (Ulang Tahun) di Android

Cara Membuat Pengingat Reminder (Ulang Tahun) di Android
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Cara Membuat Reminder Ultah di Android Bukanlah hal yang sulit, sepertinya masih banyak orang-orang yang belum mengerti bagaimana cara membuatnya di smartphone mereka. Mungkin ada faktor seperti baru saja menggunakan HP android dan minimnya pengetahuan.

Membuat pengingat pada ponsel Android cukup berguna untuk mengingat momen-momen penting di dalam hidup kamu dan orang-orang terdekat. Contohnya seperti mengingat ulang tahun ibu, ayah, sahabat, pacar atau bahkan kamu sendiri. Karena aktivitas kamu yang cukup padat dan sangat sibuk membuat kamu menjadi lupa hari-hari penting atau jadwal yang akan kamu lewati.

Cara Membuat Pengingat Reminder di Android

Pada artikel kali ini magelang1337 akan share cara mudah membuat pengingat dengan berbagai cara pada HP Android. Untuk lebih jelasnya simak ulasannya di bawah ini.

1. Cara Membuat Pengingat di Android dengan (Google assistant)

Google asisten adalah sebuah aplikasi pintar kecerdasan buatan. Aplikasi ini akan membantu kamu dalam segala hal dan juga membuat pengingat di HP Android. Caranya cukup mudah seperti di bawah:
  • Menuju ke aplikasi Google assistant
  • -Tap icon mikrofon
  • Lalu kamu ucapkan contoh "buat jadwal, buat reminder, ingatkan saya". dan lain sebagainya 
  • Google Assistant akan menjawab pertanyaan kamu contohnya "jadwal apa, kapan dan jam berapa" kemudian kamu buat saja jadwal yang diinginkan dengan memerintahkan menggunakan suara untuk menyimpan.
  • Jika berhasil jadwal akan otomatis tersimpan di kalender dan kamu tinggal mengucapkan "OK atau Ya"

2. Cara Membuat Jadwal di HP dengan Google Kalender

Selanjutnya untuk membuat pengingat di Android dengan manual kamu bisa menggunakan aplikasi Google Kalender. Aplikasi ini adalah bawaan dari Hape contohnya jenis merk android oppo, Xiaomi dan Samsung. berikut panduan menggunakannya.
  • Bukalah aplikasi google Kalender
  • Tap tanda + untuk membuat jadwal
  • Pilihlah menu pengingat
  • Kemudian isi kolom dengan pengingat 
  • Pilih jenis pengingat
  • Lalu atur hari dengan klik "nama hari" 
  • Atur jam dengan "icon jam"
  • Jika sudah terbuat, tap "simpan" pada pojok kanan atas.
Cara Google Kalender ini sebenarnya sama dengan Google Assistant, perbedaannya diketik manual.

3. Cara Membuat Pengingat di Android dengan Widget Google Search

Aplikasi widget Google Search dapat digunakan untuk membuat catatan pengingat. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan gratis melalui Playstore. Berikut cara menggunakannya:
  • Jika kamu sudah soalnya buka aplikasinya
  • Untuk membuat reminder di kolom pencarian sebutkan kata kunci "membuat jadwal"
  • Selanjutnya isi form yang telah disediakan seperti jadwal hari dan waktu. Kamu simpan dan selesai.

Cara Membuat Pengingat di iPhone

Jika tadi kita sudah membahas membuat pengingat di Android. Sekarang kita akan mengulas cara membuat pengingat pada ponsel iPhone menggunakan aplikasi. 

1. Wunderlist

Aplikasi ini sudah digunakan oleh pengguna iPhone. Wunderlist mendukung kolaborasi antar penggunanya yang mau berbagi tugas. Apikasi ini mirip seperti microsoft. Yang memiliki kemampuan seperti menambahkan foto PDF dan file lainnya.

2. Evernote

Aplikasi untuk iPhone selanjutnya adalah Evernote.  Tidak hanya ponsel iphone aplikasi Evernote diunduh pada Android bahkan untuk desktop. Aplikasi Evernote juga memiliki website untuk membuat catatan secara online.

3. Awesome kalender

Aplikasi reminder iPhone ini tidak hanya sebagai pengingat tapi berfungsi juga untuk menulis to-do- list. Membuat note, cek cuaca dan lain-lain. Aplikasi ini terdapat fitur untuk merubah warna mengatur acara mana yang akan menjadi prioritas, kostum alarm dan masih banyak lagi.

Cara membuat pengingat di Android dan iPhone ini ternyata tak sulit seperti apa yang dibayangkan bukan? yang harus kamu lakukan hanya memakai aplikasi bawaan saja yang telah tersambung dengan kalender. Atau kamu juga dapat menggunakan aplikasi tambahan yang ada di toko aplikasi 

Tips : Biasanya aplikasi pengingat akan tersambung langsung dengan alarm. Agar kamu tidak lupa dengan pengingat ini, lebih baik untuk selalu membuat alarm dengan nada dering yang cukup keras.

Demikianlah Artikel mengenai Cara Membuat Pengingat Reminder jika ada pertanyaan tentang ini kamu bisa bertanya melalui kolom komentar.

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>