15 Cara Ampuh Mengembalikan Foto/Video yang Terhapus di Android

15 Cara Ampuh Mengembalikan Foto/Video yang Terhapus di Android
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - File seperti foto/gambar/video merupakan dokumen private yang biasanya isinya adalah momen dan sangat penting. Kamu tentu bakal merasa panik waktu tak sengaja menghapus file tersebut yang ada di dalam album gambar HP kamu. File yang ada di Android jika sudah terhapus maka otomatis akan langsung hilang tidak seperti di laptop atau komputer saya masuk dulu ke recycle bin. 

Mengembalikan foto atau video yang sudah dihapus bukan hal yang tidak mungkin, karena file yang sudah dihapus sebenarnya belum benar-benar terhapus dari smartphone kamu. Karena itu jika kamu ingin menyelamatkan foto dan video kamu harus cepat-cepat mengembalikannya. Yang harus kamu tahu data Android Telah dihapus seperti foto lagu dokumen dan yang lain. Data itu belum menghilang sampai ada data lain yang ditulis jadi yang sudah dihapus pertama kali hanya index data tersebut jadi jika kamu dapat menemukannya kamu bisa mengembalikan semua filenya.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Pada artikel kali ini kami akan memberikan solusi cara mengembalikan foto/video yang terhapus di Android dengan menggunakan aplikasi gratis yang sudah tersedia di Play Store. Berikut ulasannya!

1. Mengembalikan Foto dan Video Terhapus dengan Google Photos

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Android

Cara pertama untuk mengembalikan foto/video yang terhapus di Andorid ialah dengan memakai aplikasi Google Photos. Tetapi, langkah ini adalah langkah preventif atau tindakan mencegah sebelum foto terhapus. Fungsinya menyimpan foto banyak dalam waktu yang tak ada batas, Jadi baiknya jika kamu mencadangkan file foto dapat menggunakan aplikasi Google Photos. Fitur dari Google ini memudahkan kamu untuk menyimpan foto tanpa adanya batasan asal file tersebut tak memiliki ukuran yang besar.

Caranya mudah cukup buka aplikasi Google Photos, kemudian pilih opsi Pengaturan. Lalu tap Backup dan Sync, dan pilih periode waktu untuk metode bisa memakai apa saja untuk mencadangkan filenya.

2. Memakai Deleted Photo Recovery Free


Selanjutnya mengembalikan video yang terhapus permanen, bisa dengan aplikasi ini. Kamu lupa untuk mencadangkan file foto kamu pada ponsel, tidak usah panik. Karena, masih ada berbagai macam aplikasi yang bisa membantu kamu untuk mengembalikan foto yang terhapus. Aplikasi ini sudah dipercaya oleh para penggunanya untuk mengembalikan foto yang terhapus dengan mudah dan cepat.

Cara kerja dari apl ini dengan men-scan foto yang telah terhapus dan mengembalikannya pada tempat semula. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan yakni Download terlebih dahulu aplikasi Deleted Photo Recovery Free pada Play Store. Setelah selesai mendownload, kemudian kamu pindai semua foto di ponsel. Dan tunggu beberapa saat sampai aplikasinya selesai mengembalikan file kamu yang terhapus.

3. Menggunakan Aplikasi Dumpster


Cara Selanjutnya untuk mengembalikan foto yang terhapus permanen di android. Bisa memakai Aplikasi Dumpster. Aplikasi Dumpster ini memiliki fungsi yang memudahkan kamu seperti keranjang sampah yang bisa mencadangkan dan juga menyimpan data yang baru saja kamu hapus. So, cara kerja apps ini ialah sebagai tindakan preventif. Kamu tak perlu risau jika ingin membutuhkan lagi file foto yang terhapus di ponsel.

Cara untuk mengembalikan foto/video yang terhapus lewat aplikasi dumpster ini kamu download dulu melalui Toko aplikasi playstore. Jika sudah, buka aplikasinya dan terima syarat juga ketentuan di ponsel. Kemudian pilih jenis file, hapus saja file apa saja dari penyimpanan internal atau eksternal Kamu dan nantinya otomatis aplikasi akan menyimpan file yang dihapus.

4. Mengembalikan File Terhapus dengan DiskDigger Photo Recovery

Selanjutnya untuk mengembalikan foto atau video yang tak sengaja terhapus dengan memakai  DiskDigger Photo Recovery. Terdapat berbagai keunggulan dari aplikasi ini seperti Apl ringan karena ukuran file hanya 2 MB, tak banyak iklan yang mengganggu, Bahkan kamu tidak perlu bantuan sambungan komputer/laptop untuk memulihkan foto yang sudah dihapus di ponsel.

Caranya Menggunakan aplikasinya unduh DiskDigger Photo Recovery di PlayStore. Kemudian, buka aplikasi > pilih Start Basic Photo Scan > Lalu pilih folder yang mau kamu pulihkan. Tunggu sejenak sampai scan selesai dilakukan. Terakhir, aplikasi menemukan dan menunjukkan file yang terhapus dari smartphone. Kamu pilih foto yang mau dipulihkan, dan pilih Revocer button. Foto yang terhapus langsung kembali di penyimpanan ponsel .

Untuk Smartphone yang belum di root, aplikasi ini membatasi mengembalikan File dari cache thumbnail dimana file itu kemungkinan memiliki kapasitas yang rendah ketimbang foto asli. Mengembalikan versi foto asli dengan resolusi penuh cuma bisa dijalankan dengan melakukan Root pada di Ponsel kamu dan memperoleh versi Pro dari aplikasi itu.

5. Mengembalikan Foto Terhapus dengan DigDeep Image Recovery

Cara yang lain untuk mengembalikan Video/Foto yang terhapus di Android yakni memakai bantuan DigDeep Image Recovery. Dengan aplikasi ini, Kamu bisa mengembalikan foto/video/file yang sudah terhapus dari penyimpanan di Android dengan mudah. DigDeep Image Recovery merupakan Apps pemulihan yang ampuh untuk Ponsel dengan melakukan Scan folder penyimpanan yang telah terhapus dan memulihkan dengan cepat. Kamu pertama kali harus mengunduh dan juga menginstal aplikasi DigDeep Image Recovery pada ponsel untuk scanner file pada memori internal dan eksternal di Android.

6. Mengembalikan Foto Pada Memory internal dengan Aplikasi Restore Image

Aplikasi ini adalah apl pengembalian file foto yang cukup membantu. DIbuat oleh AlpacaSoft, aplikasi Restore Image diklaim adalah aplikasi sangat mudah dipakai. Kamu bisa memulihkan File gambar dari kartu memori juga memori telepon dengan cepat. Dan yang paling penting kamu tidak memerlukan akses root untuk menjalankan semua fungsinya.

7. Mengembalikan Foto Terhapus dengan Photo Recovery Workshop

Aplikasi Photo Recovery Workshop ini memastikan kesederhanaan pengguna buat mengembalikan foto-foto yang terhapus di Android. bukan hanya itu saja, bahkan Photo Recovery Workshop bisa mengembalikan bermacam - macam format foto dan video seperti JPEG, PNG, TIFF, GIF, BMP, JPG, TIF, 3GP, juga MP4. Untuk mempergunakan aplikasi ini, kamu cuma harus menginstall aplikasi di Android. kamu bisa download aplikasinya secara cuma-cuma melalui playstore.

Jika kamu ingin mencoba beberapa aplikasi untuk mengembalikan foto dan video yang terhapus di Android secara aman. Ada beberapa referensi lagi yang bisa kamu dapatkan di playstore. berikut daftarnya!
  • Aplikasi Foto yang Dihapus Pemulihan-Pulihkan Gambar
  • EaseUS MobiSaver - Recover Video, Photo & Contacts
  • Restore Image (Super Easy)
  • Photo Recovery App, Deleted video recovery
  • Recover Deleted Photos Deleted Photo Recovery
  • Photo Recovery - Ztool
  • File Recovery - Photo Recovery (Akses Awal)
  • FindMyPhoto – Recover Photos on Android Phones
Demikianlah Pembahasan tentang cara mengembalikan video atau foto yang terhapus permanen di android. Pesan penting untuk kamu adalah jangan pernah lupa ya untuk selalu mem-backup foto dan data penting kamu di Android supaya kamu tak menyesal akibat kehilangannya di kemudian hari.

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>