Cara Membuat Backlink Media Kompasiana (Berkualitas)

Cara Membuat Backlink Media Kompasiana (Berkualitas)
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Backlink Media adalah faktor yang sangat signifikan dalam menentukan rangking sebuah situs di Google. Artinya, jika anda mempunyai situs dan memperoleh posisi yang bagus dari Google, maka adanya backlink memegang peranan yang sangat penting.

Apa Pengertian Backlink?

Pengertian backlink adalah link balik dari website lain yang menuju ke situs anda.  Seperti manusia, branding juga akan semakin baik jika terdapat banyak orang yang merekomendasikan maupun menceritakan  kualitas atau profesionalisme seseorang.  

Hal tersebut berlaku juga pada backlink. Sebuah website akan semakin bagus jika banyak situs lain yang merekomendasikannya dengan cara mencantumkan backlink di dalam situs pemberi rekomendasi. Ilustrasi sederhananya seperti berikut. 

Cara kerja Google pada prinsipnya sama dengan manusia. Ketika anda mencari dokter spesialis jantung untuk berobat, pasti ingin mencari yang paling banyak direkomendasikan orang lain. Anda juga pasti akan mencari tahu sebagus apa dokter tersebut dari review, testimoni, maupun feedback dari masyarakat yang pernah menggunakan jasanya.

Berapa Banyak Backlink Yang Diperlukan?

Pada algoritma Google yang terbaru, dicantumkan bahwa situs pemberi backlink memang harus berkualitas. Kalau tidak, maka nilai backlink yang masuk ke situs Anda juga turut tidak berkualitas. Semakin banyak backlink yang merekomendasikan situs Anda, itu akan semakin baik. Namun Jangan hanya berfokus di kuantitas aja, melainkan juga harus memastikan backlink yang menuju ke situs Anda memang punya reputasi baik. Kalau backlink yang tidak berkualitas terlalu banyak, maka secara ranking juga sulit naik.

1. Faktor Penentu Backlink Berkualitas

Ada faktor penentu backlink berkualitas yang dilihat dari siapa atau situsnya. Berikut ini ada tiga faktor penentu tersebut:

2. Page Rank Situs Pemberi Backlink

Popularitas situs pemberi backlink juga bisa mempengaruhi ranking situs anda di Google. Ini dapat terlihat dari traffic yang datang serta bagaimana scoring dari situs tersebut.

3. Authority Situs Pemberi Backlink

Disini artinya Anda harus memperoleh backlink dari situs yang mempunyai fitur authority yang tinggi. Untuk mengetahuinya, bisa dilihat dari konten dari situs yang memberikan backlink. Periksalah Apakah kontennya original atau tidak.

4. Relevansi Situs Pemberi Backlink

Berikutnya, indikator relevan atau tidaknya situs juga akan berpengaruh terhadap scoring website milik anda. Oleh sebab itu, Anda harus mencari tahu seberapa relevan situs pemberi backlink yang mencantumkan nama situs anda dengan konten yang ada

Tips Memilih Backlink yang Berkualitas

Berikut ini adalah sejumlah tips sederhana yang bisa anda lakukan untuk memilih backlink berkualitas, seperti :

Memeriksa Kualitas Domain

Periksalah kualitas domain mulai dari domain authority (DA),  page authority (PA),  domain rating (DR),  umur domain dan juga sumber yang tertaut pada domain itu. Ada banyak alat yang bisa dipakai untuk memeriksanya, seperti https://ahrefs.com/backlink-checker.  Skor DA dan PA diatas 20 atau lebih cukup bagus untuk dibuatkan backlink ke situs anda

Membuat Konten Yang Unik

Setelah membuat sumber backlink bagus, Tulislah artikel minimal 300 kata dengan link di dalamnya mengandung situs anda. Buatlah unik dan tidak copas supaya tidak terdeteksi oleh serp  pencarian Google.

Menulis Informasi Mendetail

Menuliskan artikel dengan informasi jelas dan baik, akan berpengaruh positif ke situs anda. Kedepannya, akan mampu bersaing serta terindex di mesin pencarian. Dengan demikian, backlink yang mengarah ke website anda akan punya potensi lebih optimal serta berkualitas.

Membuat Backlink Berkualitas Memakai Guest Post

Cara lainnya yaitu dengan guest post,  dan merupakan metode gratis untuk meningkatkan kualitas website seo milik anda. Membuat guest post bisa berbayar maupun gratis,  tergantung dari pemilik situs tersebut. Anda dapat menemuinya di berbagai komunitas blogger maupun menghubunginya secara private. Salah satunya yaitu dengan menuliskan artikel di platform menulis seperti Kompasiana

Cara Membuat Backlink Media Kompasiana

Cara Membuat Backlink Media Kompasiana

Sebagai salah satu platform untuk menulis, Kompasiana juga bisa anda pakai untuk membangun backlink, Seperti gambar diatas. Membuat artikel berkualitas di kompasiana dan mereferensikan situs anda, akan membantu menaikkan rank di google search engine. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara mendaftar di Kompasiana:
  • Buka browser anda baik di komputer maupun handphone, dan kemudian kunjungi situs Kompasiana.com.
  • Jika sudah terbuka, klik daftar yang ada di sebelah kanan atas.
  • Isilah data-data yang diperlukan, mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, serta nomor handphone Anda. Jika sudah, maka klik lanjutkan.
  • Cantumkan alamat email, url akun, ceklis, dan kemudian pilih lanjutkan.
  • URL profil ini adalah nama akun yang diinginkan. Anda dapat menuliskan nama akun misalnya nama sendiri. Contohnya https://kompasiana.com/contoh002.
  • Jika sudah, anda bisa ceklis pada bagian tanda "saya bersedia menerima email terkait akun kg media dan layanannya". Berikutnya, bisa pilih lanjutkan.
  • Isikan kode yang dikirim ke email. Jika sudah, pilih lanjutkan.
  • Lengkapi data diri dengan klik ubah profil. Masukkan alamat, pendidikan, jenis pekerjaan dan kemudian klik simpan.
  • Akun Anda sudah selesai dibuat dan sekarang sudah dapat memulai menulis di Kompasiana
NOTE : Agar Backlink bisa bertahan silahkan membuat artikel dengan benar, Jangan asal-asalan (Hasil Tulisan Sendiri)
Dengan langkah-langkah yang sudah disebutkan, cara pendaftaran yang mudah dan cepat. Anda dapat membuat artikel yang unik dan tidak plagiat. Selanjutnya, bisa menambahkan backlink ke situs Anda.

Memahami pengertian backlink dan cara membuat backlink media di kompasiana berkualitas akan sangat membantu untuk Anda yang berusaha meningkatkan kualitas ranking situs di mesin pencarian. Dengan menggunakan platform Kompasiana, serta rajin menulis artikel di sana dan mencantumkan link ke situs anda, maka dalam beberapa waktu hasilnya akan terasa. Situs anda akan semakin populer di mesin pencarian.

★★★★

  1. Kisna Hafizh J.

    Netizen Budiman

    9 Mei 2022 20.22

    Apakah backlink dari kompasiana itu bagus kak? Soalnya saya sedang mencari-cari situs yang bisa menunjang backlink blog saya... Salam kenal yaa btw kak.

  2. Magelang1337

    Magelang1337

    10 Mei 2022 01.41

    Bagus kok. Kompasiana sendiri memiliki High DA PA dan Gratis. Untuk Mencari situs-situs backlink lainnya kamu bisa mencari disini https://www.magelang1337.com/search/label/Backlink

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>