7 Aplikasi untuk Membuat Aplikasi Android terbaik 2022

7 Aplikasi untuk Membuat Aplikasi Android terbaik 2022
Daftar Isi Artikel

Aplikasi untuk Membuat Aplikasi Android terbaik - Sistem operasi android memang yang paling banyak dipakai oleh smartphone di dunia. Alasannya, pemakaian dari OS ini sangat fleksibel dan mudah digunakan berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Berdasarkan data idc.com, menyebutkan bahwa pengguna Android memiliki jumlah pengguna 85,4% di tahun 2020. Di peringkat kedua disusul iOS dengan persentase 14,6%. Hal tersebut yang membuat banyak developer membangun aplikasi agar laku di antara para pengguna Android ini.

Untuk membuat aplikasi, sekarang ini memang tidak harus karena menguasai bahasa pemrograman.  Ada banyak aplikasi untuk membuat apps Android tanpa harus coding. Mungkin Anda juga ingin membuatnya? akan dijelaskan pada artikel kali ini.

Aplikasi untuk Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding

Bagi Anda yang ingin membuat aplikasi Android namun tidak mengerti bahasa pemrograman, jangan khawatir. Sekarang ini banyak cara untuk bisa membuat aplikasi secara instan. Anda tidak perlu mengetahui dunia coding lebih mendalam karena tentu akan memakan banyak waktu dan tenaga.

Berikut ini beberapa aplikasi yang direkomendasikan:

  1. AppMakr

AppMakr menjadi aplikasi pertama yang direkomendasikan jika ingin membuat aplikasi tanpa harus coding. Anda dapat menggunakannya secara gratis dan merilis aplikasi sesuai nama yang diinginkan. Akan tetapi memang, ada iklan di AppMakr pada setiap aplikasi Android yang dibuat, dan jika tidak ingin muncul maka harus menjadi member premium. Biayanya sebesar USD 1 per bulan untuk 1 user.

Aplikasi ini juga sudah mendukung dalam bahasa Indonesia serta 14 bahasa internasional. Jadi, bila Anda terkendala atau kurang paham bahasa asing, maka tidak usah khawatir untuk mengoperasikannya.

  1. Appery.io

Berikutnya, ada aplikasi Appery.io yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat aplikasi Android secara cepat. Memang, ini merupakan website dan bukan berbentuk aplikasi. Namun, ini bisa menjadi situs yang pertama kali menawarkan untuk pengembangan aplikasi tanpa coding.

Salah satu fitur menariknya yaitu backend service yang terintegrasi dengan banyak opsi api plugin. Appery.io memberikan kemudahan untuk membuat aplikasi dengan tampilan JavaScript. Sehingga, akan membantu Anda dalam membuat aplikasi lebih cepat.

  1. MIT App Inventor

MIT App Inventor adalah proyek dari Universitas Massachuset Institute of Technology (MIT) yang sangat bagus untuk membuat aplikasi Android terutama para pemula. Sistemnya memakai block based programming tools yang akan memudahkan para pemula sekalipun saat membangun aplikasi Android.

Hingga sekarang, MIT App Inventor sudah mempunyai 8,2 juta user. Aplikasi yang dibuat juga hingga mencapai 34 juta apps. Hal menarik saat menggunakannya, yaitu Anda tidak akan dikenakan biaya karena merupakan program dari kampus ternama.

  1. Appy Pie

Cara membuat aplikasi tanpa harus mengerti bahasa coding bisa Anda lakukan dengan Appy Pie. Caranya cukup mudah dengan drag and drop di situsnya secara langsung. Jika sudah selesai, ada pilihan untuk upload baik itu di Appstore maupun Playstore.

Selain bisa membuat aplikasi, ada juga fitur untuk membuat website, chatbot, task automation dan graphic design. Ada tersedia versi gratis, namun di aplikasi Android Anda akan muncul iklan dari Appy Pie. Jika ingin berlangganan atau versi berbayar harganya mulai dari USD 18 perbulan untuk paket basic.

Sementara untuk target platinum, biayanya 60 USD per bulan dengan berbagai fitur lengkapnya. Jika ingin mencoba terlebih dahulu, bisa juga memanfaatkan fitur trial. Kalau sudah tertarik dan cocok, Anda tinggal melanjutkan untuk menjadi member premiumnya.

  1. Jagel.id

Aplikasi berikutnya yang bagus untuk membuat aplikasi Android yaitu Jagel.id. Ini merupakan aplikasi yang berasal dari Indonesia, jadi bagi Anda yang terkendala bahasa asing maka maka bisa memanfaatkannya. Kelebihan Jagel.id, yaitu lebih ramah pengguna, tidak perlu menyewa server serta mengerti bahasa pemrograman.

Paket berlangganannya juga terjangkau, cukup dengan Rp100.000 perbulan Anda dapat memperoleh aplikasi dan membuat sesuai kebutuhan. Jagel.id akan membantu Anda membuat aplikasi hanya melalui smartphone saja. Bahkan, tersedia juga template yang tinggal Anda sesuaikan. Mulai dari aplikasi kurir, ojek online, online shop, jasa, dan sebagainya.

  1. Goodbarber

Goodbarber adalah pembuat aplikasi online yang punya banyak pilihan tema menarik. Ada banyak desain icon yang bagus serta dukungan lebih dari 600 font Google agar aplikasi yang dibuat semakin kece. Selain bisa membuat aplikasi Android, Goodbarber juga dilengkapi fasilitas membuat native apps dan progressive web apps untuk Android atau iOS.

Aplikasi yang sudah dibuat bahkan hingga lebih dari 30.000 apps dan jumlah unduhannya mencapai lebih dari 40 juta. Namun sayang, untuk bisa merasakan aplikasi ini harus membayar biaya berlangganan paling sedikit 30 euro per bulan. Anda yang punya dana lebih, bisa mencobanya.

  1. AppMachine

AppMachine memang memakai web based untuk dapat membangun aplikasi di sini, jadi mengharuskan untuk login dahulu. Tidak hanya bisa membuat aplikasi Android saja, dengan AppMachine juga bisa membangun aplikasi yang support iOS.

Tampilan antar mukanya mudah dipahami dengan drag and drop serta kombinasi blok-blok building. Hal tersebut akan membuat Anda bisa membangun aplikasi dengan lebih mudah.

Agar dapat menikmati semua fitur menarik, Anda harus berlangganan dan bisa secara bulanan. Harga paling hemat yaitu USD 49 per bulan. Dengan jumlah tersebut Anda bisa mendapatkan berbagai fitur mulai dari app preview, analytics, plus blocks, push notification dan sebagainya.

Berbagai aplikasi untuk membangun apps android yang telah disebutkan, bisa mulai Anda coba. Siapa tahu, nantinya bisa membangun aplikasi bermanfaat dan laku di Playstore. Dengan begitu, bisa melakukan monetisasi dan memperoleh uang dari aplikasi buatan Anda.

★★★★

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>