Fakta Tentang Chrome untuk Windows XP


Apakah Anda salah satu orang yang masih menggunakan perangkat komputer dengan sistem operasi Windows XP dan Vista? Jika Ya, Anda harus menerima kenyataan untuk tidak dapat menikmati Chrome lagi. Namun, bukan berarti kedua pengguna sistem operasi tersebut tidak dapat mengakses Chrome lagi, mereka masih dapat mengakses Chrome tapi tidak bisa mendapatkan Chrome versi terbaru. Padahal mendapatkan update Chrome untuk versi terbaru dapat memperbaiki bug serta meningkatkan keamanan dalam penggunaan browser tersebut.

Chrome Berhenti untuk Windows XP sejak 2016



Update browser untuk Chrome di Windows XP dan Vista sudah dihentikan sejak April 2016. Kini kedua sistem operasi tersebut tidak lagi mendapatkan update Chrome terbaru. Dengan tidak adanya update terbaru untuk Chrome, Mark Pawliger, selaku Director of Engineering mengungkapkan bahwa Chrome akan rentan terhadap serangan malware atau virus yang bisa merusak sistem dan mencuri data.

Oleh sebab itu, untuk menghindari virus yang bisa menyerang perangkat, diharapkan setiap pengguna perangkat komputer mengganti sistem operasi mereka, misalnya dengan Windows 7, 8, hingga 10. Sehingga akan terus mendapatkan peramban browser Chrome versi terbaru yang menawarkan tingkat keamanan lebih tinggi.

Google Hentikan Gmail pada Chrome untuk Windows XP

Dilansir dari laman CNN Indonesia, mulai akhir tahun 2017 yang lalu Google telah menghentikan dukungan layanan Gmail untuk perangkat Windows XP dan Vista pada Chrome. Hal ini lakukan karena peramban Chrome yang digunakan untuk kedua sistem operasi tersebut dianggap telah usang. Hal ini disebabkan karena sejak April 2016, Microsoft telah menghentikan update Chrome untuk Windows XP dan Vista yang membuat keduanya tidak mendapatkan update versi terbaru.

Bagaimana jika masih ada pengguna yang mengakses Gmail dengan Chrome di Windows XP dan Vista? Pengguna masih bisa mengakses Gmail pada kedua sistem operasi tersebut. Namun, secara otomatis Google akan mengarahkan pengguna menuju halaman HTML basic. Hal ini membuat tampilan Gmail tidak sempurna.

Tak hanya itu saja, meskipun masih bisa diakses, namun Google tidak menjamin keamanan data yang dikirimkan atau disimpan dalam drive menggunakan layanan Gmail Chrome untuk Windows XP dan Vista. Dengan tidak mendapatkan versi update, Chrome sangat rentan terhadap serangan malware atau virus. Hal inilah yang menyebabkan tingkat keamanan dalam berbagi pesan melalui email menjadi menurun. Data pribadi dalam gmail bisa diakses pihak ketiga ketika perangkat terinfeksi virus.



Update Chrome Terbaru

Karena Chrome untuk Windows XP sudah tidak mendapatkan update versi terbaru, maka jika Anda ingin mendapatkan Chrome dengan versi terbaru, ganti terlebih dahulu sistem operasi Windows pada perangkat Anda. Misalnya, dari Windows XP ganti ke Windows 7 / 8 atau Windows 10. Setelah sistem operasi sudah mendukung versi update, lakukan langkah-langkah berikut untuk mengupdate Chrome dengan versi terbaru.

1. Buka Google Chrome pada perangkat komputer Anda. 
2. Kemudian di bagian pojok kanan atas, klik tombol “Titik Tiga”, maka halaman akan menampilkan menu berbagai pilihan secara puldown. 
3. Selanjutnya, klik “Bantuan”. Kemudian pilih “Tentang Google Chrome”. Maka Chrome akan menampilkan informasi Chrome versi terbaru. Anda bisa langsung mengunduh dan menginstalnya. Namun, jika Chrome yang Anda gunakan saat ini sudah versi terbaru, maka Chrome akan menampilkan informasi “Ini adalah Google Chrome Versi Terbaru”. 
4. Tunggu proses download Chrome versi terbaru selesai dan Anda bisa menikmati browser Chrome versi terbaru. 

Mudahkan? Nikmati kenyamanan menggunakan Chrome versi terbaru untuk perangkat Anda. 

Kelebihan Menggunakan Google Chrome

Tidak banyak yang mengetahui kelebihan Google Chrome dibandingkan platform browser yang lain, diantaranya yaitu:

1. Memiliki desain yang minimalis
Google Chrome memiliki tampilan yang lebih simpel dan sederhana. Laman Chrome hanya menampilkan beberapa menu utama yang ditampilkan dalam bentuk sebuah ikon. Dengan tampilan yang minimalis ini, sebenarnya bertujuan untuk membuat pengguna lebih nyaman dalam menggunakannya. Pengguna bisa leluasa melakukan aktivitas browsing dengan nyaman tanpa terganggu dengan menu-menu browser yang banyak. 

2. Lebih hemat RAM
Penggunaan Google Chrome untuk aktivitas browsing tidak membutuhkan sumber daya yang besar. Hal ini tentunya menguntungkan bagi Anda yang memiliki perangkat dengan kapasitas memori yang rendah. Dengan menggunakan Chrome untuk browsing tidak akan memakan space memori yang terlalu besar. Chrome adalah peramban browsing yang ringan, sehingga nyaman digunakan untuk melakukan berbagai pencarian di internet. 

3. Pencarian baru di tab terpisah
Sadarkah Anda, bahwa pencarian baru yang Anda akses di Chrome akan muncul pada tab terpisah. Sehingga Anda masih bisa melihat halaman utama Chrome yang masih baru untuk mengakses laman yang lainnya. Dengan tab pencarian terpisah yang berjalan otomatis ini, sebenarnya bertujuan untuk meminimalisir terkena dampak ketika salah satu laman atau tab mengalami gangguan (crash). Sehingga ketika satu tab mengalami crash, maka laman lain yang terbuka tidak ikut terdampak. 

4. Address bar langsung Google
Ada banyak laman pencarian, namun yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah Google. Menggunakan Chrome juga memberikan keuntungan pada Anda, karena laman pencarian yang Anda gunakan langsung terhubung pada Google. Address bar yang dimiliki Chrome sudah secara otomatis tersetting Google. Sehingga Anda tidak perlu mengetikan ulang google.com untuk masuk ke halaman Google. 

5. Sudah terintegrasi dengan IDM (Internet Download Manager)
Menguntungkan juga bagi Anda yang suka mendownload berbagai file di google. Dengan menggunakan Chrome, Anda sudah langsung terintegrasi dengan software download yaitu IDM (Internet Download Manager). Anda tidak perlu menginstal aplikasi download lain untuk mengunduh file yang ingin Anda download, misalnya video. 

6. Memiliki banyak dukungan aplikasi
Chrome juga mendukung berbagai aplikasi yang bisa dinikmati, mulai dari aplikasi Flash hingga aplikasi kostumisasi untuk tampilan Chrome agar lebih menarik. Aplikasi dukungan ini akan semakin bertambah dan diperbarui bersamaan dengan pembaharuan versi Chrome. Jadi, pastikan Anda selalu mengupdate Chrome ke versi terbaru setiap kali Chrome melakukan pembaharuan. 

7. Mampu mendeteksi kata kunci
Chrome mampu mendeteksi kata kunci secara langsung pada halaman pertama Chrome. Ketika Anda mengetikan satu kata, maka Chrome akan menampilkan beberapa keyword yang berkaitan secara langsung, tanpa harus masuk ke google.com terlebih dahulu. Hal ini tentu lebih memudahkan Anda dalam pencarian kata kunci terpopuler 

8. Memiliki banyak tema untuk membuat tampilan menarik
Jika bosan dengan tampilan Chrome tema standar, Anda juga dapat menggantinya dengan berbagai pilihan tema yang sudah disediakan Chrome. Anda bisa menentukan sendiri, tema favorite yang ingin Anda pakai, sehingga membuat Anda semakin nyaman melakukan aktivitas browsing di Chrome.

Nah, itulah beberapa informasi dan fakta tentang penghentian Chrome untuk Windows XP. Oleh sebab itu, jika ingin menikmati fitur Chrome secara lengkap, segera ganti Windows XP dan Vista ke versi lain untuk melakukan update Chrome versi terbaru. 


DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.magelang1337.com. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel