Inilah yang Perlu Dipersiapkan Ibu Hamil Jelang Kelahiran


Moment kelahiran adalah moment istimewa yang ditunggu-tunggu pasangan suami istri. Sebagai calon ibu, Anda harus mempersiap segala perlengkapan kelahiran, baik secara mental maupun fisik. Namun, mendekati masa-masa melahirkan kerap kali wanita menjadi pahik dan bingung apa yang harus dipersiapkan. Jika saat ini Anda sedang dalam masa-masa kehamilan, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda siapkan jelang kelahiran buah hati.

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Jelang Kelahiran


Persiapkan beberapa hal berikut ini, agar proses kelahiran bayi Anda berjalan dengan lancar.

1. Menentukan rumah sakit dan dokter
Jauh sebelum waktu melahirkan tiba, pilihlah dulu rumah sakit mana yang akan Anda datangi. Carilah juga dokter kandungan yang tepat untuk membantu persalinan Anda nantinya. Anda bisa memilih rumah sakit dan dokter yang sama dengan rumah sakit dan dokter konsultasi masa kehamilan Anda.

Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter pilihan Anda dan mengajukan permohonan agar dokter yang Anda pilih membantu persalinan Anda nantinya. Dengan mempersiapkan rumah sakit dan dokter sedari awal, Anda akan lebih tenang ketika waktu melahirkan nanti. Karena sudah jelas rumah sakit yang dituju dan dokter yang akan menanganinya.

Dalam pemilihan rumah sakit maupun dokter kandungan, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal. Misalnya jarak rumah sakit dengan rumah Anda. Pastikan rumah sakit yang Anda pilih tidak jauh dengan tempat tinggal Anda, sehingga mempermudah Anda untuk menuju ke rumah sakit di waktu persalinan tiba.

2.Siapkan tas yang berisi barang penting menjelang kelahiran
Selalu bawa tas khusus yang berisi perlengkapan melahirkan yang akan Anda butuhkan saa waktunya tiba. Anda mungkin telah mengetahui kapan Anda akan melahirkan. Meskipun telah memiliki perkiraan waktu, namun pada beberapa kasus tertentu ternyata perkiraan tanggal bisa meleset dan kelahiran dapat terjadi kapan saja.

Oleh sebab itu, Anda perlu mempersiapkan perlengkapan yang mendukung persalinan sejak dini. Beberapa barang yang perlu Anda masukkan dalam tas khusus tersebut yaitu:

- Minyak pijat, siapkan minyak pijat atau aromaterapi ke dalam tas sehingga mudah dibawa kemana-mana. Minyak pijat dapat Anda gunakan sebagai pemijatan menjelang kelahiran agar lebih rileks.

- Pakaian santai, jangan lupa sediakan baju ganti di dalam tas sehingga bisa dibawa kemana-mana. Misalnya dengan membawa daster tidur, yang bisa Anda gunakan sebagai baju ganti ketika sedang berada di luar rumah. Dengan memakai baju santai akan mempermudah Anda dalam proses persalinan nanti.

- Bawa pita rambut, jika Anda memiliki rambut panjang, jangan lupa membawa pita rambut setiap saat. Agar tidak mengganggu proses persalinan, kuncirlah rambut Anda. Bahkan banyak ibu hamil yang mendekati masa kelahiran, sengaja memotong pendek rambutnya agar tidak menggangu saat kelahiran buah hati.

Tidak hanya 3 barang di atas, Anda bisa membawa barang-barang lain yang akan Anda butuhkan saat persalinan. Setiap orang tentu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

3. Persiapkan mental dan fisik dengan ikut kelas persiapkan melahirkan
Tak hanya menyiapan barang-barang pendukung persalinan, Anda juga bisa menyiapkan diri Anda sendiri menghadapi persalinan. Siapkan fisik dan mental Anda dengan mengikuti kelas persiapkan melahirkan. Dengan mengikuti kelas tersebut, Anda bisa memiliki pengetahuan cara dan tips melahirkan, mulai dari teknik pernapasan hingga relaksasi.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang hambatan-hambatan yang terjadi menjelang kelahiran dan cara mengatasinya. Dengan persiapan pengetahuan yang Anda miliki, Anda akan menjadi lebih siap dan tenang menghadapi kelahiran buah hati. Sikap tenang tersebut bukan hanya baik untuk persiapan fisik ibu hamil namun membuatnya siap secara mental juga.

4.Memilih orang-orang untuk menemani Anda
Memilih orang-orang untuk mendampingi Anda saat persalinan adalah faktor penting yang tidak boleh Anda abaikan. Selain meminta suami untuk mendapingi, Anda juga bisa meminta beberapa orang yang Anda inginkan untuk menemani Anda nantinya. Misalnya, orang tua, saudara, atau bahkan teman dekat Anda.

Hadirnya seseorang yang Anda inginkan selama proses persalinan nanti, dapat mempengaruhi kondisi psikologis Anda. Misalnya Anda merasa lebih tenang karena dikelilingi oleh orang-orang yang membuat Anda nyaman. Dengan begitu, Anda akan lebih siap menghadapi persalinan dari dukungan orang-orang tersayang.

Jadi, sudah tahukan apa saja yang harus Anda persiapan menjelang kelahiran buah hati? Itulah hal-hal yang perlu dipersiapkan ibu hamil jelang kelahiran buah hati. Sebagai seorang suami, bantu istri Anda yang sedang hamil untuk mempersiapkan hal-hal yang mendukung persalinannya nanti.
DONASI VIA PAYPAL Terima Kasih Telah Berkunjung Jika artikel ini bermanfaat. Bantu Berikan Donasi untuk memperpanjang domain www.magelang1337.com. Thanks..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel