Rekomendasi Makanan Sehat Ibu Hamil Agar Bayi Pintar


Setiap orang tua tentu ingin memiliki anak yang cerdas dan pintar. Perkembangan kognitif anak dibentuk dari sejak di dalam kandungan. Itulah sebabnya, banyak ibu hamil yang melakukan berbagai hal selama masa kehamilan untuk mendukung kecerdasan buah hatinya. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kecerdasan bayi yaitu makanan. Asupan makanan yang dikonsumsi ibu hamil dapat mempengaruhi perkembangan kognitif anak.

Tahukah Anda, ada beberapa makanan yang ternyata mampu meningkatkan kemampuan kognitif anak, sehingga setelah lahir nanti anak menjadi cerdas dan pintar. Berikut beberapa rekomendasi makanan sehat ibu hamil yang bisa Anda konsumsi.


Rekomendasi Makanan Sehat Ibu Hamil


Jika ingin membuat buah hati cerdas secara alami atau sejak lahir, Anda dapat mendukungnya dengan mengonsumsi makanan sehat selama proses kehamilan. Nah, berikut beberapa makanan sehat yang direkomendasikan untuk meningkatkan kecerdasan anak.

  1. Ikan yang mengandung Asam Lemak Omega 3
Tahukah Anda, asam lemak Omega 3 adalah salah satu zat yang mempengaruhi perkembangan otak anak sejak dalam kandungan. Salah satu jenis ikan yang mengandung Omega 3 yaitu Salmon. Jika ingin buah hati Anda sehat dan pintar, seorang  ibu hamil perlu mengonsumsi ikan salmon sebagai menu makanan sehari-harinya. Disarankan untuk setidaknya mengonsumsi dua porsi atau lebih ikan Salmon setiap minggunya.

  1. Blueberry
Selain Salmon, makanan penting yang mendukung kecerdasan anak yaitu Blueberry. Tak hanya Blueberry, Anda juga bisa mengonsumsi buah lain yang termasuk gologan buah berry seperti Raspberry, Stroberry, dan Blackberry. Buah berry yang Anda konsumsi kaya akan antioksidan yang dapat membantu perkembangan kognitif anak selama dalam kandungan.

  1. Sayuran Hijau
Tak hanya memberikan nutrisi pada makanan sehari-hari, sayuran berdaun hijau juga baik untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya, khususnya untuk mendukung perkembangan kognitif anak. Sayuran hijau yang dikonsumsi selama masa kehamilan, dapat menjaga otak bayi dari kerusakan jaringan otak.  Tak hanya baik untuk otak, asam folat yang terdapat di dalam sayuran hijau mampu mengurangi risiko cacat syaraf, cacat jantung, dan bibir sumbing.

  1. Kacang Almond
Kacang almond mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan, mulai dari lemak sehat (Omega 3), Magnesium, Protein, dan Vitamin E. Kandungan Omega 3 di dalam Almond dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak bayi. Disarankan kepada ibu hamil untuk mengonsumsi kacang almond setiap hari untuk mendukung kecerdasan anak ketika lahir. Alternatif lain jika tidak ada kacang Almond, dapat juga mengonsumsi Walnut yang juga mengandung Omega 3.

  1. Telur
Rekomendasi makanan sehat ibu hamil selanjutnya yaitu telur. Kandungan kolin (asam amino) yang terdapat dalam telur mampu membantu perkembangan otak anak dan meningkatkan memori. Telur merupakan sumber protein tinggi yang rendah kalori sehingga mampu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Disarankan untuk mengonsumsi telur rebus.

  1. Biji Labu
Mungkin banyak orang, khususnya ibu hamil yang tidak mengetahui manfaat biji labu untuk kecerdasan janinnya. Biji labu mengandung seng yaitu mineral yang membantu membentuk struktur otak. Hal inilah yang membantu perkembangan kecerdasan otak dalam memproses informasi. Tak hanya itu saja, biji labu juga terkenal sebagai sumber antioksidan yang mampu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

  1. Yogurt
Sumber makanan yang berfungsi untuk meningkatkan kecerdasaan buah hati sejak dalam kandungan dapat diperoleh juga dari Yogurt. Yogurt mengandung protein yang berperan membentuk sel saraf pada bayi selama dalam kandungan. Hal ini membantu meningkatkan perkembangan kognitif bayi. Makanan probiotik ini juga membantu dalam perkembangan tulang bayi dengan adanya kandungan kalsium di dalamnya. Disarankan untuk mengonsumsi Yogurt Yunanai, kaena mengandung yodium yang cukup sehingga membantu menyeimbangkan berat badan anak.

  1. Minyak Ikan
Minyak ikan juga berperan penting pada perkembangan kognitif anak. Kini, minyak ikan disajikan dalam bentuk kapsul sehingga mudah dikonsumsi setiap saat. Ikan yang digunakan dalam produk ini pada umumnya adalah ikan kod. Mengonsumsi minyak ikan secara rutin dapat meningkatkan perkembangan otak dan penglihatan.

  1. Ubi
Terakhir, makanan yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan kecerdasan otak anak yaitu Ubi. Ubi mengandung banyak Vitamin A yang berperan dalam membentuk kesehata sel pada janin. Disarankan untuk mengonsumsi Ubi setiap hari, khususnya di pagi hari sebagai sarapan pengganti nasi.


Nah, demikianlah beberapa rekomendasi makanan sehat ibu hamil untuk meningkatkan kecerdasan anak sejak dalam kandungan. Perhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi, karena setiap makanan yang masuk akan mempengaruhi kesehatan Anda maupun buah hati Anda. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel