Iklan Billboard 970x250

Tips Untuk Mengatasi Pembengkakan Saat Kehamilan

Tips Untuk Mengatasi Pembengkakan Saat Kehamilan


Salah satu hal yang cukup identik terjadi ketika kehamilan adalah pembengkakan tangan dan kaki. Ini membuatnya sulit dan tidak nyaman karena ukuran kaki dan tangan yang tumbuh tiba-tiba.

Pembengkakan ini sendiri biasanya dipicu oleh dua penyebab, yaitu karena retensi air dalam tubuh dan peningkatan volume darah. Dilansir dari Boldsky, berikut adalah sejumlah cara untuk menyembuhkan pembengkakan yang terjadi saat hamil.

1. Sering Bergerak

Jika Anda berhenti bergerak sama sekali, maka ada kemungkinan lebih besar mengalami pembengkakan selama kehamilan. Duduk terlalu lama jelas meningkatkan retensi air dalam tubuh, inilah yang memicu pembengkakan. Jadi rajinlah berjalan atau melakukan latihan yang direkomendasikan oleh dokter Anda.

2. Berendam

Mandi & berendam di air atau berenang dapat membantu Anda merasa lebih ringan dan ceria. Jika kondisi Anda tidak memungkinkan Anda untuk berenang, merendam tubuh di bak mandi juga bisa membantu. Namun pastikan airnya tidak terlalu panas karena air panas tidak baik untuk ibu hamil.


3. Meluruskan kaki

Duduk di kantor atau rumah untuk waktu yang lama dapat menyebabkan kaki membengkak. Tubuh Anda perlu melakukan peregangan agar sirkulasi darah lancar. Jadi letakkan bangku kecil di bawah meja Anda sehingga kaki Anda bisa bersandar dan tidak terus membungkuk.

4. Posisi Tidur Miring Kekiri

Berbaring menghadap ke kiri membantu meningkatkan sirkulasi darah. Cobalah berbaring di sisi kiri sesering mungkin karena ini dapat mengurangi pembengkakan secara efektif.

5. Mengurangi Asupan Garam

Ketika Anda hamil, tubuh cenderung mempertahankan lebih banyak air atau disebut edma. Garam seperti yang Anda tahu, menyimpan lebih banyak air dalam tubuh. Jadi kurangi asupan garam Anda untuk mengurangi pembengkakan selama kehamilan.

Sejumlah hal di atas dapat membantu Anda mengatasi masalah pembengkakan yang dialami selama kehamilan. Dengan melakukan metode sederhana ini, tubuh Anda bisa bebas dari pembengkakan saat hamil.



Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Iklan post tengah