Kosongkan RAM Android Dengan 5 Cara ini


Sudah Bukan menjadi rahasia umum bahwa pengguna smartphone dengan Android sering menghadapi masalah terkait dengan RAM. Karena, berapa pun kapasitas RAM yang dimiliki smartphone, mereka cenderung merasa bahwa mereka masih kekurangan dan menginginkan sesuatu yang lebih besar.

Namun pada kenyataannya, selain masalah yang disebutkan di atas, kami juga sering menghadapi masalah smartphone lain dengan Android, yang masih terkait dengan RAM. Hanya saja kita tidak menyadarinya, jadi kita cenderung mengabaikan masalah ini.

Misalnya, sebagai aplikasi Gmail yang membutuhkan waktu lebih lama untuk memuat email, aplikasi yang berhenti merespons secara tiba-tiba, aplikasi yang keluar secara otomatis, keterlambatan dalam permainan, dll. Semua masalah yang berkaitan dengan RAM, sering dianggap sebagai kondisi normal, untuk smartphone Android.

Memang benar, masalah ini tidak terlalu menyebalkan, sehingga sering diabaikan. Namun, seiring waktu ketika masalah kecil ini sering berulang, mungkin membuat kita berpikir untuk mengganti Smartphone kita. Bahkan, alih-alih membuang-buang uang untuk membeli Smartphone baru, untuk masalah seperti itu Anda hanya perlu mengosongkan RAM perangkat Anda.

Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk membeli Smartphone baru, akan lebih baik bagi Anda untuk membaca ulasan kami terlebih dahulu kali ini. Karena, dalam artikel ini kita akan mengulas secara menyeluruh, sekitar 5 cara mengosongkan RAM Smartphone Android Anda. Jadi Anda bisa menghindari masalah yang berkaitan dengan RAM. Inilah ulasannya:

1. Bersihkan Aplikasi Terakhir Digunakan

Anda perlu tahu bahwa RAM adalah jenis memori jangka pendek (Short-Term Memory) untuk semua perangkat, yang menyimpan data tentang semua aplikasi yang baru saja Anda gunakan. Jadi, membersihkan RAM dari aplikasi yang terakhir dibuka, dapat bermanfaat untuk mempercepat kinerja Smartphone Android Anda.

Cara membersihkan atau menutup semua apl yang dibuka yang terakhir, dengan menekan Tombol RecentApps (aplikasi baru-baru ini), biasanya di sebelah kanan bawah skrin Smartphone Android. Selepas pemilihan aplikasi yang telah dibuka paling baru, tekan tombol 'Tutup Semua' atau tanda silang. Dan proses pembersihan akan berjalan sendiri.

2. Tutup Aplikasi Yang Berjalan DiLatar Belakang

Cara lain untuk mengosongkan RAM, adalah dengan menutup atau menghentikan aplikasi yang berjalan sendiri atau di latar belakang. Metode ini jelas sangat aman, sehingga Anda dapat menggunakan metode ini, jika Anda ingin mengosongkan RAM Android Smartphone Anda.

Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu pergi ke Pengaturan> Aplikasi> Aplikasi yang Dipasang. Kemudian, klik aplikasi yang diinstal untuk melihat detailnya. Jika Anda melihat tombol 'Force Stop' dapat diklik, itu artinya aplikasi berjalan sendiri. Jadi, yang perlu Anda lakukan adalah menekan tombol Force Stop.

3. Hindari Penggunaan Widget Atau Live Wallpaper

Memang benar, widget dan wallpaper dapat mempercantik layar Smartphone Android Anda. Namun, setiap widget dan wallpaper hidup yang Anda gunakan, menggunakan RAM untuk dapat berjalan bahkan ketika ponsel Anda tidak digunakan. Tidak hanya RAM, tetapi penggunaan widget dan wallpaper hidup yang berlebihan, dapat mengurangi kualitas baterai.

4. Matikan Animasi & Transisi

Sistem Operasi Android menggunakan animasi dan transisi. Namun, efek animasi dan transisi ini dapat membuat RAM dan CPU terganggu. Ini tidak hanya mengisi RAM, tetapi juga efek animasi dan transisi, juga membebani baterai Smartphone Anda. Jadi, coba buka pengaturan> Opsi Pengembang, lalu cari 'Skala Animasi Windows', 'Skala Animasi Transisi', dan 'Skala Durasi Animator'.

Buka salah satu opsi ini lalu pilih opsi 'Animasi Off'. Namun, menonaktifkan animasi dan transisi akan sepenuhnya menonaktifkan animasi, sehingga dapat menyebabkan perilaku aneh atau tidak biasa dari perangkat Anda.

5. Gunakan Aplikasi Pembersih RAM

Jika Anda ingin mencoba keempat metode di atas, maka Anda tidak memerlukan aplikasi pembersih RAM. Sebab, aplikasi ini memiliki cara kerja yang tidak berbeda, yaitu menutup aplikasi yang berjalan sendiri. Tetapi, jika Anda ingin mencoba menginstal aplikasi untuk membersihkan RAM, maka Anda dapat mencoba aplikasi seperti Clean Master, CCleaner, DU Speed ​​Booster, dan sebagainya.

Tidak hanya membersihkan atau mengosongkan RAM, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengelola aplikasi yang dapat berjalan sendiri, menghapus cache, membersihkan file sampah, membasmi virus, dll.
DONASI VIA PAYPAL Terima Kasih Telah Berkunjung Jika artikel ini bermanfaat. Bantu Berikan Donasi untuk memperpanjang domain www.magelang1337.com. Thanks..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel