Cara Setting VPN di Windows 10

Virtual Private Network atau VPN adalah cara untuk melindungi data pribadi di dunia maya, dengan menghubungkan perangkat ke banyak titik akses di berbagai lokasi. Semakin banyak pengguna yang melek privasi digital dan beralih menggunakan VPN untuk mengakses internet setiap hari.

Pada dasarnya, jika Anda menginstal aplikasi VPN, Anda dapat langsung mengakses jaringan VPN dengan antarmuka yang praktis. Namun, bagi sebagian pengguna yang ingin menghemat penyimpanan internal mereka, menggunakan VPN secara manual adalah pilihan terbaik tanpa perlu menginstal aplikasi VPN itu sendiri, apa pun layanan VPNnya.



Sebelum Anda dapat menggunakan VPN di Windows 10 tanpa menginstal aplikasi VPN apa pun, Anda harus terdaftar terlebih dahulu dengan layanan VPN, baik gratis maupun berbayar. Ini diperlukan karena konfigurasi Windows 10 VPN akan meminta Anda untuk rincian login dalam bentuk nama pengguna dan kata sandi akun VPN Anda.

Mendaftar Layanan VPN


Ada banyak layanan VPN gratis yang dapat Anda coba, seperti hide.me, Tunnelbear, dan lainnya. Sedangkan layanan VPN berbayar (VPN premium) seperti NordVPN, ExpressVPN, IPVanish, dll. Dibutuhkan biaya berlangganan bulanan / tahun, dengan keunggulan jaringan yang lebih stabil dan kecepatan transfer yang lebih baik.

Jika Anda sudah mendaftarkan akun dengan layanan VPN yang dipilih, Anda dapat melanjutkan dengan langkah berikutnya.

Baca Juga : Cara Mengatasi VPN Tidak Berfungsi di Komputer

Cara Setting VPN di Windows 10

Pertama, daftarkan nama pengguna dan kata sandi akun VPN Anda. Kemudian, ikuti langkah-langkah ini di PC atau laptop Anda dengan Windows 10:



Buka Pengaturan >  Network & Internet > VPN > Add a VPN Connection

Kemudian isi info di kotak dialog yang terbuka, mulai dari:

VPN provider: Windows (built-in)

Connection name: Nama koneksi yang Anda inginkan, misalnya "Test12"

Server name or address: Server yang akan Anda gunakan diambil dari akun VPN yang sebelumnya Anda daftarkan

VPN type: Automatic

Type of sign-in info: User name and password

Nama pengguna: Isi nama pengguna VPN Anda

Kata Sandi: Isi kata sandi VPN Anda

Centang kotak “Remember my sign-in info”, lalu klik tombol Simpan


Baca Juga : Cara Memperbaiki Komputer Suka Mati Sendiri

Gunakan koneksi VPN yang telah dibuat


Setelah membuat profil VPN, Anda dapat menggunakan jaringan VPN. Caranya adalah dengan mengklik nama koneksi yang sebelumnya dikonfigurasi, dalam hal ini "Test123". Klik tombol "Connect" dan Anda sudah terhubung ke jaringan VPN tanpa aplikasi tambahan.

Mengubah atau hapus akun VPN

Jika Anda ingin mengubah detail akun VPN sebelumnya, Anda dapat melakukannya dengan mengeklik tombol “Advanced options” dan “Edit”. Ini berguna jika akun VPN Anda telah kedaluwarsa atau Anda hanya ingin memperbarui rincian akun VPN, misalnya, mengubah layanan VPN, server VPN, mengubah nama pengguna, dll.



DONASI VIA PAYPAL Terima Kasih Telah Berkunjung Jika artikel ini bermanfaat. Bantu Berikan Donasi untuk memperpanjang domain www.magelang1337.com. Thanks..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel