Widget HTML Atas

5 Aplikasi Edit Video PC Gratis 2020


Akhir-akhir ini banyak orang yang tertarik menjadi seorang content creator, salah satunya sebagai youtuber. Namun, tak hanya bermodalkan kamera canggih untuk membuat video, kamu juga perlu memiliki software editing untuk membuat hasil videomu semakin keren sebelum diunggah. Beberapa orang mengabaikan proses editing, yang disebabkan karena tidak tahu software apa yang bisa digunakan maupun karena tidak memiliki keahlian untuk mengedit video.

Seperti diketahui saat ini penggunaan aplikasi edit video dengan menggunakan PC sangat penting untuk membuat film. Bukan hanya orang yang ahli dalam bidang filmografi saja. Namun, saat ini penggunaan aplikasi edit video sudah bisa digunakan oleh masyarakat luas. Bahkan dengan bantuan aplikasi video ini semua video yang akan ditampung atau ditayangkan menjadi enak saat dilihat. Dan yang paling penting bahwa aplikasi edit video film ini tidak membebani memory di laptop maupun komputer kamu. Karena aplikasi video editing ini cukup ringan saat di download dan penginstalannya pun juga sangat mudah.

Namun, jangan menyerah dulu karena saat ini ada banyak software editing video yang akan membantumu mempercantik video yang sudah kamu rekam. Berikut ini beberapa aplikasi edit video PC gratis 2020 yang bisa kamu gunakan.

5 Aplikasi Edit Video PC Gratis 2020

Mengedit video dengan menggunakan software dekstop akan menghasilkan hasil yang lebih baik daripada menggunakan ponsel. Nah, berikut ini beberapa aplikasi edit video di PC yang bisa kamu install.

1. AVS Video Editor


Aplikasi AVS video editor ini memiliki keunggulan yaitu Video Cache. Dengan keunggulan ini, kamu bisa mengedit video dengan resolusi Full HD dengan cepat dan lancar. Selain itu kelebihan lainnya yaitu memiliki fitur-fitur pendukung seperti input teks, cropping, memisahkan video, dan memasukan audio pada video.

AVS Video Editor adalah salah satu software editing video via PC yang cukup terkenal dan digunakan banyak orang. Aplikasi ini juga diklaim sebagai software PC terbaik karena mampu berjalan pada komputer dengan spesifikasi cukup (pas-pasan). Kamu bisa menghasilkan video kualitas HD dengan 300 efek & transisi yang bisa kamu gunakan. Fitur lain yang bisa kamu manfaatkan yaitu memisahkan video, menambahkan teks, memoyong, hingga menambahkan audio dalam video.

Spesifikasi: Memiliki ukuran file 155.58 MB. Mendukung RAM minimal 2 GB atau diatasnya. Dapat berjalan dalam komputer dengan Sistem Operasi Windows XP, 2003, Vista, 7, 8, 8.1, hingga Windows 10.

2. Corel Video Studio


Tak hanya AVS Video Editor, kamu juga bisa menginstal Corel Video Studio di PC-mu. Aplikasi ini menawarkan kecepatan proses render yang tinggi hingga 64 bit. Kamu bisa menghasilan video berkualitas HD atau 4K dalam waktu yang cepat. Corel Video Studio mempunyai tampilan yang lebih sederhana, sehingga mudah digunakan oleh setiap orang, bahkan yang belum mahir dalam mengedit video.

Spesifikasi: Ukuran file 6 MB. Dapat berjalan pada Sistem Operasi Windows Vista, XP, 7, dan 8. Mendukung RAM 2 GB atau di atasnya. 

3. Adobe Premiere Pro


Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi edit video yang paling populer di tahun 2020. Fitur-fitur yang digunakannya pin sangat beragam dan mudah. Aplikasi yang dikembangkan oleh adobe ini sering digunakan oleh profesional untuk melakukan editing video.

Tak kalah menarik dari kedua aplikasi di atas, Adobe Premiere Pro juga menawarkan fitur terbaiknya dalam pengolah video. Software ini mampu mengcapture video langsung dari camcorder yang terhubung pada PC atau laptop. Kamu juga bisa dengan mudah menambahkan judul dengan mode "3 title". Setidaknya ada 99 kolom video dan audio yang bisa kamu gunakan, artinya kamu dapat menggabungkan video atau audio hingga berjumlah 99. Fitur lain yang tak kalah menarik yakni efek overlight, zooming, dan efek editing lainnya.

Spesifikasi: File size 1 GB. Mendukung RAM 4GB atau di atasnya. Dapat berjalan di semua sistem operasi Windows.

4. Lightworks


Aplikasi edit video 2020 yang bisa kamu gunakan selanjutnya yaitu Lightworks. Software editing video gratis ini memiliki tampilan yang sederhana, sehingga mudah digunakan oleh pemula. Dengan menggunakan Lightworks kamu bisa mengeksports hasil video yang telah kamu edit dalam format HD 270p. Proses imports, export, dan rendem sangat cepa sehingga tidak perlu menunggu waktu lama. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan fitur Multicam Editing yang cocok digunakan untuk membuat video clip.

Spesifikasi: File size 93 MB. Dapat berjalan pada Sistem Operasi Windows dan Linux dengan RAM minimal 2 GB atau di atasnya.

5. Sony Vegas Pro


Terakhir, kamu juga bisa menginstal Sony Vegas Pro secara gratis di komputermu. Aplikasi ini terkenal dengan penggunaan pengering video dan musik yang berkualitas. Sehingga cocok sekali untuk kamu para pemula yang akan menggunakan aplikasi ini. Kelebihan dari aplikasi ini diantaranya fiturnya ditujukan bagi berbagai kalangan, baik pemula atau profesional dalam editing dan mudah untuk dioperasikan dan tampilan antarmukanya friendly.

Ada beberapa versi Sony Vegas yang bisa kamu coba, mulai dari Sony Vegas Pro 12, Sony Vegas Pro 11, dan Sony Vegas Pro 13. Software ini memungkinkanmu melakukan render (output) ke dalam beberapa format diantaranya .Mp4, .Mkv, .aa3, .aif, .Avc, .Wma, dan masih banyak lainnya. Kamu juga bisa memilih ukuran video mulai dari 480p, 720p atau 1080p. Selain itu, Sony Vegas juga menawarkan fitur transisi yang lengkap mulai dari Barn Door, 3D Blinds, Cross Effect, dan masih banyak lainnya. Hasil video juga bisa diunggah secara langsung ke chanell Youtube-mu.

Spesifikasi: File size 4 MB. Dapat berjalan disemua Sistem Operasi Windows dengan kapasitas RAM minimal 4 GB atau di atasnya.

Itulah 5 aplikasi edit video PC Gratis 2020 yang sangat bagus untuk digunakan dalam mengedit video maupun film. yang bisa kamu install di komputermu. Nikmati kemudahannya dan dapatkan hasil video kualitas terbaik seperti yang kamu inginkan.