Cara Membuat Link Zoom Meeting Gratis di Android

Cara Membuat Link Zoom Meeting Gratis di Android
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.comCara membuat link zoom meeting gratis di android. Semenjak adanya pandemi Covid-19, online meeting atau rapat daring kini menjadi hal yang sangat lumrah ditemukan. Hal ini bisa ditemukan dan jula dilakukan oleh berbagai kalangan, mulai dari sektor pendidikan hingga perusahaan yang melakukan urusan bisnis.

Adanya rapat atau pertemuan secara daring ini tidak lain disebabkan oleh peraturan yang mengahruskan masyarakat untuk tidak bepergian ke luar rumah jika tidak memiliki kepentingan yang mendesak. Hal ini tentu saja bertujuan untuk menekan penyebaran Covid-19 yang sedang teradi di Indonesia. Namun, adanya Covid-19 ini tidak serta merta menjadi penghalang kegiatan masyarakat, karena ada beberapa solusi yang bisa ditawarkan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi sebagai perantara pertemuan.

Untuk melakukan pertemuan secara daring, orang-orang bisa memanfaatkan berbagai palatform aplikasi yang tersedia di Android. Salah satu aplikasi yang kini banyk digunakan adalah aplikasi Zoom. Aplikasi Zoom ini dinilah sangat membantu untuk mengadakan pertemuan secara daring.

Cara Membuat Link Zoom Meeting Gratis

Bagi Kamu yang ingin melakukan sebuah kegiatan atau pertemuan, Kamu bisa menggunakan link zoom meeting gratis. Link Zoom meeting itu sendiri merupakan link yang berguna sebagai penghubung suatu aplikasi apabila dibuka. Para pengguna pun akan terhubung satu sama lain menggunakan link Zoom meeting tersebut.


Link Zoom meeting ini bisa didapatkans secara gratis, tetapi hanya bisa bertahan selama satu jam atau 60 menit pertemuan. Jika Kamu ingin menggunakan Zoom dalam waktu yang lama, maka sangat disarankan untuk menggunakan layanan Zoom yang berbayar. Namun, hal tersebut tidak perlu membuat Kamu khawatir, sebab Kamu bisa membuat link Zoom baru sebagai gantinya. Dengan menggunakan link Zoom meeting, Kamupun bisa mendapatkan manfaat di bawah ini:
  • Bisa terhubung dengan semua pengguna dalam akun yang sama
  • Bisa memudahkan dalam adanya pertemuan atau rapat daring
  • Bisa membantu memudahkan dalam berkomunikasi
  • Bisa digunakan secara dua orang, bahkan hingga lebih dari 100 orang atau pengguna

Cara Buat Link Zoom Meeting di Android

Cara membuat link zoom meeting di hp Android juga menjadi salah satu solusi bagi Kamu yang tidak memungkinkan untuk membuatnya di PC. Hal ini tentu saja menjadi solusi yang baik dan tepat. Di bawah ini merupakan cara yang bisa Kamu lakukan untuk membuatnya:
  1. Pertama, unduh terlebih dahulu aplikasi Zoom for Android
  2. Kemudian, pasang aplikasi tersebut dalam perangkat Kamu
  3. Setelah itu, Kamu dapat mendaftarkan akun Zoom untuk bisa membuat link-nya. Kemudian, Kamu bisa memilih menu Sign In dan mengisi beberapa data seperti email pribadi, SSO, Facebook, dan juga Gmail. Kamu dapat memilih salah satu dari opsi tersebut.
  4. Setelah melakukan pendaftaran, Kamu dapat memilih menu New Meeting yang tersedia di aplikasi Zoom tersebut. Pastikanlah bahwa Kamu sudah melakukan pengaturan seperti “Video On”, “PMI” (Use Personal Meeting ID), dan pilih “Start a Meeting” untuk memulai pertemuan.
  5. Ketika Kamu sudah berhasil membuat “New Meeting”, maka selanjutnya pilih “Participants” yang ada di posisi bawah layar. Pilih “Invite” dan klik “Copy Invite Link” agar yang lainnya bisa bergabung dalam rapat daring tersebut.

Cara Membuat Link Zoom di Laptop

Selain membuat link zoom di Android, Kamu pun bisa membuatnya di PC atau Laptop. Cara yang bisa Kamu lakukan adalah:
  1. Pertama, dowload aplikasi Zoom Cloud Meetings for PC dan install aplikasi tersebut untuk bisa memulai meeting. Kamu bisa memilih opsi “Join Meeting” atau “Sign In” ketika akan menggunakannya.
  2. Buatlah akun Zoom sebagai pemenuhan syarat dengan menggunakan email pribadi, akun Facebook, atau dengan SSO. Pilihlah yang menurut Kamu mudah.
  3. Jika sudah berhasil masuk Zoom, Kamu bisa memilih opsi “New Meeting” yang berguna untuk membuat Room baru.
  4. Kemudian, Kamu bisa membuat New Meeting Zoom dan pilihlah menu “Perekam Video Meeting” yang nantinya akan menampilkan wajah dan juga kegiatan Kamu di laptop.
  5. Salinlah Link Zoom Meeting yang berisi Meeting ID dan Password yang terdapat pada tombol ikon “i” pda bagian pojok kiri atas.
  6. Kamu kemudian dapat membagikan link meeting tersebut pada yang lainnya. Kamupun bisa mengetahui cara membuat link zoom meeting untuk besok dan cara membuat link zoom meeting terjadwal. Dengan begitu, Kamu dapat membagikannya jauh-jauh hari sebelum acara tersebut dimulai.
Adapun cara membuat link zoom meeting terjadwal adalah:
  • Buka “Aplikasi Zoom” di PC atau Smartphone kamu.
  • Pilih Menu “Schedule“.
  • Lakukan “Atur Jadwal“.
  • Pilih “Add to Calendar“.
  • Setelah selesai, klik tombol “Done”.
  • Selanjutnya Pilih “Invite”.
  • Terakhir “Copy Link Zoom”.

Cara Share Link Zoom Meeting

Setelah mengetahui cara untuk membuat ruang pertemuan secara daring, Kamu perlu membagikan link yang sudah dibeuat tersebut kepada orang-orang yang ingin bergabung. Maka dari itu, terdapat cara share link zoom meeting ke Whatsapp yang penting sekali untuk diketahui. Di antara cara yang bisa dilakukan adalah:
  • Bukalah aplikasi Zoom kemudian klik New Meeting Room. Setelah itu pilih Invite.
  • Jika sudah begitu, salin link Zoom Meeting dan bukalah aplikasi WhatsApp Kamu.
  • Pilihlah grup atau teman pesan dan Paste link yang sudah disalin sebelumnya. Kirimkan link tersebut dan proses tersebut sudah selesai.
Itulah cara membuat link zoom meeting gratis di Android yang bisa Kamu lakukan. Semoga bermanfaat!

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>