Cara Mengatasi Virtual Background Zoom di HP Tidak Muncul Lengkap 2021

Cara Mengatasi Virtual Background Zoom di HP Tidak Muncul Lengkap 2021
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Cara mengatasi virtual background zoom di hp tidak muncul berikut ini penting untuk dicatat dan dipahami. Pasalnya, kini Zoom merupakan salah satu aplikasi meeting online terpopuler dan paling banyak digunakan. Wajar, karena aplikasi ini mampu menampung hingga 500 partisipan.

Hal tersebut yang menjadi daya tarik tersendiri, apalagi kini sudah dapat diakses menggunakan handphone (hp), baik iPhone maupun Android. Oleh karena itu, Zoom juga banyak digunakan untuk keperluan daring anak-anak atau bahkan sekadar silaturahmi bersama kerabat jauh.

Apa Itu Virtual Background Zoom?

Seiring bertambahnya jumlah pengguna, pihak pengembang terus melakukan inovasi pada Zoom untuk meningkatkan kualitas dan kenyamanan. Salah satu fitur paling anyar, yaitu virtual background bagi versi Android yang memungkinkan pengguna untuk mengubah gambar pada latar belakang.

Sebagai fitur baru, wajar jika terkadang masih ada kendala, seperti tidak bisa ganti background zoom di hp. Namun, hal ini tidak menyurutkan para pengguna untuk mencicipi fitur yang konon dapat membuat penampilan semakin kece. Terutama para pelajar yang kini harus berkutat dengan Zoom hampir setiap hari.

Cara Mengganti Virtual Background Zoom di HP

Keberadaan virtual background seolah menjadi angin segar bagi para pengguna yang berasal dari latar belakang berbeda. Begitu juga dengan cara mengatasi virtual background zoom di hp tidak muncul yang akan dibagikan berikut ini. Sebab, tidak semua orang memiliki tempat nyaman dan layak untuk tampil pada aplikasi.

Secara tidak langsung, fitur ini juga dapat menekan kecemburuan akibat perbedaan strata atau status sosial. Sebagai contoh daring anak sekolah yang dapat dilakukan secara tiba-tiba atau tidak sesuai jadwal yang ditentukan. Tak jarang, keputusan ini membuat heboh para pelajar karena belum mempersiapkan diri atau lingkungan sekitarnya.

Kejadian tersebut juga tak luput dari pelaku Work From Home (WFH). Berikut adalah tahapan untuk mengubah background Zoom versi mobile dengan gambar bawaan maupun koleksi pribadi. Tahapan ini penting untuk dipelajari, agar kelak dapat menguasai cara mengatasi virtual background zoom di hp tidak muncul.

  1. Buka aplikasi Zoom pada hp, pastikan sudah login terlebih dahulu.
  2. Buat panggilan pada Zoom, ketuk perlahan layar hp agar menu muncul.
  3. Klik tombol ‘More’, pilih Virtual Background.
  4. Pilihlah background bawaan aplikasi yang ingin digunakan. Untuk hasil lebih baik, maka gunakan green screen sebagai background default ruangan.
  5. Jika Anda ingin memakai koleksi pribadi sebagai background, maka klik tanda plus atau tambah untuk masuk ke menu galeri.
  6. Cari gambar yang dimaksud, lalu tunggu sampai proses pengunggahan selesai dan backrground berubah.
  7. Untuk kembali pada halaman Zoom meeting, klik tombol Close.
Jika background sudah tidak lagi digunakan, maka lebih baik matikan fitur tersebut. Tujuannya agar permasalahan tidak bisa ganti background zoom di hp tidak muncul kembali tidak terjadi (error). Caranya, buka menu Virtual Background kembali, klik tombol None.

Bagaimana Cara Mengatasi Virtual Background Zoom di HP Tidak Muncul?


Zoom for Android terbilang cukup baru, sehingga trial and error sangat mungkin terjadi, termasuk fitur terbarunya ‘Virtual Background’. Selain dari pihak pengembang, pengguna pun banyak yang belum memahami aturan main fitur tersebut. Berikut adalah cara mengatasi virtual background zoom di hp tidak muncul yang bisa diterapkan:

1. Cek Versi Aplikasi Zoom

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Zoom for Android baru saja diluncurkan tahun 2020 silam. Begitu juga dengan fitur virtual background yang baru dirilis pada awal tahun ini. Oleh karena itu, jika tidak bisa ganti background zoom di hp, maka cobalah untuk melakukan update version dengan cara:

  • Buka aplikasi Playstore atau i-Store.
  • Ketikkan Zoom pada kolom pencarian, klik Update.
  • Tunggu sampai proses pengunduhan selesai, buka aplikasi Zoom. Cek ketersediaan fitur Virtual Background pada menu Setting.

2. Cek Spesifikasi Handphone

Cara mengatasi virtual background zoom di hp tidak muncul yang kedua adalah mengecek spesifikasi handphone yang dimiliki. Untuk versi Android memang belum semua hp support untuk menerapkan fitur ini. Hanya hp dengan sistem operasi android versi 8 atau prosesor minimal 8 core.

Beberapa contoh prosesor yang sudah support virtual background Zoom, yaitu Samsung Exynos 9810, Qualcom 835 atau Huawei Kirin 980. Selain tipe yang disebutkan di atas, maka bisa dipastikan tidak bisa ganti background zoom di hp tidak muncul. Solusi paling tepat, yaitu menerima apa adanya atau ganti hp dengan spek yang mumpuni.

3. Fitur Tidak Bekerja

Hp sudah support dan ada tombol virtual background, tetapi tidak berfungsi? Jika demikian, maka cobalah untuk keluar terlebih dahulu dari aplikasi Zoom. Cara mengatasi virtual background zoom di hp tidak muncul yang satu ini terbilang cukup ampuh. Berikut panduannya:

  • Buka aplikasi Zoom pada hp, klik menu Setting atau Pengaturan.
  • Aktifkan fitur virtual background.
  • Kembalikan ke menu Setting, lalu klik nama pengguna yang terdaftar.
  • Scroll sampai ke batas bawah, klik Sign Out atau Keluar. Pastikan benar-benar sudah keluar dari Zoom bukan hanya menutup aplikasi saja.
  • Tunggu beberapa saat, lalu buka kembali ke aplikasi Zoom. Klik Sign In.
  • Cobalah untuk melakukan panggilan, maka background akan berubah.

Aplikasi Lain untuk Membuat Virtual Background

Selain cara mengatasi virtual background zoom di hp tidak muncul, ada hal lain yang menarik untuk dipelajari. Salah satunya, yaitu aplikasi lain untuk membuat gambar yang dapat digunakan sebagai virtual background. Dengan begitu, gambar latar pun terlihat lebih menarik:

1. Unsplash

Unsplash merupakan salah satu aplikasi pembagi gambar yang dapat digunakan secara bebas. Tak hanya bervariasi, kualitas gambar yang disediakan pun rata-rata berkualitas tinggi, sehingga sangat bagus untuk dijadikan background. Jika diamati lebih mendalam, aplikasi ini lebih mirip seperti Tumblr.

2. Canva

Platform desain yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi, bukan? Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Canva memberikan kesempatan pengguna untuk mengkreasikan gambar sendiri. Tak hanya berupa gambar, pengguna juga dapat membuat video animasi.

Ada banyak tool yang dapat diakses, baik secara gratis maupun berbayar. Namun, jangan heran kalau Anda akan membutuhkan cara mengatasi virtual background zoom di hp tidak muncul. Sebab, handphone berbasis android tidak dapat menggunakan background berupa video.

3. Modsy

Modsy termasuk aplikasi penyedia e-interior design yang cukup populer dan paling banyak digunakan. Oleh karena itu, gambar yang disediakan Modsy lebih condong ke arah desain interior bangunan, seperti rumah, apartemen, dan lain-lain. Uniknya, pengguna juga dapat mencari desain interior yang ada di film-film.

Demikian cara mengatasi virtual background zoom di hp tidak muncul berikut beberapa informasi yang tidak kalah menarik. Semoga inovasi tidak berhenti hanya sampai di sini, agar hp tipe middle dapat mensupport fitur tersebut. Selamat mencoba dan gunakan aplikasi secara bijak.

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>