Widget HTML Atas

5 Penyebab Barang Ditolak Marketplace Facebook


Menggunakan Facebook Marketplace sebagai media pemasaran memang membantu perkembangan suatu bisnis. Sayangnya tidak semua produk disetujui Marketplace Facebook. Ditolak pertama kali sebenarnya hal yang wajar, namun bagaimana jika ditolak berulang kali saat mengajukan ulang? Tentu kita bertanya-tanya “sebenarnya apa yang salah dengan produk kita? mengapa bisa ditolak?”

Sebagai media jual beli produk, Facebook memberikan kemudahan kepada penggunanya dengan meluncurkan fitur Marketplace. Fitur ini bisa diakses dalam versi dekstop (komputer), tablet, maupun mobile (smartphone). Pengguna bisa melakukan jual beli barang langsung melalui aplikasi Facebook tanpa harus mendownload aplikasi tambahan.

Facebook Marketplace memiliki fungsi layaknya OLX yang menampilkan iklan, dan pengguna yang tertarik dengan produk tersebut akan menghubungimu. Nyatanya, tidak semua barang yang akan diiklankan diterima. Beberapa produk justru ditolak karena tidak memenuhi standar kebijakan. Ada 5 penyebab barang ditolak marketplace Facebook


DAFTAR ISI


Penyebab Produk Ditolak Marketplace Facebook

Produk bisnis yang ditolak marketplace Facebook bisa disebabkan karena beberapa hal, diantaranya:

Menjual Produk Dewasa

Facebook marketplace menolak penjualan produk dewasa seperti alat bantu seks atau produk-produk yang bertujuan meningkatkan kemampuan s3ksu4l (obat ku4t). Termasuk juga obat dan suplemen yang mengandung hormon pertumbuhan manusia.

Produk yang Dijual Berupa Senjata atau Bahan Peledak

Senjata dan bahan peledak atau bom sangat tidak diajurkan dijual melalui Facebook Marketplace. Barang-barang tersebut rentan disalahgunakan jika dijual sembarangan. Tidak heran jika Facebook menolak produk yang ingin kamu iklankan jika kamu menjual senjata tajam atau bahan peledak. Penjualan senjata maupun bahan peledak hanya dilakukan oleh pihak tertentu dan mendapatkan izin resmi.

Menjual Alkohol

Alkohol merupakan produk yang tidak dijual dan digunakan secara bebas. Penjualan secara bebas dapat disalahgunakan dan memicu pelanggaran hukum. Bahkan hal-hal yang berhubungan dengan alkohol pun ditolak alat dan perlengkapan pembuatan alkohol.

Menjual Hewan

Jika yang ingin kamu iklankan adalah hewan peliharaan, Facebook marketplace akan menolaknya. Facebook tidak mengizinkan pengguna melakukan transaksi jual beli hewan melalui platform ini. Namun, untuk perlengkapan dan aksesoris seperti kandang hewan, mainan, kalung, hingga rantai/tali hewan diperbolehkan.

Baca juga : Cara Mengisi Saldo Facebook Dengan Mbanking

Penjualan Media Digital dan Barang Elektronik

Tidak semua barang barang-barang elektronik yang kamu jual melalui Facebook Marketplace disetujui. Barang elektronik seperti alat penyadap, perusak sinyal, hingga software ilegal tidak diizinkan dijual melalui marketplace ini.

Kelima hal tersebut yang menjadi penyebab barang ditolak Marketplace Facebook karena tidak sesuai dengan standar perdagangan yang berlaku.

Kelebihan Menggunakan Facebook Marketplace

Fitur Facebook Marketplace ini memberikan banyak keuntungan bagi pemilik usaha kecil hingga menengah. Pasalnya, fitur ini memiliki beberapa kelebihan seperti:

Memungkinkan mengecek profil pembeli

Berbeda dengan marketplace lain yang tidak dilengkapi dengan profil pembeli secara lengkap, melalui Facebook Marketplace penjual bisa mengecek terlebih dahulu profil pembeli. Penjual bisa mengetahui latar belakang atau kebiasaan pembeli melalui profilnya. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir penipuan.

Baca juga : 5 Cara Monetisasi Fanspage Gaming Facebook

Terhubung dengan Facebook Page dan Group Facebook

Menggunakan marketplace Facebook memungkinkan pengguna untuk membagikan secara langsung produk yang diiklankan ke group yang diikuti. Bahkan, jika pengguna memiliki halaman Facebook (Fanspage), kamu bisa juga membagikannya secara langsung. Hal ini membuat produk lebih banyak dijangkau pengguna Facebook.

Mudah Untuk digunakan

Keunggulan Facebook Marketplace daripada marketplace lain yaitu kemudahan dalam penggunaannya. Tidak membutuhkan aplikasi tambahan untuk menggunakan fitur Marketplace. Kamu bisa menemukan fitur tersebut langsung dari aplikasi Facebook.

Kekurangan Facebook Marketplace

Meskipun memiliki banyak keunggulan, Facebook Marketplace juga memiliki kelemahan. Penggunaan fitur ini cenderung sensitif, karena pengguna tidak dapat mengupload banyak gambar dalam waktu bersamaan/berdekatan. Hal tersebut bisa dianggap sebagai spam dan kemungkinan terburuk akunmu akan diblokir. Jadi, jika tidak ingin diblokir upload produk yang ingin kamu jual secara bertahap dan konsisten.

Itulah 5 penyebab produk ditolak Marketplace Facebook karena dinilai tidak sesuai standar yang berlaku.