Cara Aktifkan Fitur Pemberitahuan "Pesan Telah Dibaca" pada Gmail

Cara Aktifkan Fitur Pemberitahuan "Pesan Telah Dibaca" pada Gmail
Daftar Isi Artikel

Tidak seperti aplikasi perpesanan lainnya, seperti WhatsApp, Massenger maupun telegram, secara default Gmail tidak mengaktifkan fitur pemberitahuan bahwa pesan telah dibaca. Padahal, fitur ini termasuk salah satu fitur perpesanan yang penting dan disukai banyak pengguna.

Ketika kamu tahu bahwa pesan yang dikirim melalui email telah dibaca, namun mereka belum memberikan balasan, tentunya kamu akan memiliki langkah selanjutnya yang harus dilakukan. Begitu juga ketika pesan belum dibaca, kamu mungkin akan berpikir bahwa mereka memang belum membuka email karena banyak hal, selanjutnya kamu akan memberikan sedikit banyak waktu agar mereka membukanya.

Adapun setelah beberapa waktu yang kamu tentukan ternyata tidak ada balasan juga, kamu dapat mengirim ulang pesan atau menghubungi lewat kontaknya yang lain. Jadi kamu tidak hanya menunggu balasan pesan, padahal kamu juga tidak tahu, apakah pesan tersebut sudah dibaca atau belum.

Iya memang benar, Gmail tidak secara default mengaktifkan fitur pemberitahuan pesan telah dibaca ini. Padahal, fitur ini tersedia di Gmail dan bagi sebagian orang, mungkin banyak yang belum tahu. Sayangnya, fitur ini hanya tersedia untuk mereka yang menggunakan program G Suite. Selain itu, untuk mengaktifkannya juga melalui beberapa langkah yang harus kamu lakukan.

Untungnya, artikel ini akan memberikan alternatif lain, kamu tidak harus menggunakan program G Suite untuk menikmati fitur ini, jadi simaklah penjelasan tentang cara alternatif mengkatifkan fitur pemberitahuan pesan telah dibaca pada Gmail ini :

Aktifkan Fitur Pemberitahuan "Pesan Telah Dibaca" pada Gmail

1. Gunakan Google Chrome
Pada tutorial ini, untuk dapat menikmati fitur pesan telah dibaca, saya menggunakan web browser Google Chrome, karena berkaitan dengan kompatibelnya ekstensi yang akan kita gunakan.

Sebenarnya, menggunakan web browser yang lain seperti Mozila Firefox juga bisa, caranya juga tidak jauh berbeda dengan penjelasan di artikel ini, hanya menyesuaikan ekstensinya untuk web browser selain Google Chrome. Kamu juga harus memastikan, bahwa Google Chrome yang kamu gunakan adalah versi terbaru yaa, atau mendekati terbarulah minimal.

2. Gunakan Ekstensi Email Tracking for Gmail - by Mailtrack
Mailtrack adalah ekstensi web browser yang sampai saat ini hanya berfungsi atau kompatibel dengan Google Chrome. Ekstensi ini akan berfungsi layaknya pemberitahuan pesan telah dibaca di aplikasi perpesanan lain, yaitu dengan menampilkan centang satu ketika email sudah terkirim dan centang dua untuk pesan email yang sudah dibaca. Memang, ekstensi ini sebenarnya berbayar, namun tidak perlu khawatir juga karena Mailtrack ini memberikan versi gratisnya. Versi gratisnya pun sudah sangat cukup untuk pengguna pribadi, bukan untuk bisnis.

3. Install Mailtrack di Chrome

- Bukalah browser Google Chrome kamu, kemudian kunjungi link ini
(https://chrome.google.com/webstore/detail/email-tracking-for-gmail/ndnaehgpjlnokgebbaldlmgkapkpjkkb/related?hl=en), maka kamu akan dibawa ke halaman seperti di bawah ini, tinggal klik tombol Add to Chrome.


- Selanjutnya, kamu akan di bawa ke halaman sepert di bawah ini, klik Connect with Google, silahkan login dengan akun Google.


- Setelah login, kamu akan dibawa ke halaman untuk memilih versi dari Mailtrack, pilihlah yang free.


- Installasi dan konfigurasi Mailtrack selesai, selanjutnya kamu tinggal klik Go to Gmail dan akan dialihkan ke halaman Gmail.


- Akan ada notifikasi bahwa Mailtrack aktif, klik Okey.



4. Test Email Tracking

- Buatlah pesan email baru.



- Cek di email tujuan, pesan sudah terkirim dan belum saya buka, maka statusnya adalah centang dua dan yang satunya warna hijau.




- Ketika pesan sudah saya buka, maka statusnya akan centang dua dan dua-duanya berwarna hijau.


- Selain itu, Mailtrack juga akan memberi pesan notifikasi, asiknya lagi kamu juga akan diberitahu kapan pesan email kamu telah dibaca.


Demikian tutorial untuk mendapatkan pemberitahuan pesan email telah dibaca pada Akun Gmail dengan cara alternatif, yaitu menggunakan Ekstensi Email Tracking for Gmail - by Mailtrack ini. Bagikan artikel ini ke teman-teman kalian, agar bermanfaat untuk orang banyak. Jangan lupa, pantau terus blog magelang1337.com, agar tidak ketinggalan info-info menarik seputar teknologi terkait.

Penulis (AhmadRosid)