Cara Mengaktifkan Mode Gelap (Dark Mode) di WhatsApp Web

Cara Mengaktifkan Mode Gelap (Dark Mode) di WhatsApp Web
Daftar Isi Artikel

Akhir-akhir ini dark mode (mode gelap) sedang naik daun. Banyak platform baik yang berupa web maupun aplikasi (Android dan iOS) berlomba-lomba untuk menyediakan fitur ini. Tidak terkecuali, ini juga dilakukan oleh WhatsApp, salah satu aplikasi perpesanan yang banyak penggunanya.

Setelah beberapa waktu yang lalu kamu baru mendengan rumornya. Sekarang, kamu mungkin sudah mendengar berita resminya bahwa WhatsApp telah merilis fitur dark mode (mode gelap). Fitur ini dapat kamu aktifkan di platform Android dan iOS, meskipun belum semuanya dapat menggunakan fitur ini. Pihak WhatsApp sendiri mengkonfirmasi bahwa untuk penyebaran fitur ini akan dilakukan secara bertahap.

Baca juga : Update Whatsapp Dengan Fitur Terbaru

Jika kamu mau mengetahui, apakah sudah bisa diterapkan dark mode (mode gelap) atau belum, kamu dapat mengeceknya di PlayStore untuk pengguna Android dan di AppStore bagi pengguna iOS. Versi WhatsApp yang sudah memiliki fitur dark mode (mode gelap) untuk Android adalah 2.20.64 dan 2.20.30 bagi pengguna iOS.

Adapun tutorial atau cara untuk mengaktifkan fitur dark mode (mode gelap) WhatsApp, baik untuk pengguna OS Android ataupun iOS sudah sangat banyak dan mudah ditemukan di internet (google). Nah, kali ini saya akan memebrikan tutorial yang belum banyak dituliskan, yaitu mengaktifkan fitur dark mode di WhatsApp Web, keren bukan? Oke, langsung saja simak penjelasannya sebagai berikut :

Dark Mode di Whatsapp Web

1. Peralatan

Pertama, kamu harus memastikan bahwa Google Chrome atau Mozila Firefox yang terinstall di komputermu adalah versi terbaru. Selain itu, kamu juga harus menambahkan ekstensi yang bernama Stylus, ekstnesi ini digunakan untuk mencustom tema ke website tertentu, termasuk WhatsApp Web.

Baca Juga : Cara Setting Dark Mode Facebook

2. Install ekstensi Stylus

Sebelum diinstall, bukalah WhatsApp Web terlebih dahulu di browser kamu, dan loginlah sekalian. Kemudian untuk Google Chrome kamu dapat menginstallnya di sini (https://chrome.google.com/webstore/detail/stylus/clngdbkpkpeebahjckkjfobafhncgmne?hl=en) dan ini untuk Mozila Firefox (https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/styl-us/). Link tersebut akan membawa kamu ke halaman untuk menambahkan ekstensi Stylus di masing-masing browser, kamu tinggal menekan tombol Add to Chorme untuk browser Google Chrome dan Add to Firefox untuk Mozila Firefox.

Tampilan untuk Google Chrome:
 

Tampilan untuk Mozila Firefox :




3. Install Tema

Setelah Stylus terinstall di browser, langkah yang selanjutnya adalah menginstall tema Dark-WhatsApp by Vednoc melalui link ini (https://userstyles.org/styles/142096/dark-whatsapp-by-vednoc). Kamu akan di bawa ke halaman seperti di bawah, tinggal klik install style.



4. Cek Dark Mode di WhatsApp Web

Pindah ke tab yang membuka WhatsApp Web, kalau belum berhasil cobalah reload halaman tersebut.


Tutorial Mengaktifkan Mode Gelap (Dark Mode) di WhatsApp Web sudah sering saya lakukan, dan belum pernah gagal bahkan saya tidak menemukan kesulitan yang berarti. Maka silahkan dicoba, semoga berhasil. Kritik dan saran yang bersifat membangun sangat saya harapkan agar kedepan dapat terus menuliskan tips-tips bermanfaat lainnya.

Penulis : (AhmadRosid)