Ternyata ini Penyebab Internet Tiba-tiba Lemot

Ternyata ini Penyebab Internet Tiba-tiba Lemot
Daftar Isi Artikel

Hampir semua kegiatan sehari-hari kita sekarang melibatkan internet, seperti chat, mengirim / menerima e-mail, membuka Media sosial. Koneksi internet memfasilitasi berbagi informasi secara luas tersebar di seluruh dunia dan membantu semua bentuk aktivitas manusia.

Koneksi internet saat ini adalah sumber kehidupan untuk manusia. Tanpa internet, hidup rasanya kosong. Tetapi Ini mungkin tidak dirasakan oleh semua orang, Apabila koneksi internet kita melambat dan terjadi pada saat yang penting, Seakan bisa menjadi masalah besar.

Karena seringkali kita kesal jaringan internet yang kita pakai tiba-tiba lemot, Tahu nggak kamu? Ternyata ini Penyebab Internet Tiba-tiba Lemot. mungkin tanpa kamu sadari Hal ini terjadi. Simak artikel berikut ini :

9 Penyebab Internet Tiba-tiba Lemot


1. FUP di internet unlimited

Fup fair Usage Policy merupakan penurunan kecepatan yang sudah diatur dari internet provider yang kamu pakai bagi kamu yang suka paket internet limited Jangan lupa untuk membaca kebijakan operator yang dipakai biasanya setelah kamu menghabiskan kuota dengan misalnya pemakaian 1 GB perhari.

Kamu akan mendapatkan FUP atau penurunan kecepatan internet yang otomatis membuat internet kamu menjadi lemot, biasanya FUP akan di reset sehari kemudian tergantung kebijakan operator kamu. Setelah itu kamu bisa menjelajah internet dengan cepat kembali.

2. Memakai Private DNS dan VPN

Apabila kamu sedang memakai DNS di HP kamu, pastikan kamu cek internet kamu sebelum dan sesudah memakai DNS tersebut. Apabila dirasa internet semakin lemot lebih baik, mengganti DNS kamu atau tidak perlu memakai DNS. Yap DNS dapat mempercepat koneksi internet kamu tapi kadang kala DNS dapat memperlambat koneksi internet kamu begitu pun dengan VPN.

3. Cuaca Buruk

Kondisi Cuaca juga mempengaruhi kecepatan internet kamu. tidak heran apabila sedang hujan besar kamu merasa internet terasa sangat lemot atau bahkan mati total saat disertai dengan mati lampu.

Baca Juga : Cara Mudah Mencari Biodata Orang dari Internet

4. Jaringan Sibuk

Pernahkah kamu merasa internet kamu lebih cepat Saat tengah malam dibandingkan pagi siang dan sore hari. Itu semua tergantung dari kualitas provider yang kamu pakai, tapi jam-jam sibuk seperti Pagi, siang dan sore lebih banyak orang yang sedang menggunakan internet sehingga koneksi internet kamu pun terbagi. Jadi kamu serasa internet kamu hanya cepat dan stabil di malam hari saja.

5. Perbaikan Jaringan (maintenance)

Perbaikan jaringan atau maintenance juga salah satu penyebab koneksi internet kamu tiba-tiba menjadi lemot. Biasanya provider internet kamu melakukan maintenance untuk memperbaiki jaringan yang sedang ada gangguan atau melakukan perluasan Jangkauan jaringan internet. Yang biasanya ini memakan 2 hingga 3 hari pengerjaan.

6. Netcut dan Penyusun Jaringan

Tahukah kamu apa itu netcut? netcut merupakan salah satu tool, yang bisa dipakai untuk menyusup ataupun menjahili kamu. fungsi dari tool ini untuk mempercepat koneksi internet yang dia pakai dan hanya fokus di jaringan yang dia pakai. sehingga kamu susah sekali koneksikan internet kamu saat kamu dalam satu jaringan yang sama dengan dia. Gunakan anti netcut untuk memperbaiki masalah ini.

7. Kabel Wi-Fi dan arah Antena Router Bermasalah

Kamu juga harus perhatikan kondisi kabel wi-fi, Apakah ada kerusakan. Apakah arah antena router sudah benar. pastikan posisi routernya tegak dan tidak miring ke kiri atau sisi kanan. Sehingga router lebih mudah menangkap sinyal dan menyalurkan sinyal tersebut ke perangkat Jaringan kamu.

8. Jaringan tidak tercover dengan baik.

ketika kamu sedang berada di parkiran Hotel misalnya, dengan dinding yang tebal yang melapisinya itu membuat jaringan kamu tidak tercover dengan baik sehingga internet kamu menjadi lemot.

9. Paket internet sudah menipis dan Simcard masih 3G

Pernahkah kamu merasa internet kamu sangat lemot? itulah detik-detik tewas nya paket internet yang kamu pakai upgrade sim card di tahun 2020 ini ternyata masih ada saja yang memakai kartu dengan internet 3G padahal hp-nya sudah support 4G kamu disarankan meng-upgrade kartu kamu. Semuanya bisa dilakukan di counter terdekat atau di pusat penyedia layanan telekomunikasi terdekat kamu. meskipun ada provider yang bisa kita lakukan upgrade 4G sendiri bagi pengguna kartu baru biasanya Sudah otomatis dapat 4G.

Baca Juga : Hal Unik Terjadi di Internet Dalam 1 Menit

Dan Next time.. mungkin akan kerepotan ganti ke 5G karena dalam waktu dekat 5G akan hadir di indonesia. Mungkin masih banyak lagi penyebab internet kamu menjadi lemot

Saran dari customer service yang suka menangani kasus lemot internet. Sebelum kamu berprasangka buruk jangan lupa aktifkan mode pesawat dan non aktifkan kembali, ataupun restart HP kamu. siapa tahu internet kamu kembali pulih seperti semula. Itulah artikel Penyebab Internet Tiba-tiba Lemot Semoga bermanfaat.