5 Cara Mencari Judul Lagu Lewat Suara Online

5 Cara Mencari Judul Lagu Lewat Suara Online
Daftar Isi Artikel

Pernahkah kamu mendengarkan lagu di café-café yang enak, tetapi tidak tau judul dan nama penyanyinya? Sehingga ketika ingin mendengarkan ulang di rumah, kamu bingung ingin mencari di google atau youtube. Hal ini terkadang bisa membuat kita kesal bukan?

Namun, kini kamu tak perlu merasa khawatir. Ada banyak aplikasi yang memudahkanmu mengenali judul lagu lewat suara. Hanya dengan suara penyanyinya atau musiknya saja, kamu bisa mendapatkan informasi judul bahkan nama penyanyinya.

Hal ini tentu akan sangat memudahkan kita mencari judul lagu, khususnya lagu-lagu dengan bahasa asing yang baru pertama kali kita dengarkan. Hadirnya aplikasi pendeteksi lagu melalui suara atau audio akan memudahkan kita menemukan lagu-lagu favorit secara online.

Aplikasi Cari Judul Lagu Lewat Suara Online

MusiXMatch


MusiXMatch
Pertama, kamu bisa menggunakan aplikasi MusiXMatch untuk menemukan lagu baru yang kamu sukai walaupun tidak tahu judul dan penyanyinya. Secara umum, aplikasi MusiXMatch layaknya aplikasi pemutar musik seperti JOOX atau Spotify. Namun, selain digunakan untuk memutar lagu, aplikasi ini juga dapat membantumu menemukan lagu-lagu baru.

Jika kamu hafal dengan lirik lagu tersebut, tetapi tidak mengetahui judul atau penyanyinya, kamu bisa menuliskan liriknya dalam aplikasi ini. Maka MusiXMatch akan melakukan pencarian judul lagu dan penyanyinya, berdasarkan lirik yang kamu masukkan.

Baca Juga : Cara Download Lagu Tanpa Aplikasi

Bagaimana jika tidak hafal liriknya? Tenang, kamu bisa mencarinya menggunakan suara. Caranya, buka aplikasi MusixMatch, lakukan search atau pencarian dengan cara mendekatkan ponsel ke sumber suara. Tujuannya, agar suara atau bunyi lagu dapat diidentifikasi oleh MusiXMatch. Klik fitur “Identifikasi Lirik”, tunggu beberapa saat sampai menampilkan informasi judul lagu dan penyanyinya.

Shazam



Shazam
Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu pakai untuk mencari judul lagu melalui suara yaitu dengan Shazam. Aplikasi ini sudah digunakan lebih ini banyak dipilih pengguna Android untuk mendeteksi judul lagu dan penyanyinya melalui suara.

Cara penggunaanya hampir sama dengan MusiXMatch. Buka apalikasi Shazam, dekatkan dengan sumber suara atau speaker, lalu tekan tombol deteksi (tombol berwarna biru). Shazam akan mulai mengidentifikasi lagu secara online. Maka aplikasi ini akan memunculkan informasi lagu yang sedang diputar, mulai dari judul, penyanyi, hingga liriknya.

SoundHound Music Search


SoundHound Music Search

Ada yang tak kalah hebat lagi dari kedua aplikasi di atas, yaitu SoundHound Music Search. Aplikasi ini memungkinkan kamu mencari lagu melalui suara, baik dari suaramu sendiri berupa senandung hingga suara dari speaker atau sumber lainnya. Dengan kemampuan yang luar biasa ini, tak heran jika aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 50 juta kali pengguna Android.

Baca Juga : Aplikasi Soundcloud Downloader

Penggunaannya memang tidak jauh berbeda dengan kedua aplikasi sebelumnya. Kamu bisa membuka aplikasinya dan mendekatkan ke sumber suara, kemudian klik tombol orange. Tunggu beberapa saat, sampai proses identifikasi lagu selesai. SoundHound Music Search akan menampilkan informasi lagu, mulai dari judul, penyanyi, hingga link video lagu yang ada di Youtube.

Google Assistant


Google Assistant
Cara yang paling mudah dan simpel yaitu menggunakan fitur pada Google Assistant. Kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu di PlayStore dan menggunakannya untuk membantumu mengidentifikasi lagu yang kamu inginkan. Caranya, tekan tombol Google Assistant dan katakan "OK Google, What's This Song?", dekatkan ponselmu pada sumber suara. Biarkan Google Assitant bekerja untuk mengidentifikasi lagu yang kamu maksud.

Setelah selesai, Google akan menampilkan informasi lagu, penyanyi, dan tautan lain seperti Youtube atau Spotify yang bisa kamu tuju untuk mendengarkan lagu tersebut. Mudahkan?

SIRI


SIRI
Hampir sama dengan Google Assistant, Siri juga dapat membantumu mengidentifikasi lagu melalui suara secara online. Hanya saja, aplikasi ini hanya bekerja pada perangkat yang sudah terintegrasi dengan Siri seperti Apple.

Baca Juga : Kumpulan Website Penyedia Ringtone Android

Prinsipnya sama dengan penggunaan Google Asssistant di Android. Buka aplikasi Siri dan katakan "Whats song is playing right now?", dekatkan ponsel ke arah sumber suara. Siri akan mengidentifikasi lagu melalui suara online, sehingga kamu bisa tahu judul dan nama penyanyinya. Bahkan kamu bisa juga mengetuk hasilnya untuk melihat langsung di Apple Music.

Mudahkan? Kini kamu tak perlu kesulitan dan bingung lagi mencari lagu yang baru kamu dengarkan liriknya. Dengan 5 aplikasi di atas, kamu bisa mencari judul lagu lewat suara secara online dengan mudah.