Menghindari Serangan Hacker Terkait Covid-19

Menghindari Serangan Hacker Terkait Covid-19
Daftar Isi Artikel

Para pelaku kejahatan didunia maya benar-benar mengambil kesempatan dari suasana krisis di tengah pandemi Covid-19. Penelitian Google tunjukkan penipuan online telah menjadi tren saat ini. Google menemukan, ada sekitar 18 juta malware dan usaha phising tentang COVID-19, dan juga ada 240 juta pesan ​spam tentang COVID di semua dunia setiap harinya.

Phishing sering kali digunakan untuk mengelabui seolah-olah datang berasal dari pihak yang punya otoritas dengan berharap kamu melakukan verifikasi data pribadi. Lalu bagaimana cara Agar terhindar dari kejahatan didunia maya ? Berikut ini kami sudah merangkum tips Menghindari Serangan Hacker Terkait Covid-19 

1. Deteksi dan Hindari Scam Covid-19


Deteksi dan Hindari Scam Covid-19
Kebanyakan penipuan COVID-19 muncul dalam bentuk phishing yang dikirim melalui email. Oleh karena itu, jangan terburu-buru, hati-hati memeriksa setiap email bertema COVID-19 yang Kamu terima sebelum mengklik link apapun.

Berhati-hatilah jika email yang meminta informasi pribadi seperti alamat rumah atau informasi bank yang kamu punya. Link yang palsu umumnya mencontoh alamat web yang sering dibuka banyak orang, tapi ada tambahan kalimat atau huruf di dalamnya.

Baca Juga : Tips Melindungi Website dari Serangan Hacker

Untuk memastikan keaslian, memeriksa apakah URL tersebut valid dengan kursor mouse di atas link (untuk komputer / desktop) atau dengan menekan lama link tersebut (untuk perangkat mobile).

2. Memakai Account email Perusahaan untuk semua yang terkait pekerjaan 


Memakai Account email Perusahaan
Akun perusahaan tawarkan fitur-fitur keamanan tambahan agar informasi perusahaan selalu aman.
Jika Kamu khawatir tentang metode keamanan online di perusahaan Kamu , hubungi perusahaan Kamu yaitu staf TI untuk memastikan fitur keamanan telah diaktifkan, seperti otentikasi 2-langkah.

3. Menginstal Update Keamanan jika Muncul Notifikasi

Install Update Keamanan
Ketika bekerja dari rumah, PC yang digunakan untuk pekerjaan mungkin tidak sering memperbarui teknologi keamanan tidak seperti di kantor yang terhubung ke jaringan perusahaan.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk segera mengikuti setiap pemberitahuan update keamanan. Pembaruan ini dapat memperbaiki kerentanan keamanan yang telah diketahui, yang sering dicari dan dieksploitasi oleh hacker.

Baca Juga : Cara Melaporkan Tindak Kejahatan Cyber

4. Gunakan Password Manager untuk membuat sebuah password yang aman


Gunakan Password Manager
Dengan begitu banyaknya aplikasi dan fasilitas baru yang kemungkinan Kamu manfaatkan untuk bekerja dan kesibukan sekolah, kemungkinan Kamu terbujuk untuk Mengenakan satu sandi yang serupa di seluruh fasilitas dan aplikasi.


Untuk melindungi informasi khusus Kamu tetap aman, tetap manfaatkan sandi yang unik dan susah ditebak. Alat pengelola sandi terhitung dapat memudahkan Kamu mengelola sandi.

Baca Juga : Inilah 5 Cara Hacker Mencari Korban Untuk di Retas

Hal ini juga dianjurkan untuk menambahkan dua verifikasi (juga dikenal sebagai otentikasi 2 Langkah) sebagai lapisan tambahan keamanan, seperti bisa dilakukan dalam layanan perbankan online atau layanan serupa. Ini bisa membantu merawat akun Kamu supaya tidak dibuka sembarang orang, sebab harus gunakan metode verifikasi ke dua tak hanya nama pengguna dan sandi untuk bisa login ke akun.