4 Tips Agar Aplikasi Google Chrome Tidak Boros Memori

4 Tips Agar Aplikasi Google Chrome Tidak Boros Memori
Daftar Isi Artikel

Beberapa tahun belakangan ini dunia Internet telah mengalami perubahan sangat pesat, Saat kita menjelajah internet pada dekstop dan android yaitu dengan browser, bisa menggunakan peramban Google Chrome. Semua browser pada umumnya pasti banyak menggunakan RAM.

Jika kamu ingin lancar saat menggunakan browser, salah satu cara dengan membatasi penggunaan tab browser. cara ini akan sedikit membantu dan membebaskan pemakaian RAM berlebihan.

Ada berbagai macam cara untuk melihat konsumsi RAM sewaktu menggunakan Chrome. Kita bisa mengetahuinya melalui Windows Task Manager dan pada artikel berikut ini magelang1337 akan memberikan 4 Tips Agar Aplikasi Google Chrome Tidak Boros Memori

1. Menutup Tab Sementara

Cara pertama bisa menggunakan ekstensi TooManyTabs pada chrome webstore, fungsi dari ekstensi ini adalah untuk menutup sementara tab yang tidak ada aktivitas dan akan otomatis terbuka saat kamu kembali kelokasi tadi, jadi akan lebih membantu penggunaan RAM lebih irit.

Setelah menginstal ekstensi TooManyTabs nantinya bisa melihat daftar tab yang terbuka. Untuk menutup sementara klik panah warna kuning. 

2. Menangguhkan Seluruh Tab

Masih dengan ekstensi bisa didapatkan pada webstore yaitu The Great Suspender dengan ekstensi ini bisa menangguhkan semua tab jika tidak ada aktivitas kecuali tab yang sedang kamu pakai. The Great Suspender bisa dijadikan salah satu ekstensi terbaik untuk membantu browser chrome yang memakan terlalu banyak RAM.

3. Ekstensi TabMemFree

Chrome bisa memilih tab yang tidak aktif dengan bantuan ekstensi TabMemFree. Setelah menginstal kita dapat memilih tab yang tidak aktif dengan waktu minimun sekitar 15 menit.

4. Meminimalkan Ekstensi Chrome

Beberapa tambahan dan ekstra pada chrome bisa menambah beban pemakaian memori. Jadi selalu perhatikan plugin dan ekstensi yang kamu pakai, jika tidak terpakai kamu bisa menghapusnya saja. Jika terlalu banyak ekstensi juga dapat membuat komputer menjadi lambat.

Untuk memilih ekstensi terinstal pada chrome bisa melalui chrome://extentions. Lalu pilih dan hapuslah ekstensi yang tidak digunakan 

Sebenarnya ada beberapa faktor menurunnya performa RAM tetapi cara ini juga bisa membantu meningkatkan RAM saat menggunakan browser chrome. Demikian artikel tips Agar Aplikasi Google Chrome Tidak Boros Memori