Cara Mengatasi Lupa Password HP Android 2020

Cara Mengatasi Lupa Password HP Android 2020
Daftar Isi Artikel


Magelang1337.com - Cara Membuka Kata Sandi HP yang Lupa. Mengunci Hp android dengan sandi atau pola adalah cara yang efektif untuk cegah orang lain tahu data pribadi Kamu. Pada smartphone Android, sandi yang tersedia bisa berupa pola juga angka yang dibuat sendiri oleh pemakai.

Pada umumnya pengguna android memakai pattern atau pola tertentu yang mudah untuk menjadi kunci atau password smartphone tujuannya agar mudah diingat. Tetapi tidak jarang pengguna akhirnya lupa dengan sandi atau pola yang disudah dibuat sebelumnya, Dan mengakibatkan perangkat tidak bisa diakses. Hal ini pasti akan menyebalkan.

Kasus yang sering dialami pemakai adalah lupa pola terblokir karena salah memasukkan beberapa kali pola sehingga aplikasi android tidak bisa dibuka sementara. Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa Kamu lakukan saat Android Lupa Password.

Cara Membuka pola hp Yang Lupa

Mungkin HP amu telah dipaksa terbuka oleh orang lain atau kamu sendiri lupa dengan polanya, Jika menggunakan pola yang salah berkali-kali. Akan membuat ponsel Android tersebut diblokir. Simak Triknya dibawah ini.

1. Smartlock

Beberapa sistem Android terbaru mempunyai keamanan yang ketat daripada versi lama. Beberapa HP android memiliki fitur smartlock yang bisa berguna untuk pengguna membuka Android  secara otomatis dalam kondisi tertentu.

2. Opsi Keamanan Pihak Ketiga

Beberapa produsen Smatphone sering menggabungkan perangkat lunak keamanan ke dalam perangkat, contohnya Find My Mobile oleh Samsung. Fitur-fitur tersebut bisa sangat berguna untuk mengatasi lupa password.

3. Menggunakan Find My Device

Find My Device adalah cara bisa dibilang sangat sederhana untuk mendapatkan kembali akses saat Kamu mengalami lupa password. Caranya masuk Layanan Find My Device di Google menggunakan komputer. Lalu pilih daftar perangkat dari akun Google Kamu. Kemudian, cobalah untuk mengunci ponsel Kamu dengan kode yang baru. Nanti, cara ini akan menimpa kode asli dengan kode lama kamu. Dan kamu akan bisa menggunakannya lagi.

4. Menggunakan ADB Pada Komputer/Laptop

Dengan cara ADB di Control Panel dengan menghubungkan android ke komputer atau
laptop, Dari perintah ADB yang telah terinstal di komputer dan debugging usb di android

yang telah dicentang. Ikuti cara dibawah ini:

  • Jalankan ADB serta perintah perangkat adb device, jika android dan komputer telah terhubung maka nanti keluar Daftar Perangkat yang terlihat di bawah ID Android. Kemudian Kamu gunakan perintah write password atau PIN: adb shell rm data / system / password.key atau kamu juga bisa mengetikkan perintah untuk membuka layar kunci: adb shell rm data / system / gesture.key
  • Langkah terakhir ketik perintah adb root dan tunggu saja proses selesai sampai ponsel terbuka kembali.

5. Menggunakan ADM (Android Device Manager)

Android device manager adalah aplikasi yang dibuat oleh Google. Biasanya, pengguna menggunakan aplikasi ini untuk mengetahui keberadaan Android yang hilang. Tapi ternyata ada kelebihan lain yaitu bisa juga mengatasi lupa password. Tetapi, untuk menggunakan ADM, aplikasi harus diinstal dulu di Smartphone. Selain itu GPS harus dalam keadaan ON.

6. Reset Pabrik

Cara mengatasi Android lupa password yang terakhir adalah dengan me-reset pabrik. Tetapi hati-hati karena cara ini akan menghapus semua data di perangkat Android Kamu, jadi jika ingin melakukan cara ini hanya jika sudah benar-benar susah untuk dibuka karena semua cara diatas gagal.

Untuk cara Reset Pabrik atau factory reset bisa kamu ikuti langkahnya seperti dibawah ini :

  • Langkah awal kamu harus mematikan Android terlebih dahulu. 
  • Kemudian, tekan secara bersamaan tombol volume up, home dan power. Tujuannya untuk masuk ke dalam Android System Recovery. 
  • Lalu, Saat sudah masuk ke tampilan untuk gerakkan kursor menggunakan tombol volume ke menu Wipe Data/factory reset. 
  • Untuk memilih menu gunakan tombol home. Jika sudah, pilih yes dan tunggu saja sistem android akan melakukan penghapusan data. 
  • Terakhir pilih Reboot system now supaya saat smartphone hidup tidak terkunci kembali.

Demikianlah artikel tentang Cara Mengatasi HP Android yang terkunci karena lupa password dan pola Panduan di atas pasti akan ada hal yang berbeda karena ini bisa tergantung oleh merek dan kondisi HP itu sendiri contohnya seperti : ROG, xiaomi, vivo, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Huawei, NEXUS, SONY, NOKIA, Coolpad, Honor, Infinix, Lava, Meizu, Nubia, Polytron, Himax, Sharp, Haier, Luna, Smartfren Andromax, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, Micromax, Samsung Galaxy, oppo, Realme, Lenovo, ASUS ZenFone dan PadFone.

Semoga bermanfaat, Jangan lupa untuk follow Facebook kami @Magelang1337