6 Kemampuan yang Harus Dikuasai Untuk Menjadi White Hacker

6 Kemampuan yang Harus Dikuasai Untuk Menjadi White Hacker
Daftar Isi Artikel

Cara Menjadi Hacker dengan Cepat - Menjadi hacker adalah suatu kebanggan tersendiri guna Sebagian orang. Hal ini dikarenakan mereka dapat masuk ke dalam sistem komputer, Dengan cara yang rumit yaitu menggunakan Bahasa pemrograman dan bagi menurut kebanyakan orang cara itu sulit untuk dipelajari.

Hacker adalah seorang yang dapat melakukan  meretas suatu sistem. Hacker bisa memasuki suatu sistem dengan sangat mudah hanya dengan menerobos dan bisa menganalisa ataupun memodifikasi suatu sistem tanpa ketahuan identitas sang pelaku.

Dalam istilah dunia Hacking, Hacker mempunyai dua kata yaitu White Hat dan Black Hat yang artinya adalah Julukan untuk hacker yang baik dan buruk.

Hacker White Hat adalah seorang hacker bertopi putih yang menggunakan kemampuannya untuk kebaikan contohnya menjaga keamanan suatu sistem, memperbaiki sisi lemah dari website, dan memperkuat sistem suatu website.

Lalu untuk Black Hat adalah seorang hacker yang menggunakan kemampuannya untuk kejahatan seperti membobol Kredit card, meretas akun, dan hal lain yang merugikan. Lalu bagaimana cara menjadi hacker white hat? Keahlian khusus apa saja yang diperlukan? Berikut ini adalah beberapa kemampuan yang harus kamu kuasai jika ingin menjadi White Hacker.

Belajar Untuk Menjadi White Hacker

1. Pemrograman

Website dan semua jenis dari perangkat lunak telah didesain oleh Bahasa pemrograman yang berbeda-beda. Sebagai White Hacker, Kamu harus memahami tentang Bahasa pemrograman yang berbeda.

Keterampilan ini bisa membantu saat mengerjakan tugas yang mungkin akan memakan waktu jika menggunakan metode manual. Kamu bisa mengoreksi kesalahan yang dibuat oleh pengembang yang nantinya akan menjadi ancaman kemanan.

Baca juga : Mau jadi Hacker Pro? Pelajari Kemampuan ini

Bahasa pemrograman yang penting untuk dipelajari White Hacker? Kamu harus belajar Bahasa pemrograman untuk platform yang berbeda. Untuk aplikasi web, contohnya PHP, HTML dan JavaScript. Bahasa pemrograman lainnya seperti SQL, Python, Perl, C, dan C ++.

2. OS Linux

Server website pada umumnya dijalankan di sistem operasi Linux. Peran sebagai White Hacker adalah dapat mendapatkan akses ke server. Sehingga otomatis membuat OS Linux harus dipelajari untuk menjadi White Hacker.

Kamu memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang sistem operasi ini. Belajarlah untuk mendapatkan pengetahuan dan kemampuan tentang Distro yang ada pada OS Linux.

3. Memahami Kriptografi

Salah satu masalah untuk White Hacker adalah transmisi peran di antara orang yang berbeda. Jika disewa, Kamu harus memastikan jika orang yang berbeda dalam suatu organisasi bisa berkomunikasi satu dengan lainnya tanpa pesan bocor ke orang yang salah. Hal inilah yang dimaksud dengan kriptografi. merupakan pengubah teks normal menjadi bentuk yang tidak bisa dibaca dan sebaliknya.

4. Database Management System

Database Management System atau DBMS adalah software dan protocol yang dipakai untuk membuat dan mengelola basis data. Satu hal yang ditargetkan oleh seorang attacker adalah basis data. Sebagai White Hacker, Kamu perlu memanfaatkan kerentanan pada ancaman keamanan dari berbagai basis data.

Baca juga : Cara Menjadi Hacker Secara Otodidak

Kemampuan pada DMBS akan membantu Kamu memeriksa sistem untuk integritas data dan konkurensi. Kamu juga bisa melakukan pencatatan dan audit basis data.

5. Kemampuan Tentang Jaringan

Banyaknya ancaman keamanan biasanya berasal dari jaringan. Hal ini menjadikan jaringan komputer memang penting untuk dipelajari oleh setiap White Hacker. Kamu harus memahami tentang bagaimana komputer didalam jaringan saling terhubung.

6. Sosial Engeneering

Sebagai White Hacker, Kamu juga membutuhkan Kemampuan Ini. Sosial Engeneering memerlukan manipulasi atau meyakinkan orang untuk memberikan informasi rahasia. Informasi itu bisa berupa kata sandi, detail keuangan, dan lainnya.

Dengan Kemampuan Sosial Engeneering, Kamu bisa berinteraksi dengan target kamu tanpa mengungkapkan maksud dan tujuan. Jika tidak memiliki kemampuan ini, mulai pelajari supaya bisa membantu kamu menjadi White Hacker yang cerdas dan professional.

Demikianlah artikel tentang cara menjadi hacker white hat untuk pemula. Jika kamu ingin lebih mendalam kamu bisa belajar secara otodidak melalui pdf yang bisa kamu cari melalui google. Semoga bermanfaat.