Cara Menjadi Hacker Secara Otodidak

Cara Menjadi Hacker Secara Otodidak
Daftar Isi Artikel

Selama ini kamu tentu sering mendengar istilah hacker. Sosok yang kita kenal sebagai pihak atau orang yang meretas suatu sistem dan menyebabkan kekacauan atau kerugian. Sebenarnya hacker tidak selalu identik dengan tindak kejahatan.

Istilah hacker untuk seseorang atau sekelompok orang yang memiliki keinginan untuk mengetahui secara spesifik tentang bagaimana cara kerja sistem, baik pada komputer atau jaringan dan code untuk menjadi ahli dalam menguasai teknik komputer.

Hal tersebut karena hacker terdiri dari dua kategori yaitu White Hat (hacker yang menggunakan keahliannya untuk memperbaiki kerusakan sistem) dan Black Hat (hacker yang menggunakan skillnya untuk merusak sistem atau mencuri data). Tidak semua bisa menjadi hacker, namun skill hacker bisa dipelajari secara otodidak lho. Bagaimana caranya? Berikut cara menjadi hacker secara otodidak.

Cara Menjadi Hacker secara Otodidak

Kamu bisa menjadi hacker yang bisa masuk ke dalam sebuah sistem walaupun tidak mendapatkan pendidikan khusus sebagai hacker. Dengan belajar melalui berbagai sumber, kamu bisa menjadi hacker yang handal. Namun, perlu kamu ingat gunakan keahlian yang kamu miliki untuk hal positif, misalnya masuk ke dalam sistem untuk memperbaiki kerusakan.

1. Pelajari Kode Programing


Selain menyiapkan semangat dan perangkat untuk belajar menjadi hacker ahli, ada hal utama yang perlu kamu pelajari yaitu kode programing. Kamu perlu memahami dari hal dasar seperti bahasa pemrograman. Karena dalam praktiknya sebagai hacker, kamu akan selalu berurusan dengan bahasa pemrograman untuk melacak atau meretas suatu sistem.

Tak perlu khawatir, meskipun kamu tidak pernah kuliah di bidang tersebut. Kamu bisa mempelajari bahasa atau kode pemrograman dari berbagai sumber. Misalnya internet, youtube, buku, atau orang-orang yang mengerti kode programing.

2. Siapkan Software atau Aplikasi Pendukung


Hal selanjutnya yang perlu kamu siapkan untuk mendukung aksimu yaitu software untuk melakukan peretasan. Jika kamu sudah memahami bahasa pemrograman, akan mudah bagimu untuk menggunakan software khusus hacker atau tools hacker. Ada beberapa software utama yang menjadi perangkat para hacker yaitu Linux, Windows, dan FreeBSD.'

Tak terkecuali software yang berfungsi untuk meretas password user dengan jaringan internet. Mampu melacak password suatu akun dan masuk ke dalam sistem menjadi salah satu keahlian dasar yang harus dimiliki hacker pemula. Namun, ingat meskipun kamu bisa mengetahui password orang lain, jangan gunakan untuk hal yang merugikan atau tindak kejahatan.

3. Bergabung dalam Komunitas Hacker


Tingkatkan terus kemampuanmu sebagai hacker dengan cara bergabung dengan komunitas hacker. Kamu akan mendapatkan banyak keuntungan, diantaranya: memiliki banyak teman yang sama-sama tertarik menjadi hacker, mulai dari yang pemula hingga senior atau profesional. Selain itu, kamu juga berkesempatan mendapatkan ilmu atau informasi terbaru tentang dunia hacking. Bahkan jika ada hal yang belum kamu pahami, kamu bisa bertanya dalam komunitas tersebut. Komunitas hacker ini bisa kamu ikuti melalui media sosial seperti grup atau fanspage facebook maupun akun-akun resminya di twitter dan instagram.

Baca Juga : Film Hacker Terbaru 2019

4. Berpikir sebagai Seorang Peretas


Membangun mindset sebagai seorang peretas akan mempengaruhi cepat lambatnya belajar teknik hacking. Berpikir sebagai seorang peretas artinya kamu perlu melatih diri untuk berpikir secara kreatif, tertarik dengan tantangan dan mencari solusi untuk menyelesaikan masalah yang terjadi hingga tuntas. Ingat, bahwa disini kamu berperan sebagai peretas baik atau white hacker. Jadi selama melakukan peretasan usahakan tidak mencuri data dan menyalahgunakan data tersebut untuk kejahatan.

Baca Juga : Mau jadi Hacker Pro? Pelajari Kemampuan ini

Itulah 4 cara menjadi hacker secara otodidak. Bisa dikatakan bahwa sebenarnya setiap orang bisa menjadi hacker tanpa harus sekolah dan kuliah di bidang tersebut. Melalui kemajuan teknologi, kamu bisa menjadi hacker secara otodidak dengan belajar secara mandiri. Kamu bisa memanfaatkan internet untuk mencari modul atau materi berkaitan dengan hacker.