10 Perbedaan dari istilah Hacking dan Cracking di Dunia Cyber

10 Perbedaan dari istilah Hacking dan Cracking di Dunia Cyber
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Apa yang ada di pikiran kamu jika ada membaca istilah hacking dan Cracking? Sedeorang yang sering hack komputer? Atau seorang yang memiliki hobi merusak sistem keamanan komputer? Garis besarnya memang Hacker merupakan seorang yang mempunyai hobi mencari bug untuk menyusup kedalam sebuah sistem komputer.

Tetapi istilah Cracking atau Cracker, ini adalah orang yang sering meretas atau merusak sistem komputer. Jadi singkatnya seperti itu tentang perbedaan Hacker dan Cracker. Tak cuma sebatas perbedaan saja ya. Ternyata, ada beberapa perbedaan lain jika membandingkan antara Hacker dengan Cracker. Nah jika kamu penasaran tentang perbedaan antara kedua istilah ini. Kamu harus bisa membaca ulasan kami secara lengkap dibawah ini.

Keterangan dari istilah Hacker dan Cracker

Kejahatan siber yang banyak diketahui oleh sebagian orang adalah hacking. Padahal, selain hacking terdapat juga salah satu kejahatan siber yang biasa disebut dengan cracking. 

✔ Hacker

Hacker memiliki arti sebagai orang yang cuma ingin menyusup atau meretas saja biasanya tidak sampai merusak. Bisa dibilang hacker ini seseorang yang mempunyai kelebihan dalam mengoprek komputer juga jaringan komputer. Ibarat seseorang yang sudah berhasil masuk atau menemukan celah hanya untuk mengasah kemampuannya dan meningkatkan skill dalam meretas.

✖ Cracker

Lalu bagaimana dengan Cracker? Cracker asalnya dari kata Crack artinya adalah rusak. Otomatis, jika kamu hubungkan dengan Cracker sehingga memiliki arti seseorang yang merusak. Cracker ini lebih mempunyai niat yang negatif jika dibanding dengan Hacker. Ada banyak, Cracker ini sering untuk mencuri informasi rahasia dan dipakai untuk kepentingan tidak baik. Contohnya, beberapa informasi rahasia dan tidak boleh disebarluaskan, Tetapi justru mereka menyebarluaskan informasi tersebut.

Hacker dan Cracker di Mata Orang Awam

Arti dari kedua kata tersebut sekarang ini dinilai telah alami penyimpangan makna dari salah seorang hacktivist di Indonesia. Lalu bagaimana dari mata orang awam?

✔ Hacker

Hacker ada juga yang legal. Terdapat sebuah instansi ternama di dunia yang mempunyai Hacker handal untuk sekedar mengamankan sistem komputernya. Jadi Hacker dikenal sebagai apa? Sebagian orang memilih jika Hacker dikenal sebagai seseorang yang dapat membuat dan mengembangkan sesuatu dengan tujuan postif dibanding dengan seorang Cracker.

✖ Cracker

Jika seseorang yang handal saat meretas dan menyusup pada sistem komputer yang punya tujuan mengambil informasi ilegal atau tanpa izin itu adalah Cracker. Para Cracker ini dikenal sebagai perusak sistem dan jaringan komputer. Tidak segan - segan Cracker berani bertentangan dengan hukum.

Tingkatan Hacker dan Cracker

Mengingat Hacker merupakan seorang yang mengarah ke hacking tapi untuk hal positif, Jadi orang - orang sepakat jika Hacker mempunyai tingkatan yang lebih daripada Cracker. Bahkan, Hacker dinilai lebih pintar dan bijak. Hal itu disebabkan, Hacker dinilai memiliki keahlian yang istimewa dalam mengamankan sistem keamanan komputer. Mereka mungkin akan meretas untuk melatih kemampuannya itu dengan maksud yang positif.

Beda sekali dengan Cracker yang dinilai punya tingkatan lebih rendah andai di bandingkan dengan Hacker. Memang sering sekali Cracker memiliki keahlian yang istimewa dalam bagian sistem komputer. tapi sayang sekali, kemampuannya ini tak diimbangi dengan hal-hal positif. Seperti Cracker lebih suka untuk mengubah dan mengambil info/software yang bukan wewenangnya. oleh karena itu, Cracker dinilai mempunyai tingkat yang rendah dari Hacker. tetapi tak bisa dipungkiri, seorang Cracker bisa untuk membuat dan menciptakan software dan tools baru.

Perbedaan Hacking dan Cracking

Seperti yang telah dijelaskan diatas, cracking termasuk kejahatan cyber berbahaya, berbeda dengan hacking. Jadi sebetulnya apa perbedaan hacking dan cracking?

✔ Hacking

  • Bisa dikerjakan dengan legal.
  • Mencari kelemahan sistem untuk tujuan uji coba dan membuat sistem jadi lebih kuat.
  • Memakai IP address yang bisa dilacak.
  • Mempunyai komunitas kuat dan luas, untuk mendalami kemampuan hacking.
  • Jika terdapat sistem yang memiliki bug, hacker dengan terbuka memberi info tersebut kepada pemilik sistem.

✖ Cracking

  • Tindakan yang ilegal atau tak bertanggung jawab.
  • Mencari kerentanan untuk meretas dan mengambil alih sistem.
  • Memakai IP address yang tak bisa dilacak atau diketahui oleh banyak orang.
  • Mempunyai kelompok atau team tersembunyi. Bisa saja seorang cracker akan bekerja sendiri.
  • Memanfaatkan kelemahan untuk menjatuhkan, merusak, dan menghilangkan sistem tanpa diketahui pemiliknya.

Kesimpulan

Nah, demikianlah pembahasan tentang Perbedaan Hacking dan Cracking. Jadi, jika kamu ketemu seorang yang handal hack komputer dengan tujuan mencuri data atau tujuan buruk lainnya, kamu bisa katakan dia seorang Cracker. Jika Kamu ingin untuk mempelajari cara meretas komputer maka sebaiknya kamu belajarlah menjadi seorang Hacker dengan tujuan baik kami memiliki banyak sekali artikel tentang hacking. Silahkan kamu belajar dan membaca magelang1337.com. Terima kasih!

Penulis: Nadine

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>