Langkah Mudah Membuat Animasi Slide Pada Powerpoint

Langkah Mudah Membuat Animasi Slide Pada Powerpoint
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Presentasi yang baik bukan cuma dilihat dari isinya aja, bantuan tampilan yang menarik juga mampu mengusir kejenuhan dan mampu menjadikan orang untuk antusias ikut melihat presentasi yang kita sampaikan. satu diantara banyak cara yang mampu kita pakai ialah dengan memberi atau menambahkan animasi di presentasi kita. Dengan menggunakan fasilitas yang ada di microsoft powerpoint, kamu mampu membuat animasi untuk tampilan terutama di saat transisi antar slide presentasi yang ditampilkan.

Dalam artikel ini, kami akan share Cara Membuat Animasi Slide di Powerpoint. kamu akan berlatih menambahkan berbagai jenis animasi utama kedalam presentasi. kamu juga akan belajar memakai powerpoint dengan benar artikel yang kami sajikan mudah-mudahan dapat menyediakan tutorial membuat animasi terbaik yang pernah ada di PowerPoint.

Beberapa Jenis Animasi Pada PowerPoint

Pada aplikasi PowerPoint ada beberapa jenis animasi yang mempunyai fungsi yang berbeda yakni seperti dibawah.

1. Entrance Effect : Entrance effect berfungsi untuk memberikan animasi seperti memunculkan objek dari tak ada menjadi ada. Contohnya jenis Fade.
2. Emphasis Effect : Emphasis effect berfungsi untuk menekankan objek jadi akan lebih menonjol seperti yang lainnya. Contoh jenis Fill Color (mengubah warna shape).
3. Exit Effect : Efek ini memiliki fungsi untuk menghilangkan suatu objek di slide presentasi. Contohnya adalah jenis Fade.
4. Motion Path : Berfundsi untuk memindahkan suatu objek dari titik ke titik lain. Contoh jenis Lines.

Langkah - langkah Membuat Animasi di PowerPoint

Animasi berfungsi buat melengkapi konten dan menarik mata. Efek animasi mestinya tak menjadi fokus utama slide. Jadai konten kamu seharusnya hal paling utama. Berikut adalah tips untuk menambahkan animasi ke presentasi PowerPoint.

A. Memilih objek yang mau diberikan animasi.

Objek ini bisa berupa teks, gambar atau shape yang kamu buat. Kamu dapat pilih satu persatu gambar itu atau dapat uga memilih langsung sekaligus dengan cara menekan tombol Ctrl lalu klik gambar lainnya.

B. Memilih Animasi yang Sesuai

Selanjutnya yaitu memilih animasi yang kamu inginkan. Kamu dapat memilih lebih dari 4 jenis animasi diPowerPoint. Jika kamu memilih Entrance Effect jenis Fade nantinya gambar akan muncul perlahan. Lalu cara membuat animasi seperti dibawah ini
  • Klik tab Animations kemudian klik tanda panah kebawah
  • Nantinya muncul tampilan seperti berikut


  • Pilih More Entrance Effects dan pilih Fade lalu OK.
Sekarang slide presentasi kamu telah berhasil ditambahkan animasi. Untuk cara membuat Slide animasi Pada Powerpoint dengan jenis animasi lainnya kurang lebih sama saja. Kamu dapat melakukan hal yang sama dengan objek berbeda dan animasi berbeda juga.

C. Cara Membuat Animasi Motion Path

Animasi Entrance Emphasis memiliki langkah untuk menambahkan animasi yang sama. Tetapi untuk Motion Paths terdapat sedikit cara yang berbeda Begini panduan menambahkan animasi Motion Paths
  • Pilih objek yang mau kamu beri animasi
  • Klik tab animations lalu klik panah kebawah
  • Kemudian scroll kebawah sedikit dan pilih Lines
  • Untuk keterangan dari sini titik hijau merupakan titik awal objek dan titik merah ialah titik akhir objek.
  • Lakukan drag di titik merah pada tempat yang kamu mau.
  • Dan slide telah berhasil ditambahkan animasi Motion Paths.

Mengatur Durasi Animasi

Kadang ada presentasi dengan animasi yang terlalu cepat atau terlalu lambat sehingga cukup mengganggu presentasi tersebut. Hal ini disebabkan kurang tepat waktu memilih durasi animasi. Cara mengubah durasi animasi powerpoint sebagai berikut.
  • Pilih objek yang telah diberi animasi
  • Pilih tab Animations kemudian klik Animation Pane (PowerPoint 2010, 2013, 2016) atau Custom Animation (PowerPoint 2007)
  • Klik kanan di tulisan objek lalu pilih Timing
  • Masukan durasi yang sesuai. contoh saja cobalah masukan nilai 0,3. Sehingga animasi itu akan bergerak selama 0,3 detik.

Cara Mengatur Urutan Animasi

Mengatur urutan animasi memang cukup berguna saat kamu akan menjelaskan suatu proses dengan bertahap. Dikarenakan ini akan membuat presentasi kamu jadi terlihat lebih profesional. Caranya seperti dibawah.
  • Pilih objek yang telah diberi animasi
  • Pilih tab Animations kemudian di bagian timing “klik move earlier” agar membuat animasi lebih dahulu di jalankan dan move later supaya animasi diakhirkan untuk dijalankan.
  • Atur supaya tampilan animasi sesuai dengan yang kamu harapkan.

Cara Membuat Animasi Pergantian Slide Powerpoint

  • Untuk yang memilih lebih dari satu slide kamu dapat memakai klik tombol mouse sambil tekan tombol CTRL atau SHIFT.
  • Untuk menghilangkan animasi pergantian antara slide kamu dapat memilih “No Transistion” yang ada pada urutan pertama animasi.
  • Animasi yang dipakai jangan terlalu banyak. Karena animasi transisi yang terlalu berlebih justru dapat mempengaruhi dan membuat audiens jadi pusing atau lelah mengikuti presentasi kamu.

Tips Penting Saat Memakai Animasi pada PowerPoint

Jika kamu memakai dan menggunakan fitur animasi di aplikasi PowerPoint ada beberapa tips yang penting supaya presentasi kamu terlihat profesional. Berikut Tips Membuat Animasi Slide Pada Powerpoint

1. Pakailah animasi yang sederhana

Hindari memakai animasi yang terlalu berlebihan. Animasi yang sederhana seperti Entrance Effect : Fade, Appear, wipe, peek in, Emphasis Effect : Pulse, fill color, Exit Effect : Fade, dissapear, wipe, peek out

2. Pakailah animasi bila diperlukan saja

Hindari memakai animasi jika memang tidak diperlukan karena jika kamu terlalu memaksakan bisa mengakibatkan presentasi jadi terlihat kurang serius.

3. Memakai Durasi dan urutan Animasi dengan Tepat

Jika kamu membuat animasi dan mekakai Durasi terlalu lama atau malah terlalu cepat bisa mengganggu perhatian audiens, dan jangan lupa dengan Urutan, urutan animasi yang tak tepat dapat membingungkan audiens jadi gunakanlah durasi lalu urutan yang tepat.

4. Melakukan Uji Coba Slide Animasi

Sebelum presentasi dirampilkan di depan audiens ada baiknya lakukanlah uji coba terlebih dahulu supaya jika terjadi kesalahan kamu akan mengetahui kekurangan dari slide yang dibuat.

Akhir Kata

Animasi merupakan fitur PowerPoint yang cukup berguna saat kita pakai dengan settingan yang tepat. Pesan kami jangan memakai banyak  animasi yang tak penting disuatu slide presentasi. Jika berlebihan pasti membuat audiens malah kesulitan ketika mencerna informasi yang kamu berikan.

Demikian artikel mengenai Langkah Membuat Animasi Slide di Powerpoint juga ada tips memakai animasi di PowerPoint. Untuk kamu tambah terampil saat membuat animasi PowerPoint. Semoga bermanfaat untuk semua.

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>