7+ Tips Cara Mengatasi WiFi Indihome Lemot 2020

7+ Tips Cara Mengatasi WiFi Indihome Lemot 2020
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Trik cara mengatasi WiFi Indihome lemot agar internet semakin cepat. Kita semua mengetahui Kecepatan internet dari WiFi sudah menjadi andalan bagi semua orang, setiap gadget yang tersambung ke internet dengan lancar dan streaming tidak ada hambatan. Tetapi, kenapa indihome lemot 2020. Ada banyak alasannya kenapa WiFi bisa  lemot, diantaranya dikarenakan oleh macetnya sinyal, bandwidth bermasalah , dan keterbatasan hardware.

Selain penyebab tadi, kecepatan WiFi yang melambat juga karena kesalahan konfigurasi router broadband, gangguan nirkabel, ataupun masalah teknis lainnya. itu beberapa masalah yang mempengaruhi kecepatan dan stabilitas koneksi internet WiFi kamu. Tapi kamu bisa memperbaiki sendiri, sebelum menghubungi teknis ahli yang akan memakan waktu lama. Berikut ini adalah 8 cara mengatasi Wifi Indihome tidak stabil dan lemot.


Cara Mengatasi Wifi Indihome Lemot Agar Internet Kembali Normal

1. Memakai Network Extender

Penyebab kecepatan WiFi Lemot adalah karena banyaknya perangkat yang terpasang ke jaringan yang sama. Kamu pasti pernah dengar "network extender", ini merupakan perangkat murah yang bisa membantu memperluas jangkauan WiFi. Jadi, jika kamu mau mempercepat atau memperbaiki kecepatan WiFi, kamu bisa membeli dan memasang Network Extender. Alat ini bisa didapatkan secara online.

2. Memeriksa Settingan Router

Sebagai pusat dari jaringan, router broadband bertanggung jawab dari semua koneksi internet yang lambat jika tidak dikonfigurasi dengan benar. Contohnya, Settingan MTU router yang tidak benar bisa menyebabkan masalah kinerja, jika disetel terlalu tinggi atau rendah. Sehingga ketika indihome lemot 2020, kamu pastikan pengaturan router harus sama dengan pabrikan dan rekomendasi penyedia layanan internet. Ingat setiap perubahan ada konfigurasinya agar bisa diubah jika memerlukannya.

3. Mengaktifkan Mode Jaringan Tamu dan Menyesuaikan QoS

Cara mengatasi Wifi Indihome yang lemot paling sederhana adalah dengan cara mengatur router WiFi terpisah, atau kamu bisa mengaktifkan opsi "Jaringan Tamu" pada router. Jaringan tamu dibuat untuk memberikan pengunjung akses yang terbatas ke jaringan WiFi, Jadi kecepatan WiFi yang kamu gunakan tidak akan melambat, Hal ini juga memberikan kemampuan untuk memprotect serangan ke perangkat utama berbasis web tertentu. Terakhir, Kamu sesuaikan settingan QoS router.

4. Menghindari Gangguan Pada Sinyal

Wi-Fi indihome tidak stabil karena gangguan sinyal, komputer membutuhkan pesan terus mengirim ulang untuk mengatasi sinyal tumpang tindih. peralatan rumah tangga, benda besar dan padat bisa memblokir sinyal WiFi. Meskipun alat ini dekat dengan router, akan diblokir oleh penghalang, mungkin tidak akan terhubung. Nah, cara untuk mengatasi Indihome Wifi lambat dan internet kembali cepat lagi adalah dengan mengubah posisi router dan mengganti saluran nomernya.

5. Meng-Update Software Router

Ini bukan cuma cara mempercepat Wifi Indihome yang lemot tetapi dapat memperbaiki koneksi internet indihome. Caranya adalah dengan mengupdate firmware router, Hal ini bisa membuat Wi-Fi lebih efisien, juga melindungi dari pelanggaran keamanan yang baru ditemukan. Untuk mengupdate-nya ketikkan alamat IP router kamu di browser dan membuka halaman administrator router lalu periksa terdapat  pembaruan. 

6. Waspada dengan Malware dan Worm

Worm internet merupakan program software yang berbahaya dapat menyebar dari satu perangkat ke perangkat lain, melalui jaringan komputer kamu. Jika ada perangkat yang sudah terinfeksi oleh worm internet atau malware, Biasanya secara spontan akan menghasilkan lalu lintas jaringan tanpa sepengetahuan dan menyebabkan koneksi menjadi lemot. Cara untuk mengatasi Wifi Indihome lemot karena hal ini adalah dengan mengupdate anti-virus untuk menangkap dan menghapus worm dan malware di perangkat tersebut.

7. Menghubungi Layanan Penyedia Internet

Kecepatan internet tergantung pada penyedia layanan, ISP bisa mengubah konfigurasi jaringannya atau mengalami kesalahan teknis yang tidak sengaja dan menyebabkan koneksi internet menjadi lambat. ISP juga bisa dengan sengaja memasang filter dan kontrol pada jaringan yang akan menurunkan kinerja pada jaringan. Cara mengatasi Wifi Indihome lemot karena hal ini agar dengan hubungi penyedia layanan internet kamu.

8. Menghentikan Program Latar Belakang yang bisa Mengganggu Bandwidth

Beberapa aplikasi yang menjalankan proses di latar belakang tersembunyi di balik aplikasi lain, di mana akan mengkonsumsi diam-diam sumber daya jaringan dan bisa membuat indihome lemot. Memang hal ini tidak seperti worm, aplikasi seperti game atau program yang dirancang tersebut untuk melakukan pekerjaan bermanfaat dan tidak boleh dihapus dari perangkat itu sendiri. Kamu bisa cek jika ada program yang berjalan di latar belakang, lalu bersihkan. Tetapi jangan dihapus!


Demikianlah Cara Mengatasi WiFi Indihome Lemot agar bisa kembali normal, Jika kamu tidak mengetahui atau minim tentang permasalahan WiFi kamu bisa meminta bantuan kepada teman atau saudara yang sudah paham dengan WiFi. Semoga cara diatas bisa mengatasi permasalahan kamu. Terima kasih.