Sering Install ulang Laptop Rusak atau tidak? Ini penjelasannya

Sering Install ulang Laptop Rusak atau tidak? Ini penjelasannya
Daftar Isi Artikel

Saat laptop yang kamu punya mempunyai masalah seperti lemot atau terkena banyak virus, kamu pasti sering dapat masukan dari teman solusinya yaitu langsung "instal ulang aja". Kadang dengan cara install ulang dapat mengatasi masalah tersebut seketika.

Tetapi, jika kita sering melakukan instal ulang apakah bisa berakibat buruk pada laptop kita? Bahkan ada yang bilang, bisa membuat laptop akan cepat rusak. Apakah benar kalau keseringan menginstall ulang laptop mempunyai seburuk itu efeknya?

Berikut ini adalah pembahasan lengkap banyaknya pertanyaan tentang Akibat terlalu sering instal ulang pada Windows.

Terlalu Sering Install Ulang Laptop

Sebenarnya, proses dari instal ulang komputer/laptop itu sendiri ini adalah proses yang menyangkut pergantian juga pembaruan software yang dipakai di laptop dengan berbagai tujuan.

Biasanya pemakai laptop perlu menginstal ulang perangkat yang dipakai dikarenakan ingin menghapus infeksi virus yang susah untuk bisa disembuhkan melalui software antivirus, bisa juga dengan mengganti OS lain atau yang lebih baru dan menghapus tumpukan registry untuk mempercepat kinerja laptop.

Baca Juga : Cara Cepat Hapus Virus Di (PC) Laptop

Dugaan terkait seringnya menginstal ulang laptop bisa membuat laptop cepat rusak itu dapat dikatakan salah kaprah. Dikutip dari laman Merdeka tekno, langkah yang menyangkut masalah software ini tentu tidak berdampak banyak pada hardware yang ada didalam perangkat laptop, apalagi membuatnya cepat rusak.

Jika ada kerusakan saat proses instal ulang OS pada laptop itu pun pasti karena adanya kesalahan pada instalasi. Kerusakan setelah proses instal ulang bisa dipastikan karena terjadi kesalahan tetapi jika langkah instalasi yang dilakukan benar maka laptop akan baik-baik saja.

Urusan kerusakan hardware di laptop itu adalah urusan lain lagi. Kerusakan hardware ini biasanya bisa disebabkan karena penggunaan yang salah, atau pemakai tidak merawat laptop seperti seharusnya.

Langkah amannya memang lebih baik cermati dulu gejala kerusakan pada laptop kamu terlebih dahulu. Jika memang harus  diinstal ulang ya lakukan, tapi jika masih bisa diatasi dengan langkah lain ya mending tidak usah.

Waktu yang baik Laptop harus Diinstall Ulang

Beberapa software mungkin saja akan membuat laptop Kamu akan bekerja keras, sehingga harus melakukan proses install ulang. Berikut ini adalah waktu yang baik untuk menginstal ulang laptop.

1. Sering Restart Mendadak

Jika laptop kamu tiba-tiba menerima pemberitahuan untuk mengharuskan kamu melakukan restart? Atau mungkin saja tiba-tiba laptop kamu mengalami restart secara otomatis? Kondisi ini mungkin bisa disebabkan oleh keadaan sistem operasi yang sudah melemah karena terdapat virus pada laptop.

2. Loading Laptop Menjadi Lambat

Proses loading lambat akan terjadi kepada setiap jenis laptop, dari harga laptop mahal sampai murah sekalipun. Tetapi, jika masalah ini sering terjadi, maka bisa dipastikan ada masalah di sistem operasi ataupun software yang dipakai pada laptop. Jika Kamu mengalami hal ini, dipastikan laptop kamu memerlukan proses instal ulang.

3. Program Sering Tertutup Sendiri (Force close)

Hal ini adalah ciri yang khas untuk menandai sistem operasi laptop kamu harus segera diperbaharui dan ditangani, karen jika terjadi kepada program yang behubungan dengan pekerjaan kamu akan sangat mengganggu. 

4. Muncul PopUp Not Responding

Munculnya kolom not responding bukan hal yang bagus bagi laptop Kamu. Hal ini menandai biasanya laptop tidak mampu lagi bekerja seperti biasa. Masalah yang terjadi adalah karena sistem operasi laptop kamu yang mulai lambat. Sehingga, proses install ulang disarankan supaya popup tersebut tidak muncul kembali dan semua sistem bisa bekerja kembali seperti biasanya. 

5. Booting Laptop Lama

Proses booting lama bisa disebabkan karena program yang sudah berjalan otomatis ketika laptop dihidupkan atau karena sistem operasinya yang sudah bekerja cukup lama. Sehingga, jika laptop Kamu waktu mengalami booting lama, Kamu harus segera memeriksa terlebih dahulu dibagian startup. 

Pastikan bahwa startup kamu kosong (tidak menampilkan program). Jika iya, maka bisa dipastikan proses instal ulang sistem operasi diperlukan untuk laptop kamu. 

Baca Juga : Cara Membuat Modem Laptop Dengan CMD 

Sehingga proses install ulang laptop secara berulang tidak akan membuat laptop mengalami kerusakaan. Jadi, jika ada yang bertanya adakah batas maksimal instal ulang laptop. Maka jawabannya tidak ada batasan.

Demikianlah artikel tentang instal ulang laptop. Jangan takut untuk menginstall ulang laptop jika mengalami ciri-ciri diatas, karena bisa saja laptop akan mati secara tiba-tiba yang mengakibatkan hilangnya file penyimpanan yang kamu miliki. Terima kasih!