Mudahnya Belajar Online dengan Aplikasi Kaizala

Mudahnya Belajar Online dengan Aplikasi Kaizala
Daftar Isi Artikel


Magelang1337.com - Selain Whatsapp, proses belajar online dengan aplikasi Kaizala juga mulai populer di kalangan pelajar dan guru sekolah. Ya, tak sedikit orang yang mulai beralih ke aplikasi ini karena fiturnya lebih lengkap serta mudah digunakan.

Seperti yang kita tahu, sudah hampir satu tahun sekolah ditutup, guru dan murid tak lagi bisa saling tatap muka secara langsung. Tetapi, dengan dukungan teknologi, komunikasi tetap bisa berjalan meskipun hanya melalui smartphone.

Hadirnya ragam aplikasi seperti Microsoft Kaizala turut berpengaruh terhadap dunia pendidikan di era digital. Tak peduli dengan adanya jarak, sekolah tetap bisa berjalan dengan sistem online.

Apa itu Microsoft Kaizala?

Microsoft Kaizala adalah sebuah aplikasi chatting yang dibuat oleh Microsoft. Kalau disandingkan dengan Whatsapp, kurang lebih fungsi keduanya sama. Tapi, ada banyak perbedaan Kaizala dan Whatsapp mulai dari tampilan hingga fitur.

Pada dasarnya, Kaizala dibuat untuk memudahkan komunikasi di ruang lingkup kerja. Sejak kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online, orang-orang mulai menggunakan aplikasi ini untuk menunjang kegiatan belajar online.

Baca Juga : Cara Belajar Matematika jadi mudah dengan Android

Dengan ukuran aplikasi yang sangat ringan, tak heran kalau Kaizala mampu menjadi saingan berat aplikasi chatting lain. Terlebih, pengguna bisa mendaftar secara gratis dengan hanya memasukan nomor hp tanpa perlu akun email.

Meskipun masih kalah populer dibandingkan Whatsapp, tapi Microsoft Kaizala bisa jadi pilihan alternatif jika kamu ingin menggunakan aplikasi chatting yang memiliki tampilan berbeda.

Untuk mengunduhnya, kamu bisa langsung membuka Google Play maupun App Store dan cari aplikasi Microsoft Kaizala di kolom pencarian.

Setelah aplikasi terunduh, kamu tinggal melakukan verifikasi nomor hp dan mulai menambahkan kontak guru maupun teman. Selanjutnya kamu bisa menjelajahi semua fitur di dalam aplikasi yang terlihat sangat ringan dan simple.

Belajar Online dengan Aplikasi Kaizala

Nama Kaizala mungkin belum sepopuler Whatsapp, tapi bukan berarti aplikasi ini jelek. Bahkan bisa dibilang Kaizala memiliki segudang fitur bermanfaat yang memungkinkan pengguna melakukan kegiatan belajar dengan lebih mudah.

Sebagai contoh, dalam belajar online kita harus membuka banyak aplikasi maupun situs. Contohnya untuk absensi menggunakan Zoho Forms, mengirim tugas dengan Whatsapp, dan menerima tugas dari Google Form.

Ribet kan? Dengan menggunakan Microsoft Kaizala kamu bisa melakukan semuanya dalam satu aplikasi. Tidak perlu membuka situs lain yang terkadang membuat kuota internet jadi boros.

Meskipun Kaizala tidak termasuk aplikasi yang didukung kuota gratis dari Kemendikbud, tapi banyaknya keunggulan bisa jadi bahan pertimbangan untuk beralih ke aplikasi belajar online ini.

Fitur Unggulan di Aplikasi Kaizala

Seperti aplikasi chatting pada umumnya, Kaizala dibekali dengan fitur chat, video call, hingga voice call. Semuanya merupakan komponen wajib yang harus ada di aplikasi pendukung online learning. Tanpa fitur tersebut, interaksi antara guru dan murid akan sulit terjalin.

Namun, Microsoft Kaizala memilik fitur unggulan yang tidak ada di Whatsapp atau Telegram. Yang tentunya sangat bermanfaat dan bisa memudahkan guru untuk mendata maupun memberikan tugas kepada murid.

Nah, setelah mengetahui penjelasan tentang aplikasi belajar online Microsoft Kaizala, kamu juga harus tahu apa saja fitur unggulan yang membuat aplikasi ini beda dengan aplikasi sejenis.

1. Fitur Absensi

Kalau biasanya absensi online dilakukan dengan mengirim pesan ke guru atau via Zoom, Microsoft Kaizala memiliki fitur absensi yang lebih canggih. Fitur in memungkinkan kamu untuk mengisi absen secara langsung bahkan disertai jam hadir, lokasi, hingga foto.

2. Fitur Pelatihan

Aplikasi Kaizala dibekali dengan fitur pelatihan yang memungkinkan guru untuk membuat soal pilihan ganda yang dilengkapi kunci jawaban. Setelah itu, murid bisa langsung mengerjakannya. Uniknya, jawaban yang benar/salah bisa langsung diketahui.

3. Fitur Games

Kelebihan aplikasi Kaizala selanjutnya adalah adanya fitur games yang bisa dimainkan saat bosan. Jadi, selain bisa belajar online dengan aplikasi Kaizala, kamu juga bisa mengasah otak dengan ragam permainan seru seperti catur, tic tac toe, hingga tetris.

4. Fitur Survey

Sebenarnya fitur survey bertujuan untuk membuat survey dari semua hal yang berkaitan dengan kegiatan belajar. Tapi, fitur ini juga dapat digunakan oleh para guru untuk membuat soal essay yang bisa diisi langsung tanpa perlu menulis di kertas.

5. Fitur Q&A

Aplikasi Kaizala menghadirkan fitur Question & Answer atau Q&A yang sangat bermanfaat. Di fitur ini kamu bisa berdikusi dan membahas apa saja yang berkaitan dengan pelajaran. Dibandingkan chat biasa, fitur Q&A lebih unggul karena chat-nya tak tertumpuk dengan chat lain.

6. Fitur Polling

Belajar online dengan aplikasi Kaizala banyak kemudahannya, termasuk mengadakan polling pemilihan ketua kelas maupun sekretaris. Yaps, dengan fitur polling para guru bisa mengadakan pemilihan terbuka layaknya pilkada online di Amerika.

7. Fitur Pengumuman

Kalau ada jadwal kegiatan yang penting, kamu bisa menggunakan fitur ini. Lebih sederhana dan cepat tanpa perlu mengirimkan pengumuman via chat yang terkadang suka tertimbun dengan chat lain dan kemungkinan besar akan terlupakan.

8. Fitur Tugas

Dengan fitur tugas, guru dapat membagikan tugas apa saja kepada para siswa yang ada di dalam grup. Hebatnya, tugas langsung diberikan dari aplikasi sehingga setiap anggota bisa mengetahui tugas yang sudah selesai dan yang masih dalam proses.

Dengan ragam fitur serta keunggulannya, bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun ke depan pengguna Kaizala akan melampaui Whatsapp.

Mengingat, persaingan aplikasi mobile di era digital sangat ketat, aplikasi yang menghadirkan fitur lengkap dan berbeda pasti lebih disukai pengguna.

Dengan adanya artikel ini kamu bisa dengan mudah belajar dengan aplikasi kaizala. Apalagi saat wabah yang tidak kunjung rampung. Atau jika anda sebagai orang tua bisa membantu anaknya belajar dirumah dengan aplikasi ini.

Itulah ulasan lengkap mengenai Microsoft Kaizala, sebuah aplikasi yang kaya akan fitur untuk mendukung kegiatan belajar online. Kalau kamu punya pengalaman belajar online dengan aplikasi Kaizala, apa pendapat kamu tentang aplikasi ini?

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>