Prakerja Gelombang 12 Sudah di Buka: Trik Upload KTP dan Update Profile

Prakerja Gelombang 12 Sudah di Buka: Trik Upload KTP dan Update Profile
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Tips Upload foto KTP untuk Prakerja. Foto KTP adalah salah satu syarat saat mendaftaran Prakerja gelombang 12 akan segera dibuka. Prakerja merupakan suatu bantuan yang dilanjutkan oleh pemerintah pada tahun 2021.

Pembukaan pendaftaran ini sudah sampai di gelombang 12 yang akan diumumkan melalui media sosial resmi Kartu Prakerja. Pelaksana program ini mengimbau supaya masyarakat lebih berhati-hati akan informasi soal Prakerja gelombang 12. Pendaftaran Prakerja gelombang 12 hanya resmi dibuka lewat website di www.prakerja.go.id.

Sebelum pembukaan prakerja, alangkah baiknya kamu siapkan syarat untuk mendaftar, contohnya Foto KTP. Karena, tak jarang para pengguna Prakerja mengalami kendala saat akan upload foto KTP di www.prakerja.go.id.

Sebagai pengetahuan ketentuan ukuran dan format file untuk pendaftaran di website Prakerja:

1. Bukan Fotokopi dan semua Bagian KTP ada Dalam Foto

Penyebab kegagalan upload foto KTP di situs Prakerja bisa juga dikarenakan oleh foto yang tidak sesuai dengan ketentuan pendaftaran.

Team pelaksanaan Program Prakerja menghimbau supaya pendaftar selalu memastikan semua bagian dari KTP berada dalam foto yang diupload.

Baca Juga :  Inilah Pelaku Pembuat Situs Hoaks Prakerja.vip

Sebagian dari sisi KTP yang tidak terlihat, juga bisa berpengaruh saat proses verifikasi data. Dan juga pastikan foto KTP yang diupload ketika mendaftar merupakan foto asli dan bukan fotokopi.

2. Foto KTP ukuran Maksimal 2MB

Jika kamu sudah mempunyai foto KTP, pastikan ukuran file tersebut yang diupload tidak lebih dari 2 MB. Ukuran file foto yang melebihi akan secara otomotis ditolak di website Prakerja.

Jika tidak memiliki foto KTP yang mempunyai ukuran 2 MB, kami akan share tools untuk mempermudah mengecilkan ukuran foto.

Cara penggunaan tools ini cukup mudah, cek sebagai berikut:

1. Buka website https://artikelseo1337.blogspot.com/p/optimasi-gambar-seo-100-speed-perkecil.html

2. Pilih "Choose File" selanjutnya kamu pilih foto KTP yang akan diperkecil

3. Cek di bagian bawah Akan langsung terdapat FOTO KTP yang sudah mempunyai ukuran lebih kecil dari sebelumnya.

Baca Juga : Cara Mudah Mendapatkan Uang dengan HP Android

Untuk memperkecil foto pada website tools tersebut kamu cukup melakukannya satu kali saja. Jika terlalu sering mengecilkan FOTO akan menyebabkan foto menjadi blur.

3. Format Foto JPEG atau PNG

Selanjutnya, kamu pastikan format foto adalah JPEG atau PNG. Jika format foto tidak JPG dan PNG maka mesin otomatis akan menolak.

4. Koneksi Internet

Jika syarat dokumen sudah terpenuhi dan masih tidak bisa untuk Upload KTP, cek koneksi internet kamu stabil. karena koneksi internet juga berpengaruh saat meng-upload foto KTP. Tipsnya mendaftarlah memakai laptop atau komputer. Dan pastikan koneksi stabil.

5. Pastikan NIK KTP sudah Terdaftar

Selain dari syarat ukuran foto dan format file, kamu pastikan juga nomor KTP sudah terdaftar saat upload di Prakerja Gelombang 12.

Baca Juga : 8 Cara Cepat Mencari Saldo PayPal Gratis

Dalam FAQ pada Kementerian Ketenagakerjaan, Seseorang calon pendaftar Prakerja menanyakan soal NIK yang tak terdaftar atau tidak ditemukan saat mendaftar Prakerja. NIK tidak valid biasanya disebabkan karena :

# Disdukcapil Kota/Kabupaten tempat kamu tinggal, belum melakukan update database atau sinkronisasi ke Disdukcapil Pusat.

#. Peserta bisa menghubungi Dukcapil Pusat untuk  melakukan verifikasi dan menge-cek NIKnya pada Call Center : 1500537, Facebook : Ditjen Dukcapil, Whatsapp : 08118005373, Twitter : @ccdukcapil, Email : callcenter.dukcapil@gmail.com dan SMS : 08118005373.

Demikianlah Panduan untuk Prakerja Gelombang 12 saat Upload KTP dan Update foto Profil. Semoga bermanfaat.