Cara Merubah Suara Menjadi Teks Tulisan 2021

Cara Merubah Suara Menjadi Teks Tulisan 2021
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Cara Mudah mengubah suara menjadi teks bahasa indonesia. Perkembangan dunia digital turut menghadirkan ragam cara mengubah suara video menjadi teks dengan mudah. Yaps, kata maupun kalimat yang kita ucapkan dapat di-convert dalam bentuk tulisan berbekal teknologi dari situs dan aplikasi speech to text.

Tentunya ini menjadi keuntungan bagi orang-orang yang malas menulis. Terlebih, jika tulisannya terdiri dari banyak kata seperti skripsi dan artikel yang menguras banyak waktu kalau diketik manual.

Untuk itu, dengan mengubah suara menjadi teks bahasa Indonesia, pekerjaan jadi lebih cepat selesai. Apalagi kalau sudah tersedia referensi, kita tinggal membaca dan secara otomatis suara dari mikrofon akan menjadi sebuah teks.

Cara Mengubah Suara Menjadi Teks Tulisan

Bagi orang yang bekerja di bidang penulisan atau mahasiswa, bisa dibilang ini bukan hal baru dan termasuk salah satu jalan pintas yang dapat meringankan pekerjaan.

Nah, pada artikel ini akan diulas bagaimana cara mengubah suara jadi tulisan, beserta situs dan aplikasi apa saja yang digunakan.

1. Menggunakan Tools Voice Typing di Google Docs

Google Docs adalah layanan pengolah data yang bisa digunakan untuk membuat dokumen, formulir, hingga presentasi. Selain tersedia dalam versi aplikasi, Google Docs juga bisa digunakan via website dengan antarmuka yang lebih cepat dan efisien.

Selain mengetik, pengguna juga bisa mengucapkan kata yang kemudian akan menghasilkan sebuah output dalam bentuk teks tulisan atau speech to text.

Baca Juga : Cara Mencari Judul Lagu Lewat Suara Online

Tapi, meskipun sudah lama dirilis, cara mengubah suara menjadi teks di Google Docs masih terdengar asing bagi sebagian orang. Untuk itu, berikut beberapa langkah mudah menggunakan voice typing di Google Docs. 

  • Langkah pertama buka Google Docs melalui link berikut https://docs.google.com/document/u/0/ 
  • Selanjutnya pilih Resume dan hapus semua teks yang ada di dalamnya
  • Jika ingin ganti nama dokumen, klik saja tulisan Resume di bagian pojok kiri atas
  • Setelah itu klik menu Tools dan pilih Dikte (Voice Typing)
  • Pada pop up yang ada ikon mic, ganti bahasa sesuai kebutuhan
  • Kemudian klik ikon mic-nya untuk mulai menjalankan fitur Voice Typing
  • Terakhir, tinggal ucapkan kata per kata yang ingin dibuah menjadi teks

Pada beberapa kasus, ada yang tidak menemukan tools Dikte atau Voice Typing di Google Docs. Nah, ini biasanya disebabkan karena pengguna memilih dokumen Kosong. Jadi, agar tools tersebut tersedia di menu, pilihlah dokumen Resume.

Selain itu, ada juga yang sudah mengikuti langkah di atas, namun kata-kata yang diucapkan tidak muncul di dokumen. Kalau seperti ini, penyebabnya bisa jadi karena mikrofon pada earphone rusak atau tidak terhubung ke perangkat.

2. Menggunakan Microsoft Word versi Online

Selanjutnya kamu bisa menggunakan Microsoft 365 yang memungkinkan pengguna mengubah suara jadi tulisan. Untuk mengikuti langkah ini, pertama silahkan buka Microsoft 365 di Chrome maupun Microsoft Edge.

  • Selanjutnya buka Beranda dan pilih Dictate Dropdown
  • Kemudian klik Transcribe
  • Setelah itu jika semua sudah siap, silahkan pilih tombol Start Recording
  • Biasanya browser akan meminta izin untuk menggunakan mic, klik Allow
  • Pada langkah ini silahkan mulai berbicara dengan pelan dan jangan terburu-buru agar suara yang dikeluarkan jelas
  • Jika sudah selesai, kamu bisa menyimpan dan mengubah suara jadi teks dengan menekan tombol Save and Transcribe Now
  • Biarkan proses berjalan, biasanya waktu yang dibutuhkan tergantung banyaknya kata dan kecepatan internet

Jika proses transcribe sudah selesai, kamu bisa membuka OneDrive untuk mencari file teks yang tersimpan. Selain itu, di Microsoft Word juga bisa mengubah mengubah file audio menjadi teks. Caranya, ikuti panduan berikut ini.

  • Pada laman Beranda Microsoft 365 pilih Dictate Dropdown – Transcribe seperti langkah sebelumnya
  • Kemudian unggah file audio dalam format WAV, MP4, MP3, hingga M4A
  • Tunggu sebentar hingga proses transcribe audio selesai

Dengan Microsoft 365 memang sangat mudah untuk mengubah suara jadi teks, tapi karena software ini berbayar, tak semua orang bisa menggunakannya. Untuk ini, ada satu cara lagi yang bisa kamu coba, yakni dengan Vocalmatic.

3. Menggunakan Situs Vocalmatic

Vocalmatic adalah situs yang memungkinkan kamu untuk mengubah file rekaman suara menjadi teks. Yaps, di sini kamu bisa menggunakan file MP3 untuk kemudian Vocalmatic akan mengubahnya menjadi teks. Sayangnya situs ini tidak gratis, tapi kamu bisa mencoba opsi free trial dengan batas waktu transcribe 30 menit.

Baca Juga : Membuat Suara Seperti ANONYMOUS di Android

Sebelum bisa menggunakan Vocalmatic, terlebih dahulu kamu harus mendaftar. Pastikan menggunakan akun email yang aktif karena hasilnya akan dikirimkan melalui email. Selain itu, pastikan rekamannya harus jelas, tidak ada musik atau suara yang mengganggu.

Jika pendaftaran sudah dilakukan serta file MP3 sudah ada, selanjutnya masuk ke situs vocalmatic.com dan upload file-nya. Pada langkah ini bisa dibilang sangat mudah, jadi kamu tinggal ikuti saja perintah yang diberikan.

Setelah selesai, nantinya file tersebut akan diproses dan hasil teks atau transcribe-nya akan dikirim ke email kamu. Nah, bagaimana kalau ingin mengubah suara video menjadi teks? Sebelumnya file tersebut harus di-convert menjadi format MP3, kemudian baru di-upload ke Vocalmatic.

4. Menggunakan Aplikasi Speech to Text

Selain dengan situs, kamu juga bisa mengandalkan aplikasi untuk mengubah suara menjadi tulisan. Rata-rata aplikasinya dapat diunduh secara gratis, namun ada juga yang berbayar dengan fitur lebih lengkap.

Baik di PC maupun Android/iOS, ada banyak aplikasi pengubah suara jadi tulisan populer yang bisa kamu coba. Seperti daftar berikut ini.

Aplikasi Pengubah Suara Jadi Tulisan

1. GBoard – Google Keyboard

Sesuai namanya, GBoard adalah aplikasi buatan Google yang memiliki fungsi untuk mengubah rekaman suara menjadi teks di Android. Dibandingkan aplikasi sejenis, GBoard dibekali fitur yang lebih lengkap, salah satunya opsi 60 bahasa.

Di samping itu, aplikasi ini sepenuhnya gratis dan sudah diulas lebih dari 7 juta pengguna dengan rating yang sangat baik.

2. Speechnotes

Speechnotes adalah aplikasi gratis yang berfungsi untuk mengubah suara jadi teks tulisan dalam waktu singkat dengan keakuratan yang cukup tinggi. Aplikasi ini sangat ringan dan bisa jadi alternatif jika ponsel kamu tidak kompatibel dengan GBoard.

Baca Juga : Aplikasi MP3 Online untuk Dengerin Musik Saat Santai

Selain itu, Speechnotes termasuk aplikasi pengubah suara jadi teks terbaik yang dibekali fitur lengkap. Di antaranya mampu mengenali karakter suara pada tiap pengguna. Ada juga fitur format teks untuk mengedit jika terdapat kesalahan atau typo.

3. Live Transcribe

Alternatif lain jika ingin mengubah suara jadi teks di Android adalah aplikasi Live Transcribe. Dibekali teknologi AI atau kecerdasan buatan, aplikasi ini bisa menghasilkan teks yang rapi serta minim kesalahan penulisan.

Tertarik dengan Live Transcribe? Kamu bisa mengunduhnya secara gratis di Google Play dengan ukuran yang cukup ringan. Setelah itu persiapkan mikrofon pada headset dan mulai berbicara dengan pengucapan yang jelas.

Selain ketiga daftar di atas, sebenarnya masih banyak aplikasi yang beredar di Google Play, seperti Voice Notes dan Notulite. Namun, dari pengalaman serta ulasan pengguna, aplikasi tersebut kurang memuaskan.

Kesimpulan

Dengan adanya artikel yang kami buat mudah-mudahan bisa membantu kamu jika ingin Merubah Suara Menjadi Teks Tulisan.

Sebagian orang mungkin menganggap menulis adalah kegiatan yang membosankan, terlebih jika kalimatnya sangat panjang. Namun, dengan adanya aplikasi speech to text,  masalah tersebut dapat teratasi.

Demikian ulasan tentang cara mengubah suara menjadi teks tulisan yang bisa memudahkan kamu ketika sedang malas mengetik. Semoga bermanfaat!


Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>