Cara Ampuh Membuka Facebook yang Dihack Emailnya

Cara Ampuh Membuka Facebook yang Dihack Emailnya
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Facebook adalah media sosial yang paling digemari di dunia maya dan digunakan sebagai ajang interaksi dan saling berbagi informasi. Sangat merepotkan jika akun Facebook Kamu di-hack oleh orang lain karena dikuatirkan akan dipakai melakukan tindakan kriminal. 

Tidak perlu kuatir karena artikel berikut akan memberi trik mengembalikan akun dan cara membuka Facebook yang dihack emailnya.

Cara Mengembalikan Akun dan Membuka Facebook yang Dihack

Akun Facebook yang diretas tentu sangat meresahkan pemiliknya. Akun yang diretas tersebut memiliki risiko dipakai untuk melakukan tindakan kriminal seperti penipuan dan pornografi. 

Apabila Kamu termasuk pemilik akun yang diretas, tidak perlu cemas. Berikut adalah cara mengembalikan akun Facebook yang di-hack:

Melaporkan Akun Facebook yang Diretas Secepatnya


Akun FB saya diretas! Apabila ini terjadi, segera laporkan akun Facebook yang diretas ke https://www.facebook.co/help
  • Silahkan melakukan pilihan “Privacy and Safety” 
  • lalu pilih juga “Hacked and Fake Accounts”. 
  • Masuklah ke menu “Hacked Accounts” 
  • lalu pilih pada tulisan “I think my account was hacked or someone is using it without my permission”.
  • Lanjutkan dengan memilih opsi yang ditawarkan yaitu “Secure your account” 
  • lalu pilih “Get Started”. Biarkan proses pengamanannya berlangsung hingga selesai lalu klik “Continue’. 
  • Bantuan facebook akun yang dibajak ini akan menyuruh Kamu melakukan penggantian password.
Gunakan password dengan kode yang unik dan tidak sama dengan media sosial kamu lainnya. Langkah selanjutnya dalam mengembalikan akun dan cara membuka Facebook yang dihack emailnya adalah menghapus aplikasi yang tidak perlu dihubungkan dengan Facebook.

Kamu lalu akan diberi pilihan untuk menghapus semua aktivitas yang pernah dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mengamankan akun dan menghindari aktivitas yang sengaja dilakukan oleh hacker terhadap akun milik Kamu. Sebagai langkah terakhir silahkan klik “Go To News Feed”.

Menggunakan Email Lama


Menggunakan email lama adalah cara mengembalikan akun FB yang dibajak tanpa email dan nomor telepon. Cara ini digunakan jika email dan password FB sudah diganti dan tidak menghendaki penggunaan nomor telepon seluler untuk mengembalikan akun.

Memakai cara ini dalam mengembalikan akun dan cara membuka Facebook yang dihack emailnya Kamu harus mengingat email dan password sebelumnya. 

Pastikan email tersebut masih aktif, bukalah kotak masuk pada email lama tersebut. Lakukan pencarian yang berisi email pemberitahuan dari Facebook mengenai informasi penggantian akun Facebook.

Silahkan klik tautan yang tersedia pada email dari Facebook tersebut untuk mengembalikan akun dan cara membuka Facebook yang dihack emailnya. Lakukan pengaturan ulang sebagai langkah terakhir sehingga akun Facebook yang kamu miliki kembali seperti awalnya.

Cara Mengembalikan Akun Facebook yang di Hack


Cara membuka Facebok yang dihack emailnya, di mana email dan password diganti oleh hacker adalah masuk ke “Compromised Account Facebook”. Kamu tinggal mengklik tombol biru dan Facebook akan memandu langkah memperbaiki akun yang dihack.

Meski email FB sudah diganti orang, Kamu dapat mengetikkan nama akun yang digunakan. Jika masih ingat, masukkan nomor telepon seluler atau email yang sebelumnya digunakan. 

Ikuti semua perintah dan jawab pertanyaan yang diajukan Facebook. Apabila akun telah Kamu ambil kembali, jangan menunda untuk mengganti password lalu segera log out.

Apabila Kamu sudah melakukan cara-cara tersebut di atas namun tidak berhasil, ada langkah yang lebih cepat. Caranya adalah dengan menonaktifkan akun Facebook tersebut dan membuat akun baru. Cara menonaktifkan akun Facebook yang dihack orang tidaklah terlalu sulit. Mintalah bantuan temanmu minimal 3 akun, namun semakin banyak orang yang melapor tentu akan semakin baik.
  • Bukalah profil facebook yang sudah di-hack lalu ketuk tiga titik yang teletak di pojok kanan atas. 
  • Pilih “Laporkan” kemudian pilih opsi “Laporkan profil ini”. 
  • Lanjutkan dengan memilih opsi yaitu “Orang Ini berpura-pura sebagai saya…”. 
  • Pilih “Kirimkan ke Facebook untuk ditinjau…”. 
  • Pihak Facebook akan menindaklanjuti laporan ini dan akan menonaktifkan akun Facebook tersebut.
Kebalikannya, Kamu juga dapat mengaktifkan kembali akun yang telah nonaktif. Jika Kamu dengan sengaja menonaktifkan akun Facebook, maka dapat akan kembali aktif dengan masuk kembali ke akun tersebut. Akan tetapi cara mengembalikan akun Facebook yang dinonaktifkan oleh Facebook memiliki langkah yang lain.

kamu harus melakukan banding untuk pengembalian akun. Dalam hal ini pihak Facebook dapat menerima ataupun menolak pengajuan banding yang Kamu ajukan. Hal ini tergantung kepada alasan akun tersebut dinonaktifkan. Apabila kamu telah memilih menonaktifkan akun secara permanen, maka pihak Facebook memberi kesempatan 30 hari untuk mengaktifkannya.

Sebelum 30 hari, Kamu bisa mengajukan pembatalan penghapusan akun. Apabila Kamu melewatkan kesempatan ini maka Facebook akan menghapus akun tesebut dan tidak dapat dipulihkan kembali. Dalam hal ini maka Kamu harus membuat akun baru.

Kamu dapat melakukan penggantian nama akun Facebook untuk menghindari hacker. Biasanya orang awam salah mengetikan alamat seperti www.facebook.com/hackett, alamat yang benar adalah www.facebook.com/hacked Masuklah ke laman lalu klik amankan akun. 

Lanjutkan, kemudian masukkan password baru yang tidak sama dengan password lainnya. Centang opsi yang memuat tentang konfirmasi penggantian lalu klik lanjutkan.
  • Pilih opsi yang tersedia yaitu “Tinjau Informasi Akun Anda” lalu klik lanjutkan. 
  • Silahkan ubah nama akun Kamu.
  • kemudian aktifkan Akun.
  • Laman tersebut juga akan membantu mengamankan akun Kamu dari serangan hacker dengan cara mengajukan berbagai pertanyaan untuk menghasilkan tindakan terbaik.
Demikianlah beberapa tips mengembalikan akun dan cara membuka Facebook yang dihack emailnya. Sebelum memutuskan untuk menonaktifkan akun yang diretas sebaiknya lakukan dulu cara di atas. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memberi informasi.