Trik Optimasi Hashtag Di Instagram Untuk Berjualan

Trik Optimasi Hashtag Di Instagram Untuk Berjualan
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Instagram saat ini menjadi salah satu media sosial yang juga dimanfaatkan untuk berbisnis. Banyaknya pengguna instagram menjadi peluang pasar yang menggiurkan bagi aneka macam produk. Trik optimasi hashtag di Instagram untuk berjualan perlu untuk dikuasai terutama oleh para pemula. Dengan mengetahui dan menguasai trik optimasi Instagram, maka kemungkinan besar penjualan akan semakin lancar. 

Optimasi Instagram adalah suatu cara yang dilakukan agar akun Instagram yang dimiliki semakin bermanfaat secara optimal. 

Sebagai media untuk berbagi gambar dan juga video, Instagram memiliki banyak keunggulan yang bisa dimanfaatkan untuk berjualan. Gambar, foto, dan atau video yang dibagikan lewat akun Instagram sudah cukup untuk bisa mewakili produk yang dijual.

Cara Optimasi Hashtag Di Instagram Untuk Berjualan

Berjualan di Instagram tidak cukup hanya dengan mengunggah foto atau video dan berharap pembeli langsung datang. Optimasi Instagram perlu dilakukan agar akun menarik semakin banyak calon pembeli potensial yang berakhir dengan penjualan. 

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melakukan optimasi Instagram. Trik optimasi hashtag di bawah ini perlu dilakukan agar akun Instagram semakin menghasilkan.

Gunakan hashtag yang sesuai dengan gambar atau video yang diunggah

Cara berjualan di Instagram untuk pemula bisa dengan memanfaatkan hashtag yang sesuai. Hashtag merupakan sebuah tanda yang dimanfaatkan untuk menggolongkan suatu topik. Hashtag atau tanda pagar akan membantu pengguna untuk mencari atau menemukan topik yang diinginkan. 

Penggunaan hashtag yang sesuai akan membuat foto atau video yang diunggah menjangkau semakin banyak pengguna. 

Cara optimasi Instagram dengan memanfaatkan hashtag ini kadangkala tidak dikelola dengan baik. Semakin banyak orang yang melihat unggahan gambar atau video tentang apa yang dijual, maka peluang terjadinya penjualan semakin besar. Optimasi hashtag Instagram untuk berjualan bisa dilakukan dengan cara-cara berikut ini.

Pemilihan hashtag yang tepat dapat menjadi cara naikkan sale di instagram. Lakukan riset hashtag dengan memanfaatkan laman pencarian di Instagram. Cara ini cukup mudah dan disediakn gratis oleh Instagram. Saat ini juga banyak tersedia alat pencari hashtag yang disediakan oleh pihak ketiga baik secara gratis maupun berbayar. 

Cantumkan hashtag secukupnya, tidak perlu berlebihan

Jangan terlalu banyak menggunakan hashtag yang pada akhirnya justru menjangkau audiens yang tidak tepat. Hashtag yang banyak memang akan memperbesar peluang untuk dilihat semakin banyak orang.

Namun hal tersebut akan menjadi kurang bermanfaat atau bahkan sia-sia jika audiens bukan merupakan target pasar.

Gunakanlah hashtag secara wajar dan yang paling memiliki peluang besar untuk mendatangkan calon pembeli potensial. Pembeli potensial meski jumlahnya sedikit akan lebih mudah diarahkan pada terjadinya transaksi penjualan dibandingkan banyak audiens namun tidak berpotensi membeli.

Selipkan hashtag yang sedang menjadi trend

Carilah informasi tentang hashtag yang sedang menjadi tren di instagra. Masukkan hashtag tersebut ke dalam caption sehingga semakin banyak orang yang akan melihat konten yang diunggah.

Unggah gambar atau video pada waktu yang tepat

Pada tahap awal, gunakan penelitian dari pihak lain untuk mengetahui waktu yang dianggap tepat mengunggah konten.

Apabila sudah terdapat data pada fitur insight Instagram bisnis, maka dapat dilihat perkiraan waktu terbaik untuk mengunggah konten. Waktu terbaik mengunggah konten dapat berbeda-beda tergantung dari produk yang dijual dan target pasarnya.

Gunakan Hashtag Populer

Instagram memiliki banyak hashtag populer yang akan meningkatkan kunjungan ke akun Instagram. Hashtag tersebut biasa digunakan oleh para selebgram ataupun influencer. Gunakan hashtag populer untuk menarik pengunjung. Contoh hashtag populer antara lain #instagood dan #picoftheday.

Trik Optimasi Instagram Selain Dengan Hashtag

Cara optimasi Hashtag Instagram


Saat ini banyak tersedia materi strategi cara naikkan sale di instagram yang mengajarkan strategi berjualan di Instagram. 

Pelatihan atau training dan workshop optimasi Instagram juga bisa dengan mudah dijumpai. Training tersebut bisa diakses secara online maupun offline baik gratis ataupun berbayar. Berikut beberapa cara optimasi Instagram selain dengan menggunakan hashtag.

Beralihlah ke Akun Instagram Bisnis

Salah satu hal yang wajib dilakukan ketika akan berjualan di Instagram adalah dengan membuat akun instagram bisnis. Banyak cara membuat Instagram bisnis menarik bagi audiens, salah satunya tentu saja dengan mengunggah foto atau video yang juga menarik. Interaksi aktif dengan audiens dan waktu mengunggah konten yang terjadwal menjadi cara lain untuk membuat Instagram bisnis menarik.

Masukkan Kata Kunci Pada Bagian Bio

Bagi pengguna pemula, ada baiknya untuk menguasai cara optimasi akun Instagram daripada harus menggunakan jasa optimasi Instagram. Cara optimasi yang ketiga yang bisa dilakukan yaitu dengan memasukkan kata kunci pada bagian bio akun Instagram. Kata kunci di sini haruslah yang sesuai dengan apa yang dijual atau ditawarkan.

Pakailah User Name Yang Mengandung Kata kunci

Kata kunci memiliki peran yang cukup besar dalam optimasi akun Instagram. Pemilihan dan penggunaan kata kunci yang tepat tentu saja akan menarik semakin banyak audiens. Username yang mudah dicari salah satunya adalah dengan memasukkan kata kunci ke dalamnya.

Sebagai contoh, apabila produk yang dijual adalah manisan mangga, maka gunakanlah user name yang mengandung kata manisan mangga.   

Masukkan kata kunci ke dalam caption

Caption menjadi salah satu penjelas dari konten yang diunggah. Memasukkan kata kunci ke dalam caption bisa menjadi salah satu cara untuk optimasi. Dengan adanya kata kunci di dalam caption akan membuat konten yang diunggah memiliki peluang lebih tinggi untuk ditemukan mesin pencari. 

Beragam trik optimasi hashtag di Instagram untuk berjualan apabila diterapkan dengan tepat tentu saja sangat menguntungkan. Penggunaan hashtag yang relevan dengan konten dan berdasarkan pada riset menjadikan akun Instagram semakin teroptimasi. Selamat melakukan optimasi Instagram dengan memanfaatkan hashtag agar semakin banyak terjadi transaksi penjualan.  

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>