Cara Daftar dan Verifikasi Blog ke Bing Webmaster Terbaru 2021

Cara Daftar dan Verifikasi Blog ke Bing Webmaster Terbaru 2021
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Dikembangkan oleh Microsoft, Bing merupakan search engine terbesar kedua setelah Google. Oleh sebab itu, pemilik blog harus memahami cara daftar dan verifikasi blog ke Bing Webmaster untuk menggaet traffic yang lebih banyak.

Memang, kalau melihat kenyataan yang ada, masyarakat Indonesia sangat jarang menggunakan Bing sebagai mesin pencari. Namun, hal ini tidak berlaku di Amerika Serikat dan Inggris. Sebab, rata-rata mereka lebih memilih Bing dibanding Google.

Jadi, kalau kamu punya website dengan target pengunjung bule, maka wajib mendaftar dan verifikasi blog ke Bing Webmaster. Meskipun begitu, ini juga berlaku untuk blog berbahasa Indonesia agar muncul di search engine dan mendapatkan traffic tambahan.

Kenapa Harus Submit Blog ke Bing Webmaster?

Pada intinya, Bing Webmaster Tools sama seperti GSC, yakni membantu pengguna memantau kondisi situs secara keseluruhan. Di samping itu, setidaknya ada 6 alasan kenapa kamu harus submit blog ke Bing Webmaster.

  • Memantau kinerja situs dan melihat rangking kata kunci di search engine
  • Mengindeks blog dan artikel
  • Menghapus konten yang tidak diinginkan
  • Menolak link bermasalah
  • Mengatasi masalah spam dan malware berbahaya
  • Mengetahui asal traffic

Intinya, BWT sangat membantu blog agar bisa tampil di mesin pencari dan mendapatkan traffic dari berbagai negara. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan tool SEO untuk mengoptimasi peringkat artikel di search engine, khususnya Bing.

Beberapa tool yang paling penting adalah Keyword Research, untuk memperbaiki peringkat dan memberikan keyword potensial. SEO Report, memberikan laporan tentang nilai SEO, sehingga kamu bisa menganalisa dan memperbaikinya.

Jadi, banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika blog sudah terdaftar di Bing. Selanjutnya, silahkan simak cara daftar dan verifikasi blog ke Bing Webmaster Tools pada ulasan berikut ini.

 Cara Daftar Blog ke Bing Webmaster Tools

Setelah membahas keuntungannya, sekarang kami akan menjelaskan poin-poin penting cara daftar blog ke Bing Webmaster. Langkah pertama kunjungi situs Bing Webmaster Tools, kemudian klik Get Started dan langsung saja masuk menggunakan akun Google.

Selanjutnya ada dua pilihan, import situs dari Google Search Console dan menambahkan situs secara manual. Kalau blog sudah terverifikasi di GSC, sebaiknya pilih yang pertama karena lebih mudah dan tidak perlu verifikasi ulang.

  • Setelah itu klik Import lalu Continue
  • Kemudian kamu diminta login ulang ke akun Google
  • Jika sudah, klik Login dan akan ada notifikasi “Bing.com ingin mengakses akun Google Anda”, langsung saja klik Izinkan
  • Kembali lagi ke laman Bing Webmaster, terlihat ada list dari blog yang sudah terkait ke GSC
  • Klik Import, tunggu beberapa saat hingga proses impor selesai
  • Kalau muncul tulisan "Site addition successful", klik Done

Jadi, itulah beberapa cara daftar blog ke Bing Webmaster. Tapi, panduannya belum usai sampai di sini. Sebab, untuk membuat robot crawling mengenali blog baru, kamu harus submit daftar isi atau sitemap terlebih dahulu.

  • Pertama pilih Sitemaps di menu halaman
  • Lalu klik Submit sitemaps
  • Salin URL blog dan tempelkan di kolom yang tersedia, kemudian tambahkan sitemap.xml di ujungnya
  • Contohnya seperti ini https://www.magelang1337.com/sitemap.xml
  • Setelah itu Bing akan memproses sitemap dalam waktu maksimal 1 hari

Berbeda dari Google Search Console, kamu tidak perlu submit setiap kali mempublikasikan artikel baru. Karena sistem Bing secara otomatis akan mengindeks artikel tersebut, asalkan sitemap dalam keadaan aktif.

Cara Verifikasi Blog ke Bing Webmaster Tools

Kalau kamu memilih menambahkan situs secara manual, maka wajib melewati proses verifikasi agar blog terindeks Bing. Langkahnya, setelah memasukkan URL situs ke kolom yang ada, selanjutnya klik Add untuk memulai proses verifikasi.

Cara verifikasi blog ke Bing Webmaster diawali dengan memilih satu dari tiga metode, yakni XML File, HTML Meta Tag, dan Add CNAME. Kalau mau yang mudah, kamu bisa pilih metode kedua karena hanya perlu menyalin dan menempelkan kode ke HTML tema blog.

  • Salin kode verifikasi seperti yang tertera di gambar
  • Selanjutnya buka dashboard Blogger, klik Tema, dan masuk ke Edit HTML
  • Kemudian paste kodenya DI BAWAH <head> dan klik Save (ikon disket)
  • Terakhir, kembali ke halaman Bing Webmaster dan klik Verify.

Kalau kondisi blog sudah terverifikasi, di sebelah Verify akan ada tulisan Verified berwarna hijau. Dan biasanya Bing juga akan mengirimkan pesan ke alamat email kamu.

Beberapa pengguna mungkin akan menemukan pesan error sesaat setelah tombol Verify diklik. Biasanya, ini karena kamu salah menempatkan kode di dalam HTML tema. Coba cek lagi dan pastikan letaknya tepat di bawah <head>.

Bagi pengguna Wordpress, Drupal, atau Joomla yang ingin mencoba metode pertama, silahkan ikuti panduan di bawah ini.

Sebelum verifikasi blog ke Bing Webmaster dengan XML File dilakukan, unduh dulu file BingSiteAuth.xml. Kemudian masuk ke blog, dan upload file tersebut ke root directory. Setelah itu, coba search https://namablog.com/BingSiteAuth.xml di browser.

Jika file sudah benar-benar terpasang atau aktif, maka URL tersebut dapat diakses. Langkah terakhir klik tombol Verify di halaman Bing Webmaster. Sekarang tinggal submit sitemap, lakukan seperti penjelasan pada cara pertama.

Untuk metode ketiga atau verifikasi dengan Add CNAME, sangat tidak disarankan karena kamu harus punya akses ke CPANEL hosting. Mengingat banyak pemilik blog yang masih menggunakan Blogger, sebaiknya pilih metode pertama dan kedua saja.

Kesimpulan

Nah, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, secara bertahap semua artikel di blog akan muncul di mesin pencari Bing. Sangat mudah, bukan? Setelah itu, jangan lupa submit juga ke Yandex Webmaster agar performa blog jadi lebih optimal.

Demikian beberapa panduan singkat tentang cara daftar dan verifikasi blog ke Bing Webmaster terbaru 2021. Perlu diketahui, setelah verifikasi dilakukan, jangan lupa membuat artikel secara rutin sebagai sinyal untuk mesin pencari bahwa blog dalam kondisi aktif.

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>