7 Aplikasi Editor HTML Android untuk Edit Template Blog Terbaik 2021

7 Aplikasi Editor HTML Android untuk Edit Template Blog Terbaik 2021
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Selain mengedit template via browser komputer, tampilan blog juga bisa dimodifikasi di smartphone dengan bantuan aplikasi editor HTML Android. Ini bisa kamu gunakan kalau tidak punya PC atau kesulitan mengedit melalui Chrome Android.

Template termasuk salah satu faktor yang berpengaruh pada aktivitas blogging. Karena umumnya, Google lebih mengutamakan situs yang ramah untuk semua perangkat. Jadi, agar pengunjung meningkat, sebaiknya ganti dengan template yang SEO & mobile friendly.

Meskipun ulasan kali ini membahas tentang aplikasi Android untuk edit template blog, namun hampir semua daftar yang kami berikan juga dapat digunakan untuk mengelola kode pemograman atau coding.

Daftar Aplikasi Editor HTML Android Terbaik

Nah, bagi kamu yang ingin segera mengubah tampilan blog, berikut ini deretan aplikasi editor HTML untuk edit tempate blog di Android yang bisa dicoba.

1. QuickEdit

Rekomendasi pertama ada QuickEdit yang biasa digunakan untuk mengedit HTML. Aplikasi yang dikembangkan oleh Rhythm Software ini terbilang sangat simpel. Kamu bisa memodifikasi template blog dengan cepat dan mudah.

QuickEdit dibekali tampilan sederhana dan mendukung mode terang dan gelap. Berbeda dari aplikasi untuk edit template blog lain, QuickEdit memiliki ragam fitur yang sangat lengkap. Salah satunya menampilkan dan menyembunyikan nomor baris.

2. TrebEdit

TrebEdit juga masuk dalam jajaran aplikasi editor HTML Android untuk memodifikasi template blog. Meskipun tidak sepopuler anWriter, namun dengan fitur serta interface yang sederhana membuat aplikasi besutan Joel Etetafia ini layak dicoba.

Terlebih, untuk mengedit HTML template blog dengan TrebEdit sangatlah mudah. Kamu tinggal mengupload file xml ke aplikasi lalu edit kode yang diinginkan.

Selain HTML, TrebEdit bisa digunakan untuk mengedit CSS, JavaScript, hingga PHP. Aplikasi yang sangat berguna untuk kebutuhan ngoding sederhana di perangkat mobile.

3. anWriter

Selanjutnya, ada anWriter yang merupakan aplikasi edit HTML blog di Android gratis dengan fitur lengkap. Aplikasi ini punya banyak kelebihan yang memudahkan proses pengeditan. Terlebih, hanya butuh waktu beberapa detik untuk memuat file xml.

Aplikasi dari Ansmsoft ini dilengkapi fitur search and replace yang bermanfaat untuk mencari kode-kode tertentu pada template. Dengan ukuran tidak lebih dari 2MB, anWriter termasuk yang paling ringan dibanding aplikasi lainnya.

4. HTML/CSS Website Inspector

Kalau butuh aplikasi untuk edit template blog di Android yang ringan, HTML/CSS Website Inspector bisa kamu pilih. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengedit kode-kode HTML dengan fitur-fitur unggulan, seperti mencari kode yang diinginkan.

Selain itu, Website Inspector dirancang untuk pengguna yang ingin mempelajari pengkodean HTML dan CSS dari situs-situs terkenal. Tinggal masukkan alamat URL, secara otomatis source code akan muncul di aplikasi.

5. WebMaster's HTML Editor Lite

Sesuai namanya, WebMaster Lite adalah aplikasi editor HTML Android ringan yang kompatibel dengan smartphone low-end. Aplikasi ini punya banyak kelebihan, di antaranya membedakan warna untuk setiap kode sehingga dapat dipahami pemula.

Baca juga : Cara Scrape Artikel Website dengan Kata Kunci

Seperti tampilan ketika mengedit di browser PC, WebMaster menampilkan fitur Live Preview untuk melihat perubahan template blog setelah diedit. Dengan ukuran hanya 1MB, aplikasi ini dapat digunakan di Android versi Gingerbeard.

6. DroidEdit

Berikutnya ada DroidEdit yang bisa kamu coba kalau ingin mengedit template blog di Android. Secara tampilan, aplikasi ini mirip Notepad ++ namun dengan fungsi berbeda. Sama seperti anWriter, DroidEdit juga dibekali fitur search and replace.

Uniknya, DroidEdit dilengkapi dengan ragam tema yang bisa kamu pilih sesuai selera. Dengan ukuran tidak lebih dari 5MB, kamu bisa menggunakan aplikasi editor HTML Android yang kaya akan fitur bermanfaat.

7. Acode

Acode termasuk aplikasi untuk edit template blog di Android yang ringan namun sangat powerful. Salah satu kelebihan aplikasi besutan Foxdebug ini adalah tidak adanya iklan sehingga pengguna bisa leluasa mengedit HTML template.

Meskipun hanya mendukung program HTML, JavaScript, dan Mark Down saja, tapi Acode punya banyak fitur yang sangat lengkap. Kamu bisa membuka lebih dari satu file xml, hingga melakukan proses pengeditan dengan cepat.

Cara Mengedit Template Blogger di Android

Setelah mendapatkan referensi aplikasi editor HTML terbaik, mungkin kamu juga ingin tahu cara mengedit template Blogger di Android. Karena cara kerja aplikasi di atas hampir sama, di bawah ini hanya berupa panduan dasar yang biasa diterapkan semua Blogger.

  • Langkah pertama download dan install salah satu aplikasi di atas
  • Kemudian masuk ke akun blog, lalu pilih menu Theme
  • Selanjutnya tap opsi Cadangkan/Pulihkan hingga muncul laman baru
  • Setelah itu pilih Cadangkan untuk mengunduh template blog
  • Jika sudah tersimpan di hp kamu, buka aplikasi untuk edit template blog yang sudah diunduh sebelumnya
  • Lalu buka folder dan pilih file xml template
  • Silahkan modifikasi kode sesuai keinginan, dan pastikan tidak ada kode yang keliru karena akan mempengaruhi tampilan blog

Jika dirasa sudah selesai, langkah terakhir tinggal simpan file-nya. Buka kembali menu Theme di dashboard Blogger, kemudian upload file xml yang sudah diedit.

Jika ada pesan error, silahkan edit kembali file xml-nya karena besar kemungkinan ada kesalahan pada kode atau beberapa bagian HTML belum tertutup dengan sempurna.

Kesimpulan

Kalau memilih untuk mengedit template blog di Android, maka kamu harus sabar dan telaten. Pasalnya, sebelum masuk ke proses pengeditan, file harus diunduh dulu, kemudian masuk ke struktur kode, dan upload kembali file-nya kalau sudah selesai.

Demikian beberapa rekomendasi aplikasi untuk edit template blog terbaik yang ringan dan gratis . Silahkan coba satu per satu sampai menemukan yang pas. Selamat mengedit!


Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>