8 Tools Google Text to Speech Bahasa Indonesia 2021

8 Tools Google Text to Speech Bahasa Indonesia 2021
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Teknologi terbaru Google Text to Speech adalah satu trend yang membantu aktivitas kita saat ini. Dengan program berbasis teknologi artificial intelligence, kamu bisa merubah tulisan menjadi suara didalam natural yang sama  dengan pengucapan manusia asli. Google yang adalah salah satu leader dalam teknologi ini mulanya yang meluncurkan teknologi layanan Google Translate.

Dengan pesatnya kebutuhan pasar, teknologi text-to-speech punya Google ini lalu dimunculkan sebagai sebuah platform disalah satu produk Google Cloud. Karena ini tentu saja jadi peluang bagi banyaknya perusahaan digital untuk mengembangkan lagi platform text-to-speech mereka sendiri dengan keunggulannya masing-masing.

Manfaat Google Text to Speech

Bila kamu membaca komik atau novel sebelumnya dibuat daring. Sekarang kamu bisa mengkonversi teks jadi audio atau audio menjadi teks melalui PC dan Samrtphone. Cara mudahnya, Text to Speech ini seperti membuat audio narasi dikonten YouTube atau STT (Speech to Text) di aplikasi penerjemah. Berikut ini adalah manfaat dari text to speech.

Merubah Bahan bacaan menjadi Audiobook : Beberapa orang kegiatan membaca adalah yang menyenangkan. Dari situ akan mendapat informasi baru yang diperoleh. Agar membaca menjadi mudah text bisa dikonversi menjadi audiobook. Bahan bacaan itu seperti berita terkini, resep makanan dan berbagai informasi penting lainnya.

Tools Google Text to Speech dan Cara Menggunakannya

Aplikasi Google Text to Speech yang berbasis teknologi Google bisa mengubah tulisan menjadi suara buatan dan mendukung dengan bahasa Asing juga bahasa Indonesia. Semua tools yang kami tulis disini bisa kamu coba dengan PC atau android karena ini adalah Situs Google Text to Speech Online yang tidak berbayar alias GRATIS, jadi kamu tak usah khawatir langsung mencobanya saja, Berikut ulasannya!

1. Sound Of Text

Tools yang pertama adalah sound of text yang memiliki keunggulan utama yakni kemudahan dalam pemakaian dan layanan 100% gratis. Kemudian Keunggulan yang lain adalah web apps, tersedianya API juga platform yang open source dan bisa diakses gratis di GitHub. Dengan ini tentu akan memudahkan jika kamu seorang developer untuk bisa membuat aplikasi text to speech berbasis suara Google versi kamu sendiri. Cara memakainya juga sangat mudah, Kamu bisa memakai aplikasi Sund of text dengan mengikuti langkah berikut ini:

  • Buka Website https://soundoftext.com/
  • Copy pastekan tulisan yang sudah kamu siapkan dikolom tulisan Text.
  • Pilih bahasa dengan klik menu Voice dibawah text box yang sudah disediakan.
  • Putar suara untuk mendengarkan suara yang dihasilkan.
  • Jika sudah selesai, Kamu bisa download audio tersebut dalam bentuk file MP3 pada tombol Download
Mudahkan? Alat Text to Speech Google Sound of Text yang di sediakan ini gratis, Tetapi kamu bisa melakukan donasi mulai dari $5.

2. FreeTTS - Text to MP3 Online

Sedikit berbeda dengan yang sebelumnya, freeTTS tersedia program text-to-speech bisa mengatur  suara yang lebih banyak. Contohnya untuk suara bahasa Indonesia, kamu bisa memilih 3 jenis suara seperti sound of text pria sampai suara wanita. Dengan tools ini, kamu bisa memasukkan atribut SSML di dalam teksnya supaya audio yang dihasilkan lebih hidup dan kaya intonasi.


Cara memakai tools freeTTS juga sangat mudah dengan yang sebelumnya, berikut panduan konversi teks ke dalam suara memakai freeTTS:

  • Buka situs https://freetts.com/
  • Tempelkan pada kolom putih tulisan yang ingin diubah ke bentuk audio mp3.
  • Untuk versi gratis, kamu cuma dapat menginput maksimal 6000 karakter saja.
  • Pilih bahasa dan voice style dibawah kolom teks. 
  • Klik Convert jika sudah selesai lalu dengarkan audio hasil konversinya. 
  • Jika dirasa cocok, kamu bisa mendownload MP3 suara dengan pilih Click to download audio.
Bagaimana mudah sekali kan untuk merubah tulisan ke dalam audio mp3? Tools ini bisa membuat suara dari pesan WhatsApp juga, nada dering dan pengisi suara untuk konten video seperti TikTok dan Instagram.

3. Voice Maker - Text to Speech Converter

Selanjutnya yang kami sharingkan ini termasuk paling populer dan juga banyak fitur berguna. yaitu VoiceMaker.in, Situs pengubah teks menjadi suara yang dibuat oleh negara India ini bisa dapat layanan TTS premium. Tersedia pilihan efek suara juga seperti "emosi" yaitu marah, sedih, takut yang dapat diatur ke bahasa tertentu membuat tools ini berbeda dari layanan text-to-speech yang lainnya. Tidak usah panjang lebar lagi berikut ini Panduan singkat cara menggunakan Voice Maker beserta fitur unik yang disediakan.

  • Buka halaman https://voicemaker.in/
  • Masukkan tulisan kamu dikolom yang sudah disediakan, untuk yang tak mempunyai akun login, kamu cuma bisa memasukan kata maksimal 250 karakter untuk dirubah menjadi suara.
  • Pilih AI engine dari mode Standard TTS/Neural TTS untuk jenis suara yang mirip dengan manusia.
  • Pilih bahas, jenis suara dan gender sampai kepengaturan yang lebih advanced yaitu kecepatan bicara, pitch, format file audio, sampai efek seperti senang, sedih, atau napas.
  • Klik tombol Convert to Speech untuk mendownload file audio dan klik unduh MP3 untuk menyimpan suara ke dalam penyimpanan local.
Kekurangan pada tool konversi ini adalah jumlah kata yang dalam versi gratis menjadi sedikit dibandingkan dengan kedua tools diatas. Untuk kamu yang sudah mendaftar versi gratis di VoiceMaker, kamu cuma bisa mengkonversi 400 karakter saja untuk sekali konversi.

4. Botika Text to Speech

Terakhir adalah Botika produk suara robot ini memiliki basis AI yang dibuat oleh anak bangsa. jadi tidak usah diragukan lagi jika kamu ingin convert suara dengan bahasa indonesia karena hasil audio yang dihasilkan sangat baik. Kamu bisa langsung mengunjungi situsnya https://botika.online/TextToSpeech

Nah untuk kamu yang sedang mencari rekomendasi aplikasi Google Text to Speech Indonesia pada android kami juga akan sedikit mengulasnya. Sebenarnya kegunaan sama cuma berbentuk aplikasi yang bisa kamu download melalui toko aplikasi playstore.

Google Text to Speech Bahasa Indonesia Untuk Android

1. Text-to-Speech Android
Android mempunyai banyak sekali alat aksesibilitas yang bisa digunakan. Salah satunya seperti fungsi text-to-speech bawaan. Fitur text-to-speech Android otomatis berjalan dengan aplikasi Google yang lainnya. Mereka menawarkan fitur membaca. Untuk mengaktifkan fitur ini, caranya cukup buka Pengaturan> Sistem> Aksesibilitas> Layanan> Pilih-untuk-berbicara. Aplikasi ini bisa kamu dapat melalui playstore klik Disini

2. Aplikasi Voice Aloud Reader
Voice Aloud Reader mudah untuk digunakan juga mendukung beberapa cara membaca tulisan yang berbeda. Jika kamu ingin membaca teks dan berbagi ke pengguna lain, cukup kirim konten ke Voice Aloud Reader dan bagikan di media sosial twiter dan posting Facebook. Unduh Gratis melalui playstore Disini

3. Narrator's Voice
Narrator's Voice memiliki fiutr yang sedikit berbeda. Fiturnya antara lain membaca teks dari aplikasi, web, pesan dan sumber lain. Perbedaan fitur dari aplikasi lain adalah kamu bisa menambahkan berbagai efek suara ucapan contohnya suara gema, seperti sedang berkumur, dan paduan suara. Download gratis melalui playstore Disini

4. Talk Free
Talk Free memiliki fitur sederhana dan minimal. Aplikasi ini bisa mengimpor tulisan menjadi suara dari halaman web langsung dibrowser smartphone kamu dan membaca teks dari aplikasi pihak ketiga. Kamu juga bisa mengekspor file audio tersebut dan menyimpan offline dalam bentuk WAV. Unduh Aplikasi ini di toko aplikasi playstore atau Disini

Akhir Kata

Jika kamu perlu aplikasi yang dapat mengkonversi tulisan dalam jumlah banyak tanpa biaya, Tools Sound of Text dapat menjadi rekomendasi utama. Tetapi kamu dapat membandingkan mana yang terbaik versi dari semua tools Google Text to Speech diatas dengan pilihan kamu sendiri. Semoga bermanfaat, Terima kasih!

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>