Inilah 8 Penyebab Akun Whatsapp Kamu di Banned (Delete)

Inilah 8 Penyebab Akun Whatsapp Kamu di Banned (Delete)
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Whatsapp merupakan salah satu aplikasi favorit yang kini seolah sudah sangat melekat di handphone setiap pengguna. Hal ini dikarenakan whatsapp banyak digunakan oleh khalayak luas menjadikan saling keterkaitan antara manusia satu dengan lainnya menggunakan aplikasi tersebut. Maka tak heran jika hampir 99% pengguna smartphone menggunakan aplikasi whatsapp untuk berinteraksi dengan lainnya.

Mungkin Saja kamu pernah mengalami akun wa yang dibanned, Penyebab Akun WhatsApp yang diblokir biasanya tidak tiba-tiba tanpa alasan. akun whatsapp yang di banned dari pihak whatsapp karena adanya pelanggaran dari pemilik akun tersebut.

Akun WhatsApp yang diblokir ada dua jenis Blokir sementara dan blokir permanen. Berbeda dengan Whatsapp yang diblokir teman atau orang lain, Jika permasalahannya seperti itu akun wa tetap masih bisa kita pakai cuma kamu tidak bisa menghubungi orang yang sudah memblokir nomor wa kamu.

Akun wa yang diblokir oleh orang sifatnya pribadi antara pemakai whatsapp, tetapi jika akun whatsApp yang diblokir oleh pihak whatsApp karena pelanggaran sudah tidak bisa dipakai lagi.

Banyak diantara mereka pengguna whatsapp memilih aplikasi ini karena dianggap lebih mudah dan simple saat digunakan. Semua fasilitas yang diberikan whatsapp cukup memenuhi kebutuhan pengguna dari mulai pengiriman pesan berupa teks, emoticon, gambar, video, file, link dan lainnya. Hal ini tentu menjadikan pengguna whatsapp betah dan konsisten untuk menggunakan aplikasi ini.

Akan tetapi akhir-akhir ini banyak sekali akun whatsapp yang hadir dengan versi yang lebih beragam. Namun disayangkan whatsap versi baru tersebut bukan asli produk dari whatsapp melainkan modifikasi perorangan yang kreatif dengan menambah fitur-fitur baru yang tidak ada di akun orisinilnya. Hal ini menyebabkan adanya kejadian akun whatsapp dibanned. Biasanya hal ini ditandai dengan pemberitahuan dengan kalimat "your phone number is banned from using whatsapp". Hal ini tentu cukup mengganggu aktifitas kamu dalam menggunakan whatsapp. 

Penyebab Akun Whatsapp Kamu di Banned

Kondisi akun whatsapp dibanned tentu sangat mengganggu aktifitas dalam menggunakan whatsapp. Selain akun kamu tidak bisa digunakan dalam kurun waktu tertentu, kamu juga membutuhkan waktu tambahan untuk mengembalikan akun whatsapp kamu. Hal ini menjadikan kamu harus 'puasa' whatsapp untuk sementara waktu. 

Whatsapp memiliki ketentuan jika terdapat akun yang melanggar ketentuan yakni "Jika kami yakin bahwa aktivitas akun melanggar ketentuan layanan kami, kami dapat mencekal akun tersebut. Sesuai ketentuan layanan kami, kami dapat mempertahankan hak untuk melarang Anda tanpa pemberitahuan". 

Dan berikut ini adalah penyebab Akun Whatsapp kamu diblokir, Mungkin ulasan dibawah dapat kamu hindari sebelum akun kamu banned whatsapp. Baca sampai selesai ya!

1. Menginstall aplikasi tidak Resmi (GB Whatsapp)

Didalam situs resminya WhatsApp sudah memberi informasi terkait akun yang diblokir sementara, Permasalahan ini karena adanya pelanggaran pengguna WhatsApp yang memakai aplikasi WhatsApp tidak resmi. Pada situs WhatsApp juga sudah disebutkan dengan jelas nama aplikasi tersebut seperti : GB WhatsApp, WhatsApp plus dan yang lain aplikasi tidak resmi yang dibuat oleh pihak lain dan tidak memenuhi ketentuan.

2. Kirim Pesan Terlalu Banyak ke Kontak

Kirim pesan ke kontak WhatsApp sangat mudah untuk dilakukan, Apalagi kamu memakai whatsapp untuk berbisnis alias berjualan karena WA ini dapat dijadikan sebagai media promosi dengan cara mengirimkan banyak iklan ke kontak wa secara massal. Tindakan seperti ini melanggar ketentuan pihak WhatsApp. Karena mengirim pesan ke banyak kontak WA yang tidak tersimpan dapat berakibat akun kamu diblokir Secara permanen.

3. Akun Telah Diblokir Oleh Banyak Orang

WhatsApp mempunyai fitur untuk memblokir kontak wa dari orang lain, Jadi orang tersebut tak bisa menghubungi lewat WA. Tetapi Jika banyak orang yang memblokir nomor kamu maka akun akan beresiko dibanned permanen. Kasus seperti ini banyak terjadi untuk mereka yang SPAM pesan kontak terlalu banyak, Sampai orang yang mendapat pesan tersbut merasa terganggu dan memblokir akun WA kamu.

4. Menyebarkan Informasi HOAX

Jika akun WA kamu dipakai untuk kepentingan ilegal seperti menyebarkan informasi hoax dan juga berbagi file Porn0grafi, maka pihak WhatsApp juga bisa memblokir akun kamu.

5. Membuat Akun Palsu atau Menyamar menjadi Seseorang

Memang sangat mudah untuk merubah nama tanpa harus menunggu verifikasi. Jadi kamu dapat menyamar sebagai siapapun, Tetapi jika hal ini dilakukan, Tetapi jika pihak whatsapp menerima laporan maka akun kamu akan langsung dibokir secara permanent.

6. Merubah atau Memodifikasi kode aplikasi WhatsApp

Tidak cuma mengirimi pesan massal (SPAM) Kasus lain seperti mengubah kode aplikasi WhatsApp juga adalah hal ilegal. Sudah tertulis pada website resmi WA dalam syarat dan ketentuannya. Jika merekayasa, mengubah, memodifikasi, membuat karya turunan, menghapus, atau menghapus kode dari layanan, kami Akan menghapus akun.

7. Mengirim File seperti Virus atau Malware ke Pengguna Akun WA

Kamu pasti sudah asing dengan Virtex (Virus Text) Biasanya jika kamu menerima pesan Virtex Whatsapp kamu akan lemot, Jika terlalu banyak bisa menyebabkan Hp menjadi lemot. Pihak WA melarang pengiriman virus atau malware ke pengguna lain memakai platformnya.

8. Ada Pengguna WA yang Melaporkan Akun Kamu

WhatsApp memudahkan kontak atau grup untuk penggunanya Jika ada yang melaporkan akun kamu ke pihak WA dari informasi profil mereka. Dan Pihak WhatsApp secara hukum menemukan pengaduannya, WhatsApp berhak menonaktifkan akun kamu.

Berapa Lama Akun Whatsapp Diblokir?

Waktu berapa lama yang diberikan jika akun WA kamu terblokir yaitu selama dua hari, tetapi ini berlaku untuk akun yang diblokir sementara. Bagaimana jika akun kamu diblokir permanen oleh WA. Caranya kamu harus mengajukan Form permohonan untuk memulihkan akun. Kamu bisa klik link berikut ini https://www.whatsapp.com/contact/?lang=id&subject=messenger. Atau bisa melalui email Whatsapp smb@support.whatsapp.com Tidak menjamin akun kamu bisa kembali semua tergantung dari pihak WhatsApp.

Ciri - Ciri Akun Diblokir Pihak Whatsapp

Akun yang dibanned sementara atau permanen biasanya terdapat ciri-ciri seperti notifikasi saat  membuka aplikasi WhatsApp. Untuk pemblokiran ada notif akun diblokir sementara dan untuk akun yang diblokir permanent terdapat notifikasi contohnya seperti gambar dibawah ini:


Dan jika akun kamu diblokir oleh sesama pengguna memiliki ciri sebagai berikut :
  • Tidak dapat melihat foto profil WA
  • Kirim sebuah pesan tetap centang satu
  • Akun orang tersebut tak dapat di telepon dar grup 
  • Tidak dapat melihat statusnya
  • Tidak dapat melihat status online pada akun orang tersebut.

Cara Membuka Blokir Akun Whatsapp

Jika kamu membaca artikel diatas berarti ada dua persoalan dari pemblokiran WhatsApp yaitu terblokir dari pihak WhatsApp permanen dan sementara. Jika nomor kamu di blokir permanen pleh WA kamu tidak bisa memakainya hanya di Whatsapp, kamu masih bisa memakai nomor tersebut untuk SMS atau melakukan panggilan. 

1. Membuka Blokir Whatsapp Sementara
Jika nomor wa kamu diblokir sementara oleh WhatsApp biasanya karena memakai aplikasi WhatsApp yang tak resmi. WhatsApp akan memberikan keringanan pemblokiran selama dua hari. Waktu tersebut bisa kamu gunakan untuk migrasi atau berpindah ke aplikasi resmi, jika tidak dilakukan hal ini dapat beresiko akun akan dibanned permanen.

2. Membuka Akun WA yang dibanned permanen
Diblokir permanen tidak ada batasan waktu dan nomor kamu tidak bisa dipakai untuk login kembali di WhatsApp. Cara membukanya kamu bisa mengklik link diatas dan mengikuti arahan dibawah ini:
  • Masuk ke WhatsApp
  • Screenshot tampilan notifikasi diblokir
  • Kemudian Klik menu dukungan
  • Isi diskripsi tentang kronologi akun yang diblokir
  • Upload screenshot yang telah diambil
  • Klik menu selanjutnya
  • Dan kamu akan diarahkan ke Gmail 
  • Terakhir klik kirim pesan

Cara mengembalikan akun whatsapp yang dibanned

Bagi Kamu yang pernah melakukan beberapa penyebab terjadinya benned aplikasi whatsapp tersebut maka mungkin kamu akan menjumpai tulisan "your phone number is banned from using whatsapp" di aplikasi kamu . Jika benar demikian tentu kamu akan terganggu dalam memanfaatkan aplikasi tersebut. 
Hal ini disebabkan karenajika di benned maka akun kamu akan diblokir sementara oleh pihak whatsapp dengan hitungan antara 24 sampai 48 jam atau bahkan bisa lebih lama lagi. Sehingga pada waktu tersebut kamu tidak akan bisa memanfaatkan sementara aplikasi whatsapp kamu .

Jika kamu mengalami aplikasi whatsapp dibenned, maka kamu bisa mengatasinya dengan menghilangkan penyebab terjadinya pemblokiran yang telah dijelaskan diatas. Misalkan penyebabnya karena kamu menggunakan aplikasi ridak resmi milik whatsapp, maka kamu perlu menghapus aplikasi tersebut dan menggantinya dengan aplikasi resmi milik whatsapp.

Selanjutnya kamu perlu menunggu waktu pemblokiran kamu habis. Jangan lupa untuk mencadangkan pesan terlebih dahulu sebelum menghapus aplikaso whatsapp kamu sebelumnya agar data dan pesan kamu  tetap tersimpan saat log in dengan aplikasi instalan terbaru. Setelah berhasil kembali pastikan ansa tidak jatuh pada kesalahan yang sama dengan melakukan pelanggaran sebelumnya

Tips di atas adalah cara mengatasi akun whatsapp yang dibenned secara sementara. Hal ini tentu bwrbeda jika akun kamu sudah dibenned secara permanen. Berikut langkah yang bisa kamu coba jika akun whatsapp kamu dibenned secara permanen:
  1. Hapus atau uninstall aplikasi whatsapp yang kamu gunakan sebelumnya
  2. Selanjutnya cobalah untuk mendoenload aplikasi whatsapp kembali. Pastikan aplikasi yang kamu download kali ini adalah whatsapp resmi agar tidak menjadi alasan untuk dibenned kembali. 
  3. Ikuti langkah dan prosedur yang diminta, dnegan mengisi nomor telepon kamu yang terdaftar di whatsapp sebelumnya. Jika kamu menjumpai pesan akun whatsapp kamu diblokis permanen maka kamu perlu menuju ke bagian "dukungan".
  4. Kemudian tulis permasalahan yang kamu hadapi "misalkan akun diblokir secara permanen" kemudian tambahkan hasil screenshoot atau tangkapan layar permasalahan tersebut. Jangan lupa untuk menambahkan pula nomor telepon kamu lalu tekan lanjut.
  5. Kamu akan ditampilkan dengan beberapa pertanyaan yang dianggap menjadi masalah kamu . Namun karena tidak ada pembahasan terkait blokir akun, maka pilihlah yang paling bawah. Biasa menggunakan kalimat "ini tidak menjawab pertanyaan saya".
  6. Selanuutnya kamu akan diarahkan ke email bagian dukungan whatsapp. Mulailah untuk mengadukan keluhan dan permasalahan dengan menambahkan nomor telepon dan hasil screenshoot jika diperlukan.
  7. Jika beruntung, maka pihak whatsapp akan mengembalikan akun whatsapp lama kamu untuk kemudian bisa digunakan lagi. Akan tetapi jika kamu belum beruntung maka langkah terakhir adalah kamu membuat akun whatasapp baru dengan menggunakan nomor baru yang belum terdaftar sebelumnya. 

Kesimpulan

Demikianlah artikel mengenai Penyebab Akun Whatsapp di Banned dan Cara membuka Pemblokirannya. Jika tidak hal ini terjadi kamu harus ikuti syarat, ketentuan dan aturan dari pihak WhatsApp untuk mencegah hal seperti ini. Terima Kasih

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>