Cara Mengganti Feedburner di Blog dengan Follow.it (Alternatif)

Cara Mengganti Feedburner di Blog dengan Follow.it (Alternatif)
Daftar Isi Artikel

Magelang1337.com - Layanan Email Subscription Feedburner dihentikan oleh google. Yang sebelumnya pengguna blogger dapat memasang widget FollowByEmail pada Layout di dashboard Blogger untuk mengajak pembaca berlangganan dan mendapat notifikasi lewat email. Lalu bagaimana jika ingin mengganti feedburner dengan layanan yang lain? Sebenarnya ada banyak layanan widget berlangganan. Namun, pada kesempatan kali ini magelang1337 berbagi tentang widget alternatif pengganti feedburner gratis dan cara memasangnya sangat mudah yaitu dengan menggunakan follow.it. 

Tentang Follow.it Widget alternative feedburner: Widget untuk sebuah website atau blog untuk menampilkan tombol "ikuti" (Email Subscription) agar pembaca dapat mengikuti pembaruan dari website jika ada artikel baru terpublish. Dengan memasang widget ini menjadi sumber traffic yang cukup baik untuk angka visitor karena sifatnya yang berkelanjutan. Pengunjung setia akan terus mengunjungi blog atau website kamu.

Cara Mengganti Feedburner di Blog dengan Follow.it

Follow.it benar-benar kompitabel dengan blogger, Sehinggga pemasangannya pun mudah sekali. Kamu bisa mengikuti panduannya dibawah ini. Simak ya!

1. Membuat Akun 

Pertama kali kamu harus memiliki akun follow.it kunjungi websitenya Disini. Membuat atau mendaftarnya sangat mudah kamu bisa menggunakan gmail, facebook atau twitter. Untuk lebih mudah buatlah akun menggunakan gmail.

2. Add Feed

Jika selesai membuat akun dan kamu sudah berhasil login ke dashboard follow.it. Kamu bisa pilih Publishing lalu "Add Feed". Masukan alamat blog/Website.

3. Design Form Email untuk Pengunjung

Sesuaikanlah design form dengan warna atau tampilan yang kamu sukai. Mulai dari border, warna tulisan, font dan yang lain. Lalu kamu akan mendapatkan kode script, Salinlah kode tersebut dan klik Done.

4. Membuat Widget Subscription di Blog

Untuk mengganti Feedburner di Blog dengan alternatif lain Kembali ke dashboard blogger. Kemudian pilih Tata letak >> Tambahkan Gadget >> HTML/Javascript. Kamu tidak perlu membuat judul dan pastekan kode script yang sudah kamu salin tadi dan simpan gadget. Letak gadget ini bisa kamu taruh pada sidebar atau footer. Setelah tersimpan kamu kembali lagi pada website follow.it

Nantinya kamu akan diberikan juga fitur link Follow yang bisa ditempatkan di mana saja pada isi artikel. Jika tidak tertarik kamu klik saja "Done" dan "Continue"

5. Connect Feed Blog ke Follow.it

Selanjutnya cara mengganti Feedburner di Blog dengan alternatif lain. Kamu harus memasukkan Email pada kolom yang tersedia untuk mendapatkan kode aktivasi agar kita bisa memantau Statistics dari follow.it seperti Total followers, Melihat follower, add follower dan yang lain. Cek lah email yang sudah kamu sertakan, kode meta akan dikirim melalui email contoh seperti dibawah dan Salin kode tersebut :
<meta content="fU2YVdtrQEl15ezSt6YW" name="follow_it-verification-code"></meta>

6. Masukan Kode Meta Follow.it ke Blog

Untuk memasukan kode meta didalam blog. Buka blog kamu seperti biasa >> Pilih Tema >> Edit HTML. Pastekan kode tersebut dibawah <head> Cara ini sama seperti verifikasi adsense, Bing webmaster lalu Klik Save. Jika berhasil maka kamu dapat melihat statistik, follower dan yang lain.


Untuk percobaan kamu bisa mencoba dengan subscribe dengan email kamu sendiri. Jika kamu ingin meng-Import followers dari feedburner mudah sekali caranya tinggal klik "Import followers" dan panduan lengkapnya cek dibawah ini.

Cara Import Followers dari Feedburner

Jangan khawatir dengan cara ini pengunjung setia kamu tetap akan dapat notifkasi dari blog/website. Fitur yang tersedia pada follow.it membantu kamu yang memiliki followers cukup banyak. Simak panduannya dibawah ini:
  • Login Feedburner.google.com >> Pilih Blog yang akan kamu import
  • Pilih "Menu Subscribers"
  • Pilih "FeedBurner Email Subscriptions" >> "Manage Your Email Subscriber List"
  • Untuk mendownload pilih "Export: CSV"
  • Kembali ke dashboard Follow.it >> Pilih Publishing >> Followers >> Import Followers
  • Langkah terakhir kamu tinggal masukan Email follower dengan maksimal 100 email.
NOTE: Pengguna yang Kamu impor di sini akan memiliki opsi ikuti default yang ditetapkan seperti yang Anda tentukan di halaman. Follow.it melarang kamu spam kepada email yang belum pernah berlangganan di blog. Hanya bisa impor pengikut yang sudah berlangganan (dan mengonfirmasi!) langganan mereka sebelumnya.

Demikianlah artikel tentang Cara Mengganti Feedburner di Blog dan Alternatif Layanan Subscription selain Feedburner dengan follow.it. Jika ada kesulitan kamu bisa komentar dibawah. Terima kasih!

Silahkan Komentar dengan bahasa yang sopan :)

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>